Makanan Praktis dan Sehat Saat Berpuasa

04 Aug 2017 @ 10:46:40
Makanan Praktis dan Sehat Saat Berpuasa
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan adalah suatu anugerah yang sangat berharga. Tetapi jangan sampai ibadah puasa malah mengganggu kesehatan Anda. Anda wajib tetap menjalani pola hidup sehat secara konsisten saat berpuasa.

Jika pada tahun-tahun lalu Anda mengalami gangguan kesehatan saat berpuasa, maka tahun ini Anda harus lebih disiplin menjalani pola hidup sehat. Mari intip dulu informasi tentang puasa berikut ini untuk menambah wawasan Anda mengenai cara berpuasa yang benar.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Ketika berpuasa, Anda bisa tetap menjalani aktivitas fisik seperti biasa. Anda boleh berolahraga dengan intensitas yang sedikit dikurangi. Usahakan untuk berolahraga menjelang berbuka puasa atau malam hari sebelum tidur. Supaya aktivitas fisik tersebut tidak membuat Anda semakin haus atau lemas.

Jenis olahraga yang bisa Anda pilih juga sangat variatif. Olahraga seperti yoga dan pilates sangat disarankan. Sebab kedua jenis olahraga tersebut tidak terlalu menguras energi. Dengan gerakan yang simpel dan risiko cedera tergolong rendah. Anda pasti tidak akan kehabisan energi saat menjalani aktivitas olahraga secara teratur.

Tetapi jika Anda sudah terbiasa melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat, Anda pasti lebih menikmati olahraga lain berupa angkat beban, zumba, atau bersepeda. Tidak jadi masalah jika Anda tetap ingin melakukan olahraga berat saat berpuasa. Anda hanya perlu mengenali kemampuan fisik diri sendiri supaya tidak mudah membatalkan puasa karena lemas setelah berolahraga. Lakukan olahraga secara teratur beberapa kali dalam seminggu agar Anda tetap fit dan bersemangat.

Cara Mengatur Keseimbangan Gizi Saat Puasa

Selain berolahraga secara teratur, tentu saja Anda juga wajib memperhatikan pola makan selama berpuasa. Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah kebutuhan cairan tubuh. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air putih minimal dua liter setiap hari. Ketika berbuka puasa, minumlah segelas air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas.

Setelah beberapa menit, Anda pun bisa mulai menyantap makanan manis. Karena kandungan energi pada makanan manis sangat penting untuk mendukung metabolisme tubuh. Anda hanya perlu menyantap makanan manis dalam porsi kecil agar tidak menimbun kalori secara berlebihan.

Jika ingin menyantap hidangan berat, usahakan memilih makanan yang terdiri dari karbohidrat kompleks. Beberapa bahan makanan yang kaya karbohidrat kompleks antara lain gandum, oatmeal, ubi manis, dan sorgum. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan membuat Anda tidak mudah lapar. Sebab pencernaan butuh waktu lebih lama untuk memproses karbohidrat kompleks secara maksimal.

Jangan lupa pula mengonsumsi sayuran, buah-buahan, sumber protein, dan kacang-kacangan. Agar kebutuhan protein, vitamin, serat, dan mineral bagi tubuh bisa tetap terpenuhi. Keseimbangan gizi makanan saat berbuka dan sahur mesti diperhatikan secara teliti setiap saat.

Cermat Memilih Makanan Instan Sehat untuk Sahur

Biasanya orang lebih suka menyantap makanan instan saat sahur karena alasan keterbatasan waktu dan kepraktisan. Anda tidak perlu resah dengan kandungan gizi dalam makanan instan. Sebab kini banyak produk makanan instan yang gizinya seimbang. Makanan kaleng, dendeng, dan abon adalah jenis penganan instan yang paling digemari.

Dendeng dan abon adalah sumper protein hewani yang baik untuk mempertahankan massa otot dan mendukung metabolisme tubuh. Sementara untuk makanan kaleng, bahan dasarnya lebih variatif. Anda bisa menikmati ragam olahan ikan dan sup dalam kaleng yang praktis bila disajikan saat sahur. Anda hanya perlu menghangatkan makanan kaleng terrsebut selama beberapa menit sebelum menikmatinya.

Menjalani pola hidup sehat saat berpuasa itu tidak sulit. Anda hanya perlu melakukan aktivitas fisik secara teratur dan menyiapkan makanan sehat. Makanan praktis dan sehat saat berpuasa, tentu Lemonilo solusinya. Anda bisa mendapatkan makanan kaleng, dendeng, dan abon di Lemonilo. Semua varian makanan sehatnya memang membuat hidup sehat tidak hanya sekadar impian.


Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Cracker dan Energy Bar: Pilihan Tepat Cemilan Sehat
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
OT Handoko
04 Agustus 2017
Sambut Hari Raya dengan Aneka Kue Kering Sehat Dari Lemonilo
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..
OT Handoko
04 Agustus 2017
Roti dan Selai, Solusi Sarapan Kilat Bernutrisi
Anda sering melewatkan waktu sarapan? Jangan sampai Anda terlalu sering melakukan hal tersebut. Karena sarapan sangat pe..
OT Handoko
04 Agustus 2017