Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Makanan Tinggi Kalsium untuk Bayi, Moms Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Makanan tinggi kalsium untuk bayi penting dikonsumsi secara rutin.

Asupan makanan tinggi kalsium untuk bayi sangatlah penting untuk memaksimal pertumbuhan serta perkembangannya. Kasium ini termasuk salah satu zat gizi yang bisa membentuk tulang yang kuat dan juga sehat pada bayi. Tak hanya itu, sarat dan otot bayi pun perlu dijaga agar si kecil bisa beraktivitas lebih banyak. Yang paling penting adalah kalsium bisa menjaga kesehatan organ vital seperti jantung dan ginjal.


Ada banyak sekali makanan tinggi kalsium untuk bayi yang bisa diberikan oleh orang tua. Makanan tersebut tentunya juga mengandung nutrisi lain yang bisa membantu memaksimalkan tumbuh kembangnya bayi. Berikut rekomendasi makanan tinggi kalsium yang bisa diberikan Lemomoms untuk si kecil:

1. Susu dan Produk Olahannya


Sumber kalsium ini sangat terkenal sekali, apalagi kalau susu dan olahannya. Setiap 200 ml susu biasanya terkandung 240 mg kalsium. Apabila si kecil kurang menyukai susu sapi, maka susu kedelai juga bisa diberikan untuk mencukupi asupan kalsiumnya.


Produk olahan susu yang bisa digunakan adalah yoghurt dan keju. Keduanya juga termasuk sumber kalsium yang sangat baik untuk bayi. Pada yoghurt terdapat probiotik yang mana ini merupakan bakteri baik dan sangat bermanfaat untuk pencernaan.

2. Brokoli


Sayuran hijau ini sangat kaya dengan kalsium. Bahkan terdapat 85 mg pada 2 buah cangkir brokoli mentah. Orang tua bisa mengolah brokoli ini menjadi berbagai masakan agar si bayi suka misalnya dibuat menjadi krim sup brokoli atau bola-bola daging brokoli.


Tak hanya kalsium, brokoli juga mengandung vitamin C. Vitamin ini sangat berperan dalam menjaga serta memelihara kesehatan kulit dan saraf si kecil. Kekebalan tubuh bayi pun bisa lebih didukung dengan brokoli ini.

3. Ubi Jalar


Tak hanya orang dewasa, bayi juga bisa gunakan ubi jalar untuk mencukupi asupan kalsiumnya. Tentunya harus diolah lagi menjadi makanan yang cocok agar si kecil tidak kesusahan saat mengunyah ubi jalar ini. Moms bisa mengolahnya dengan cara memanggangnya lalu ditaburi dengan keju atau topping lain agar lebih enak. Fungsi ubi jalar ini juga bisa mengontrol obesitas dan gula darah juga akan lebih baik.

4. Tahu dan Tempe


Kedua makanan ini sangat mudah ditemukan dan harga yang ditawarkan pun terjangkau. Sehingga Moms tidak perlu repot-repot membeli makanan berkalsium tinggi dengan harga yang mahal. Selain kalsium, protein juga terkandung di dalam tahu ini. perannya adalah agar jaringan tubuh dapat diperbaiki serta daya tahan tubuhnya akan lebih baik.

5. Ikan


Ikan yang bisa digunakan adalah salmon, tuna, tongkol, dan teri. Mungkin bayi tidak akan terlalu suka makan lauk yang satu ini. Namun Moms bisa mengolahnya lebih lanjut agar si kecil bisa mengonsumsinya. Kandungan protein serta asam lemak omega 3 juga bisa didapatkan dari ikan. Keduanya sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit, otak, dan jantung bayi.

6. Kacang Almond


Dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, kalsium pada kacang almond dinilai lebih tinggi. Para orang tua bisa menyajikan kacang almond ini sebagai selai pada roti untuk si bayi agar lebih meningkatkan minat makannya.


Itulah 6 rekomendasi makanan tinggi kalsium untuk bayi. Penyajian makanan memang sangat penting agar si kecil mau mengonsumsinya. Sebaiknya, orang tua sajikan dalam bentuk yang bervariasi agar tidak bosan. Pastikan juga Moms memberikan makanan sehat lainnya agar pertumbuhan serta perkembangannya lebih optimal ya, Lemomoms!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.