Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Apr 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat belimbing wuluh yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Terkenal dengan rasanya yang sangat asam, mungkin masih banyak yang belu mengetahui manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini kini dapat dengan mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Faktanya, belimbing wuluh atau Averrhoa Bilimbi ternyata kaya akan kandungan berbagai zat gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

banner consideration shipping bg blue

Mulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, serat, protein, hingga mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium. Berikut ini pembahasan lengkap mengenai manfaat tanaman tropis yang satu ini.

1. Memelihara Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah


Kandungan kalium dalam belimbing wuluh mampu membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Sementara serat dalam belimbing wuluh berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Selain itu, vitamin C juga dikenal mampu mengurangi peradangan dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis).

Bukan hanya itu saja, buah belimbing wuluh bahkan dapat menjadi sumber antioksidan yang baik. Sehingga, belimbing wuluh juga diketahui memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan sel tubuh dan pertumbuhan sel kanker akibat paparan radikal bebas.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah


Kadar gula yang tinggi dan tidak terkontrol di dalam darah dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini dapat meningkatkan resiko berbagai masalah kesehatan lainnya. Misalnya seperti gangguan saraf dan ginjal, kardiovaskular, hingga kerusakan saraf mata.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi belimbing wuluh dipercaya mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Hal ini diperkirakan lantaran adanya kandungan antioksidan dan serat di dalam belimbing wuluh yang diketahui sangat baik untuk menjaga gula darah tetap stabil.

3. Meredakan Demam Dan Flu


Tahukah Anda? Belimbing wuluh ternyata dapat dimanfaatkan guna meredakan demam dan flu. Vitamin C yang tersimpan pada belimbing wuluh dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus buah belimbing wuluh lalu minumlah air rebusan belimbing wuluh tersebut.

banner consideration promotion bg blue

4. Mengatasi Alergi


Hipersensitivitas atau alergi biasanya disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu oleh zat tertentu. Kebanyakan orang bisa alergi terhadap jenis makanan tertentu kondisi udara, debu, atau sebab lainnya. Anda dapat meminum jus belimbing wuluh secara teratur untuk mengurangi efek alergi ini.

5. Mengatasi Penyakit Gondongan


Diketahui kandungan pada batang dan daun belimbing wuluh mampu melawan virus gondok. Caranya, pertama-tama pilih tanaman belimbing wuluh yang masih muda. Lalu haluskan hingga menjadi pasta bagian daun dan batang belimbing wuluh, juga bawang putih. Kemudian balurkan pada bagian kulit yang terkena gondongan untuk meredakan pembengkakan.

6. Mengatasi Penyakit Wasir


Wasir merupakan salah satu penyakit yang dapat membuat orang menjadi tidak nyaman. Gejala wasir ini ternyata dapat diobati secara alami tanpa harus mengonsumsi obat-obatan kimia. Salah satunya dengan menggunakan belimbing wuluh yang dapat mengatasi rasa nyeri dan meredakan pembengkakan pada wasir.

7. Mengobati Jerawat


Ya, siapa sangka belimbing wuluh dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Caranya juga cukup mudah. Buatlah masker dengan menghaluskan belimbing wuluh kemudian usapkan pada wajah lalu diamkan hingga mengering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga dapat mengonsumsi jus buah belimbing wuluh.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikian tadi pembahasan lengkap mengenai manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan yang harus diketahui. Secara umum, belimbing wuluh baik dikonsumsi sebagai tambahan dalam menu asupan harian Anda. Namun, jika Anda mengalami gangguan ginjal atau masalah kesehatan lainnya setelah mengkonsumsinya, segera periksakan diri ke dokter.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.