Manfaat Berendam di Air Panas, Nomor 3 Cocok Buat Kamu yang Insomnia!

28 Feb 2020 @ 16:13:08
Di sela-sela waktu yang tersisa dari sibuknya bekerja, kamu bisa memanfaatkannnya dengan melakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh jadi lebih rileks. Misal sesederhana memanjakan tubuh dengan berendam di air panas ketika mandi. Karena ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan secara fisik maupun mental dengan berendam di air panas.

1. Membuat Otot Lebih Rileks dan Meredakan Radang Sendi

Hal pertama yang paling berpengaruh saat berendam air panas adalah otot-otot menjadi lebih rileks dan tidak tegang atau kaku. Bahkan, apabila kamu mengalami rasa sakit pada sendi-sendi kaki maupun tangan, suhu air panas dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan yang terjadi pada sendi. Tidak hanya itu, penelitian yang dilakukan di Universitas Loughborough mengatakan bahwa berendam air panas sama baiknya dengan berjalan kaki selama setengah jam, sebab kedua kegiatan itu sama-sama membakar sekitar 140 kalori dalam tubuh.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Dengan berendam di air panas, itu artinya kamu membuat pembuluh darahmu 'berolahraga'. Kok bisa? Karena air menciptakan tekanan fisik pada tubuh. Jadi, saat kamu berada dalam air, jantung bekerja lebih cepat dan kuat. Jantung akan mengusahakan darah mengalir dengan baik pada pembuluh-pembuluh yang ada dalam tubuh sehingga peredaran darahmu akan menjadi semakin lancar. Dengan makin lebarnya pembuluh darah, maka pasokan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh juga dapat terjamin dengan baik.

3. Menghilangkan Stres dan Membuat Mudah Tidur

Air panas ternyata berperan untuk meredakan stres setelah beraktivitas seharian dan menyiapkan dirimu untuk lebih mudah tidur. Air panas meningkatkan suhu tubuh dan membuat otot-otot menjadi lebih rileks saat sedang berendam. Ketika keluar dari air panas, suhu tubuh akan turun dan perubahan suhu tubuh inilah yang membuat tubuh makin merasa rileks dan mudah tidur. Cukup berendam 20 menit dalam air panas sebelum tidur. Silakan dicoba ya buat kamu yang punya masalah dengan insomnia~

4. Meredakan Sakit Kepala dan Flu

Manfaat keempat adalah meredakan sakit kepala dan flu. Air panas dapat bertindak sebagai natural decongestant yang akan melegakan gejala-gejala sakit kepala dan flu, sebab uap air panas dapat melembabkan rongga hidung. Tak usah lama-lama. Cukup 10-15 menit berendam, maka gejala sakit kepala dan flu akan bisa teratasi.

5. Menyehatkan Kulit

Yang terakhir, dengan berendam, kamu dapat membantu kulitmu tetap terjaga lebih sehat. Pori-pori kulitmu akan terbuka, kotoran dan bakteri dapat dibersihkan dengan baik. Hasilnya, kulit akan tampak lebih segar dan bersih. Selain itu, berendam air panas juga dapat menjaga kelembaban kulit lebih lama dan mencegah terjadinya 'retak-retak' kalau kulitmu menjadi kering.

Selamat mencoba dan rasakan sendiri manfaatnya ya, Lemonizen!

Artikel Terkait

5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Swa-Karantina di Rumah Aja
Penting memastikan tubuh tetap sehat di saat-saat rentan terpapar virus seperti sekarang. 5 tips sehat ini bisa kamu cob..
Shella Rafiqah Ully
30 Maret 2020
5 Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Penularan Virus
Mencuci tangan dan mengonsumsi makanan bergizi adalah cara terbaik melindungi diri dari penularan COVID-19 ketimbang men..
Shella Rafiqah Ully
30 Maret 2020
Bagaimana Menjaga Mental Tetap Sehat di tengah Pandemi Coronavirus?
Kekhawatiran yang berlebihan di tengah keadaan yang tak menentu seperti sekarang akan berbahaya bagi kesehatan mental ki..
Shella Rafiqah Ully
27 Maret 2020