Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Biji Ketapang yang Mengandung Vitamin E, Ini 6 Manfaat Lainnya!

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan manfaat biji ketapang.
Halo Lemonizen! Tahukah kalian jika ternyata ada berbagai manfaat biji ketapang untuk kesehatan? Selama ini, pohon ketapang memang dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang mudah sekali ditemui di Indonesia. Mulai dari trotoar jalan hingga pekarangan rumah, pohon biji ketapang sering dijadikan sebagai tempat peneduh yang membuat area di sekitarnya menjadi rindang.
banner consideration shipping bg blue

Nah, pohon ketapang menghasilkan biji yang dinamai dengan biji ketapang. Biji ini dapat dikonsumsi dan biasanya sering dimanfaatkan sebagai camilan. Bahkan lebih banyak digunakan sebagai makanan daripada biji almond. Biji ketapang memiliki kandungan minyak tinggi, meliputi asam oleat sebanyak 23,3 persen, asam palmitat 55,5 persen, asam linoleat, asam miristat dan asam stearat dan memiliki kandungan glukosa sekitar 16 persen, protein sebanyak 25 persen dan berbagai asam amino. Kandungan inilah yang menjadikan manfaat biji ketapang sangat banyak. Berikut manfaatnya:

1. Menurunkan Kolesterol



Manfaat biji ketapang yang paling sering dimanfaatkan adalah kemampuannya yang dapat menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin Enya yang tinggi ini dapat membantu menurunkan zat protein C-reaktif dalam tubuh. Memiliki zat C-Kreatif yang terlalu tinggi di dalam tubuh lebih berisiko menyebabkan pembengkakan arteri yang ada di dalam tubuh. Jika tidak segera diatasi resiko serangan jantung lebih tinggi. Mengkonsumsi biji ketapang dan dilengkapi diet ringan akan sangat membantu kamu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah ini.

2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung



Sama halnya dapat menurunkan resiko kolesterol, manfaat biji ketapang juga bisa menurunkan resiko serangan jantung. Hal ini karena vitamin E dalam biji ketapang dapat menekan jumlah protein C-reaktif, maka secara otomatis menurunkan kadar kolesterol serta akan berdampak menurunkan risiko serangan jantung.

3. Meningkatkan Produksi Kelenjar Susu



Kabar baik bagi kamu ibu menyusui yang mengalami permasalahan dalam produksi ASI. Biji ketapang bisa menjadi salah satu solusi alternatif dalam meningkatkan produksi kelenjar susu untuk memenuhi kebutuhan Si kecil.  Pada sebuah buku medis dengan judul “Obat Asli Indonesia” karya Dr. A Seno Sastroamidjojo yang diproduksi pada tahun 1967 telah menjelaskan manfaat biji ketapang dapat menggiatkan fungsi kelenjar susu. Nah, bagi kamu yang sedang menyusui mengalami masalah serupa, bisa mencoba mengkonsumsi biji ketapang secara rutin untuk mengatasinya.
banner consideration promotion bg blue

4. Mencegah Hipertensi



Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa dicegah dengan biji ketapang. Mengkonsumsi biji ini secara rutin akan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan



Biji ketapang mengandung asam lemak yang bisa membuat rasa kenyang lebih bertahan lama. Asam lemak ini akan disimpan sebagai cadangan makanan di dalam tubuh yang sangat berguna saat tubuh membutuhkan asupan. Inilah penyebab kamu jarang merasa lapar dan cepat merasa kenyang. Jadi, bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, cobalah konsumsi biji ketapang sebagai camilan sehari hari yang pastinya mengenyangkan.

6. Mengobati Ejakulasi Dini



Bagi pria yang sudah menikah, mengalami kondisi ejakulasi dini tentunya akan menjadi hal yang sangat menakutkan sekaligus memalukan. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi, kamu bisa menggunakan biji ketapang sebagai solusi mengatasi kondisi ini. Kandungan yang ada dalam biji ketapang dapat merangsang daya seksualitas dan menurunkan risiko ejakulasi dini. Daripada mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk mengobati ejakulasi dini, sebaiknya konsumsi biji ketapang. Selain lebih  alami, konsumsi biji ketapang juga tidak berisiko tinggi.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah Lemonizen, itulah 6 manfaat biji ketapang yang bisa kamu rasakan setelah mengkonsumsinya secara rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba mengkonsumsi biji ketapang ini ya!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.