Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Buah Bit dengan Segudang Kebaikan Bagi Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Manfaat Buah Bit dengan Segudang Kebaikan Bagi Tubuh
Bit merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan sebagai pengobatan alami. Tidak hanya itu, warna bit yang merah keunguan, tak jarang digunakan sebagai pewarna alami. Buah ini sendiri menawarkan segudang kebaikan bagi tubuh. Apa saja manfaat buah bit bagi tubuh? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Sumber Antioksidan Alami



Bit merupakan salah satu buah yang mengandung senyawa antioksidan alami yang bisa membantu menetralkan masuknya radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Tidak hanya mencegah masuknya radikal bebas, antioksidan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel-sel baik di dalam tubuh.

Manfaat bit sendiri secara alami terdapat pada tingginya kandungan fitonutrien yang ampuh untuk melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral. Buah berwarna merah keunguan ini sendiri dianggap menjadi salah satu sumber buah yang mengandung jenis fitonutrien, yakni, betalain, senyawa yang baik untuk mencerahkan warna kulit.

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung



Manfaat buah bit selanjutnya dapat dirasakan untuk menjaga tekanan darah serta kesehatan jantung. Buah bit sendiri kaya akan kandungan nitrat. Di dalam tubuh sendiri, zat ini akan diubah menjadi nitrit oksida yang akan berperan dalam penurunan tekanan darah. Bahkan sebuah penelitian telah membuktikan pernyataan ini, dengan mengatakan bahwa mengkonsumsi jus bit mampu mengurangi tekanan darah, meskipun hanya sedikit.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika seseorang yang menderita hipertensi rutin mengkonsumsi jus bit ini. Selain itu, terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa pigmen merah antosianin dan antioksidan di dalam bit diduga memainkan peran dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker



Kanker merupakan salah satu penyakit membahayakan dengan angka kematian tertinggi. Manfaat bit sendiri dipercaya dapat mencegah penyakit berbahaya ini. Bahkan, para peneliti percaya dengan mengkonsumsi buah bit bisa melindungi tubuh dari berkembangnya sel kanker.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang diujikan di laboratorium sendiri menunjukkan bahwa ekstrak buah bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Efek ini kemungkinan didapatkan dari adanya kandungan betasianin dan antioksidan yang ada di dalam buah bit.

4. Obat Kuat



Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui manfaat bit yang satu ini. Buah cantik berbentuk bulat dengan warna merah keunguan yang cerah ini, selain bisa mempercantik penampilan makanan juga bisa dijadikan sebagai obat kuat alami.

Hal ini karena di dalam bit mengandung boron, salah satu jenis mineral yang bisa mendongkrak produksi hormon seksual. Dengan meningkatkan kadar hormon tersebut, maka akan meningkatkan hasrat seksual, kesuburan, serta mobilitas sperma.

5. Mencegah Gangguan Pernapasan



Manfaat buah bit yang terakhir berasal dari tingginya kadar vitamin C yang terdapat pada akarnya, sehingga bisa mencegah gejala asma sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui banyak cara. Tidak hanya bekerja sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, dan menghadang berbagai penyakit untuk masuk ke dalam tubuh, vitamin C juga mampu merangsang aktivitas sel darah putih sehingga infeksi dan penyakit akibat jamur, virus, maupun bakteri menjauh.

Tidak hanya itu, kandungan betakaroten yang ditemukan di dalam buah but ini juga efektif untuk mencegah kanker paru-paru. Di tengah ancaman pandemi seperti ini, buah bit bisa melindungi diri dari gangguan pernapasan akibat infeksi dari virus covid. 

Itulah lima manfaat buah bit yang sayang untuk dilewatkan. Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari buah ini, kamu bisa mengkonsumsinya dengan mengolahnya sebagai jus, maupun olahan makanan sehat seperti pudding atau salad buah. 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.