Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Membantu Diet Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat buah duku untuk tubuh salah satunya untuk diet.

Manfaat buah duku pada dasarnya sangatlah banyak. Buah yang memiliki nama lain langsat ini, tak ada yang menyangka di balik kelezatannya mengandung banyak komponen yang menyehatkan. Tidak hanya pada bagian daging saja, biji buahnya pun memiliki segudang manfaat.

banner consideration shipping bg blue

Dalam keseharian, buah yang bentuknya kecil dengan rasa manis ini kerap dijadikan camilan. Apalagi saat musimnya sudah tiba seperti saat ini. Bahkan, konon buah mungil ini pun dikenal sebagai bahan diet yang enak dan lezat. Inilah berbagai manfaat buah duku untuk kesehatan.

1. Sebagai Sumber Antioksidan


Menurut hasil penelitian, buah duku memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Vitamin ini punya peran penting sebagai antioksidan. Senyawa yang baik untuk menangkal radikal bebas. Alhasil, bagi Anda yang sering mengkonsumsi duku akan terhindar dari berbagai hal yang merusak tubuh. Misalnya saja penuaan dini.

2. Kaya Serat


Jika banyak mengkonsumsi buah duku, berbahagialah karena dengan mengkonsumsi 100 gram buah duku dapat memenuhi hingga 11 % konsumsi serat harian. Seperti yang telah diketahui, bahwa serat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Contohnya adalah menjaga pencernaan hingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Mengandung Banyak Vitamin A


Manfaat buah duku lain yang dapat dirasakan adalah kandungan vitamin A nya yang baik untuk, kulit, mata, gigi dan jaringan rangka. Kandungan baiknya inilah yang menyebabkan buah duku dapat dijadikan pilihan untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Namun, tentunya harus diiringi dengan pola hidup sehat.

4. Sumber Vitamin B


Sumber vitamin B bisa juga didapat dari buah duku, utamanya vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B sendiri dibutuhkan untuk membantu mengolah karbohidrat yang dikonsumsi agar dapat menjadi energi. Disamping itu dapat menjaga sistem saraf agar dapat bekerja dengan baik.

banner consideration promotion bg blue

5. Mengatasi Diare


Jika buahnya dikenal banyak mengandung serat yang dapat membantu meredakan konstipasi, maka batangnya juga bermanfaat. Ekstrak batang buah duku dinilai berpotensi untuk mengatasi diare. Pada kulit buah duku juga terdapat komponen oleoresin yang dipercaya memiliki manfaat yang sama.

6. Membantu Meredakan Demam


Kandungan vitamin C yang ada pada buah duku dipercaya dapat membantu meredakan flu dan gejala yang menyertainya. Bahkan sejumlah masyarakat percaya, buah biji yang telah dihancurkan dapat menurunkan demam. Namun, untuk yang satu ini diperlukan banyak penelitian.

7. Meredakan Peradangan di Tubuh


Biji serta batang buah duku juga dipercaya dapat meredakan inflamasi atau peradangan di tubuh. Getah yang keluar dari batang duku dapat digunakan untuk mengatasi luka pada kulit dan pembengkakan yang terjadi. Bahkan, secara tradisional bubuk yang terbuat dari batang duku sering pula digunakan untuk mengobati gigitan kalajengking. Alhasil tidak akan menimbulkan reaksi alergi berlebihan dan peradangan pada bagian tubuh yang disengat.

8. Dapat Mengusir Nyamuk


Manfaat lain dari buah duku adalah dapat mengusir nyamuk. Kulit buah duku yang dibakar, dipercaya dapat mencegah nyamuk untuk datang karena aroma yang tidak disukai nyamuk. Seperti yang diketahui, bahwa gigitan nyamuk dapat menimbulkan gatal-gatal, demam berdarah hingga kaki gajah. Sehingga nyamuk harus diusir.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa manfaat buah duku yang jarang diketahui orang. Setelah mengetahui manfaatnya yang beragam, kini harus semakin rajin mengkonsumsi buah duku. Manfaatnya yang banyak untuk kesehatan adalah modal yang dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Jadi, mulai sekarang mulailah mengkonsumsi buah duku sebagai bagian dari konsumsi sehat harian Anda ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.