Manfaat Buah Markisa Ada 7 yang Mungkin Belum Kamu Sadari

31 Aug 2020 @ 11:36:34
Mungkin sebagian orang akan merasa asing ketika ditanya soal buah markisa. Buah yang memiliki aroma harum dan rasa yang manis ini, memiliki tampilan warna yang menarik.  Setelah dikupas, buah ini akan menampakkan biji yang seperti selasih. Cara mengkonsumsi buah ini pun beraneka ragam. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung, maupun dijadikan sirup terlebih dahulu. Inilah 7 manfaat buah markisa yang harus kamu ketahui: 

1. Meningkatkan Fungsi Insulin



Manfaat pertama buah markisa untuk kesehatan tubuhmu adalah mampu meningkatkan sensitivitas insulin yang berasal dari kandungan piceatannol dalam buah markisa. Dalam hal ini buah markisa berpotensi untuk membantu meningkatkan fungsi insulin dan menurunkan risiko terkena diabetes.

Sebuah riset menunjukkan bahwa kandungan piceatannol yang terdapat di dalam buah markisa mampu meningkatkan metabolisme dan sensitivitas terhadap insulin, sehingga berperan dalam proses pengubahan gula menjadi energi untuk sel tubuh. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung



Manfaat selanjutnya dari buah markisa adalah untuk kesehatan jantung. Buah markisa juga kaya akan serat yang tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga berperan dalam mengeluarkan kolesterol dalam pembuluh darah. Kandungan serat dan potasium ini  juga berguna menjaga kesehatan jantung. Selain itu, manfaat buah markisa dalam menjaga kesehatan jantung juga didukung oleh kemampuannya menstabilkan tekanan darah.

3. Mengandung Anti Radang



Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, ternyata kulit buah markisa juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga memberikan efek antiradang. Suplemen dari kulit buah markisa ini juga dipercaya mampu membantu mengurangi gejala asama dan meringankan nyeri maupun kekakuan pada persendian pada penderita osteoartritis.

4. Menjaga Kadar Gula Darah



Indeks Glikemik yang terdapat dalam buah markisa tergolong rendah sehingga tidak akan menaikkan kadar gula darah secara signifikan setelah dikonsumsi, sehingga akan untuk penderita diabetes. Buah markisa ini juga bisa menjadi buah alternatif bagi para penderita diabetes. Akan tetapi, ada baiknya jika sebelum mengonsumsi, penderita diabetes perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

5. Tinggi Antioksidan



Antioksidan merupakan zat yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Pasalnya, zat ini berperan dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Manfaat markisa salah satunya adalah menjadi sumber antioksidan yang membantu melancarkan peredaran darah. Beberapa kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah markisa seperti antara lain polifenol, beta-karoten, dan vitamin C.

6. Kaya Vitamin C



Cita rasa masam yang khas dalam buah markisa menjadikannya sebagai salah satu sumber antioksidan vitamin C bagi tubuh. Kandungan vitamin C ini sangat bagus untuk menurunkan risiko pilek dan membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, vitamin C ini sangat bagus bagi penderita sariawan.

7. Sumber Serat



Manfaat buah markisa yang terakhir diperoleh dari seratnya yang tinggi. Selain kaya akan vitamin c, buah markisa juga kaya akan kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan juga mencegah sembelit. Kandungan serat yang terdapat di dalamnya juga membantu tubuh tetap kenyang dalam jangka waktu yang cukup panjang, sehingga sangat cocok untuk membantu program dietmu. Selain itu, tahukah kamu jika serat ternyata juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Itulah tujuh manfaat buah markisa yang jarang diketahui oleh banyak orang. Setelah membaca penjelasan di atas, jangan lagi mengabaikan kebaikan yang ada pada buah markisa ya! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020