Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Buah Salak Selain Enak, Kaya Akan Nutrisi dan Vitamin

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan manfaat buah salak.
Berbeda dengan buah lainnya, buah salak memiliki bentuk yang sedikit menyeramkan. Buah ini dikenal dengan tekstur kulitnya yang menyerupai sisik ular dan pohonnya yang juga memiliki daun berduri halus dengan batang yang berduri. Namun, disamping itu, buah salak memiliki cita rasa yang unik, yaitu manis, sepat dan renyah saat digigit. Tidak heran buah ini banyak difavoritkan. Apalagi, ada banyak sekali manfaat buah salak yang baik untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya:
banner consideration shipping bg blue

1. Membantu Menurunkan Berat Badan



Ngemil makanan manis ketika bekerja memang bisa mengurangi rasa bosan dan jenuh. Saat rasa lapar muncul di penghujung jam makan, camilan manis bisa menjadi solusi pengganjal rasa lapar. Sayangnya, kebiasaan ngemil ini justru bisa membuat berat badan kamu bertambah tanpa disadari. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa mengganti camilan dengan makanan yang lebih sehat namun tetap mengenyangkan, seperti buah salak.

Selain rasanya yang renyah dan manis, kandungan serat yang tinggi pada buah ini juga sangat ideal untuk menanggulangi rasa lapar. Tidak hanya cocok untuk teman ngemil kamu, buah juga ideal sebagai teman diet.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung



Buah salak juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui, jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital, tidak sedikit kasus kematian yang muncul karena masalah ini. Karenanya, kesehatan jantung harus tetap dijaga dengan baik entah itu dengan rutin berolahraga maupun menjaga pola makan.

Salah satu cara lain untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengontrol dan menjaga kadar tekanan darah. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga asupan kalium dalam tubuh sebagai vasodilatornya.
Salak merupakan sumber kalium yang jika dikonsumsi akan membantu menurunkan tekanan darah sehingga ketegangan dalam arteri juga ikut menurun dan otomatis ketegangan pada sistem kardiovaskular juga turut mereda.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata



Tidak banyak yang tahu jika salak juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Buah yang dikenal baik untuk mata umumnya berwarna oren menyala, seperti wortel dan tomat. Namun, siapa sangka, ternyata buah salak juga memiliki manfaat yang sama seperti buah tersebut.
banner consideration promotion bg blue

Ini didapatkan dari manfaat buah salak dengan kandungan beta karoten di dalamnya yang dinilai sebagai salah satu antioksidan yang bermanfaat langsung untuk kesehatan dan penglihatan mata. Kandungan ini juga mampu menurunkan risiko degenerasi makula dan membantu menghambat terjadi katarak akibat faktor usia.

4. Mengontrol Tingkat Gula Darah



Selain jantung, gula darah juga jadi penyebab tingkat kematian yang cukup tinggi di Indonesia. Hal ini karena konsumsi nasi yang cenderung tinggi, kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi gula. Untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah ini, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung pterostilbene yang terdapat dalam buah salak. Pterostilbene sendiri berperan baik dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah.

5. Sebagai Sumber Zat Besi



Kekurangan zat besi selain bisa mengganggu pertumbuhan tulang dan gigi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, bahkan cukup serius. Misalnya, kurangnya sel darah merah, yang mana dapat menimbulkan masalah anemia defisiensi besi.  Jika masalah ini terjadi, kamu bisa mengkonsumsi buah salak secara rutin karena buah ini sebagai salah satu sumber zat besi alami.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat buah salak yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Dibalik kulit luarnya yang sedikit menyeramkan, nyatanya buah salak menyimpan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang, kamu bisa mengkonsumsi salak sebagai bagian dari asupan sehat harian kamu ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.