Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Telang Bagi Tubuh Anda Yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Apr 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat bunga telang sangat penting untuk tubuh.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh. Sebab, bunga yang memiliki warna biru ini, lebih populer sebagai tanaman yang menghias pekarangan rumah. Selain itu, tanaman ini juga kerap kali diekstrak sebagai pewarna makanan alami.

banner consideration shipping bg blue

Bunga telang atau Clitoria Ternatea ini berbentuk corong dan memiliki beberapa varian warna yang berbeda. Mulai dari biru, ungu, merah muda, hingga warna putih. Selain sebagai pewarna makanan, bunga telang juga banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak, insektisida, hingga kosmetik alami. 


Tak hanya itu, bunga ini pun telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional karena diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mari cari tahu apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh berikut ini.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah


Salah satu cara untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil diantaranya dapat dilakukan dengan mengonsumsi bunga telang. Terlebih lagi, bunga telang juga diketahui menyimpan kandungan antioksidan.

Antioksidan sendiri sangat baik untuk mencegah resistensi insulin sebagai pemicu diabetes. Namun, untuk mengontrol gula darah, sebaiknya Anda juga membatasi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis, berolahraga secara teratur, serta menjaga pola makan sehat.

2. Mengobati Diare


Selain bunganya, daun bunga telang juga diketahui dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk mengobati diare. Sebuah riset berskala kecil menyimpulkan bahwa kandungan zat anti radang dan anti bakteri di dalam bunga telang dapat meredakan gejala diare.

3. Meningkatkan Fungsi Penglihatan


Bunga telang diketahui mengandung berbagai senyawa kimia yang memiliki khasiat untuk meningkatkan fungsi penglihatan Anda. Mulai dari sulfur, saponin, oksalat, flavonoid, hingga alkaloid. Itulah mengapa, jika Anda mengalami mata lelah, terasa kering, penglihatan agak kabur bahkan sakit mata, maka Anda dapat mengatasinya dengan meminum teh bunga telang.

4. Mengatasi Batuk


Bukan hanya bagian bunganya saja, bagian akar tanaman telang juga memiliki khasiat. Sejak dahulu akar tanaman ini biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk penyembuhan batuk rejan (pertusis).

banner consideration promotion bg blue

Batuk rejan adalah salah satu jenis infeksi saluran pernapasan yang mudah menular. Batuk ini umumnya diikuti dengan suara menarik nafas bernada tinggi dan berlangsung lama. Selain itu, batuk ini umumnya sering timbul di malam hari. Untuk mengatasinya Anda dapat meminum segelas teh bunga telang hangat.

5. Meredakan Sakit Tenggorokan


Salah satu cara untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah dengan berkumur (gargle) menggunakan air rebusan akar bunga telang. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, pastikan Anda juga cukup istirahat, cukup minum air putih, dan mengonsumsi tablet hisap sesuai anjuran dokter.

6. Memelihara Fungsi Dan Kesehatan Otak


Beberapa penelitian membuktikan bahwa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dapat dilakukan dengan mencukupi kebutuhan harian asupan antioksidan. Antioksidan juga diketahui dapat mencegah penyakit demensia. Untuk memenuhi kebutuhan asupan antioksidan, Anda dapat mengonsumsi bunga telang sebagai teh herbal maupun suplemen.

7. Meringankan Peradangan


Dalam pengobatan tradisional, bunga telang juga telah lama digunakan untuk mengatasi demam dan nyeri akibat peradangan di dalam tubuh. Beberapa studi mengungkapkan bahwa bunga telang memang diketahui memiliki efek anti radang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikian tadi beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh. Secara umum, Anda dapat sesekali mengonsumsi bunga telang sebagai teh herbal atau suplemen. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan bunga telang sebagai pengganti jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain yang telah diresepkan oleh dokter.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.