Manfaat Daun Kenikir yang Wajib Kamu Tahu. Ada 5 Manfaat Kebaikannya

Daun kenikir yang memiliki nama latin Cosmos caudatus ini, memang kerap disantap sebagai lalapan bagi masyarakat Indonesia. Tapi siapa sangka, jika makanan lalapan ini nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat daun kenikir yang wajib kamu tahu? Simak ulasannya di bawah ini.
banner consideration shipping bg blue

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah atau dalam istilah medis dikenal dengan nama hipertensi  adalah suatu penyakit dimana tekanan darah dalam tubuh menjadi tinggi hingga melebihi nilai normalnya. Manfaat pertama daun kenikir ternyata mampu menurunkan tekanan darah yang melebihi normal ini. Hal ini juga sudah dibuktikan berdasarkan hasil riset yang menyebutkan bahwa daun kenikir memiliki efek diuretik  yang banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah.
Meskipun demikian, efektivitas dan dosis aman penggunaan daun kenikir untuk mengobati hipertensi masih belum diketahui dengan jelas. Sehingga tidak bisa sembarangan kamu mengkonsumsi daun kenikir ini dengan jumlah banyak untuk menurunkan tekanan darahmu.

2. Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

Daun kenikir yang biasanya dijadikan lalapan ini, ternyata bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena dalam daun kenikir terdapat kandungan kuersetin yang mampu meningkatkan nafsu makan. Tidak ada salahnya jika kamu memberikan daun kenikir kepada anak yang mengalami masalah kenaikan berat badan karena sulit makan.

banner consideration promotion bg blue

Biasanya, daun kenikir ini juga dijadikan lalapan bagi orang-orang yang baru saja pulih dari sakit atau pasca operasi. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan selera makan guna menjaga stamina tubuh yang optimal. Meskipun demikian, ada baiknya jika mengkonsumsi daun kenikir ini hanya sebanyak tiga kali dalam seminggu.

3. Mencegah Diabetes

Menderita penyakit diabetes memang harus memperhatikan setiap makanan yang masuk dalam tubuh. Jangan sampai apa yang dikonsumsi justri menjadi penyebab utama kadar gula darah semakin melejit tinggi. Kabar baiknya adalah daun kenikir ini mampu dijadikan lalapan yang bisa mencegah diabetes.
Ungkapan ini sudah dibuktikan dalam sebuah uji laboratorium kepada tikus,yang  terdeteksi adanya penurunan gula darah setelah diberi makan daun kenikir selama satu bulan. Selain itu, kandungan ekstrak daun kenikir juga dianggap ampuh mengontrol penyakit diabetes tipe dua.

4. Mengatasi Masalah Payudara karena Menyusui

Masalah yang sering kali muncul bagi ibu menyusui adalah payudara bengkak karena terjadi peradangan payudara atau karena air susu ibu (ASI) yang keluar tak henti-henti. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu kenyamanan ibu menyusui dan juga akan berdampak bagi bayinya. 
Oleh karena itu, masalah payudara bengkak harusnya bisa diatasi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi daun kenikir. Untuk mendapatkan manfaat dari daun kenikir berikut ini adalah dengan cara membakar daun kenikir bersama api yang kecil. Setelah daun kenikir yang dibakar layu, kamu bisa mengusapkan daun kenikir bakar tersebut di area sekitar payudara.

5. Melawan Penyakit Kanker

Manfaat daun kenikir yang terakhir adalah mampu melawan penyakit kanker. Hal ini karena di dalam daun kenikir mengandung  saponin, flavonoid, dan terpenoid yang memiliki sifat antikarsinogenik. Antikarsinogenik  sendiri mempunyai sifat melawan kanker. Daun kenikir sendiri dipercaya untuk melawan kanker hati, kanker payudara, maupun jenis kanker lainnya.
Untuk mendaptkan manfaat daun kenikir yang satu ini, kamu bisa lebih sering mengkonsumsi daun kenikir. Bisa dengan dijadikan lalapan, atau dengan salad sayuran kenikir. Meskipun demikian, kamu juga harus tetap memperhatikan asupan makanan-makanan yang lainnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat daun kenikir bagi kesehatan yang harus kamu tahu. Dengan mengetahui berbagai manfaat ini, jangan remehkan adanya daun kenikir lagi untuk kesehatan tubuh kamu ya Lemonizen!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami