Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Manfaat Garam untuk Wajah yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat garam untuk wajah makin kinclong.

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang dikenal sebagai penyedap rasa. Namun, tahukah kamu ternyata garam mempunyai sejuta khasiat yang jarang diketahui. Berbagai kandungan seperti natrium, kalsium, magnesium, zat besi, zinc, dan lainnya sangat bagus untuk wajah. Inilah berbagai manfaat garam untuk wajah:

banner consideration shipping bg blue

1. Masker Wajah


Manfaat garam untuk wajah yang pertama adalah bisa kamu jadikan sebagai masker. Masker wajah dari garam ini, bisa kamu campurkan dengan bahan alami lainnya, seperti madu. Kandungan anti radang yang terdapat dalam garam bagus untuk meredakan iritasi dan jerawat yang membandel.

Tidak hanya itu, jika kamu mempunyai wajah yang berminyak masker garam ini bisa menjadi salah satu solusi. Dalam hal ini, garam akan membuat produksi minyak di kulit wajahmu menjadi lebih seimbang, sehingga mampu mengurangi wajah berminyak dan melembabkan area wajah yang kering.

Untuk mendapatkan manfaat garam untuk wajah sebagai masker ini, kamu bisa mencampurkan dua sendok teh garam laut yang telah ditumbuk halus, dengan empat sendok teh madu asli sampai tekstur keduanya berbentuk seperti pasta. Setelah itu, kamu tinggal mengoleskan di wajah secara merata. Akan tetapi, pastikan untuk menghindari area mata. Diamkan masker sampai mengering sekitar 10-15 menit, setelah itu kamu bisa melanjutkan seperti perawatan wajah biasa.

2. Mengatasi Jerawat


Salah satu manfaat garam untuk wajah berikutnya adalah mengatasi jerawat. Dalam hal ini, garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Tidak hanya itu, garam juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih (sebum), yang menyebabkan tumbuhnya jerawat pada kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat garam dalam mengatasi jerawat ini, kamu bisa melarutkan ½ sendok garam ke dalam wadah yang sudah berisi air hangat. Oleskan larutan garam ini pada wajah secara merata. Diamkan selama 5-10 menit, lalu basahi kembali wajah menggunakan air garam. Jika sudah, kamu bisa membasuh wajah menggunakan air bersih dan mengeringkannya.

3. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati


Manfaat garam untuk wajah selanjutnya adalah mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan manfaat garam dalam hal ini, kamu bisa menjadikannya sebagai scrub wajah alami. Untuk membuat scrub garam ini, kamu bisa menuangkan cuka apel secukupnya ke sebuah wadah dan menambahkan 1/8 cangkir garam.

banner consideration promotion bg blue

Setelah itu, kamu bisa masukkan potongan 1-2 tangkai daun mint segar. Campurkan semua bahan dan aduk sampai menjadi pasta kental. Jika sudah, kamu bisa mengoleskan scrub garam ke permukaan kulit seperti memakai scrub biasa.

4. Mengurangi Peradangan Wajah


Tahukah kamu, ternyata mandi menggunakan garam laut dianggap dapat mengurangi kulit kering dan kulit yang meradang. Hal ini selaras dengan National Eczema Foundation yang merekomendasikan untuk menambahkan 1 cangkir garam ke dalam air mandi untuk membantu meredakan iritasi dari eksim.

Eksim sendiri adalah salah satu kondisi dimana kulit ditandai dengan kemerahan disertai gatal-gatal. Untuk mendapatkan manfaat garam untuk wajah pada kasus ini, alangkah baiknya jika konsultasikan ke dokter terlebih dulu. Pasalnya, setiap kulit wajah orang berbeda-beda.

5. Sebagai Toner Wajah


Manfaat garam untuk wajah yang terakhir adalah sebagai toner. Toner sendiri idealnya digunakan setelah membersihkan wajah dengan sabun muka. Penggunaan toner ini sendiri dimaksudkan untuk membuat wajah benar-benar bersih dan bebas dari kotoran.

Dalam hal ini, garam bisa menjadi toner alami yang bisa membantu membersihkan sisa-sisa debu atau bahkan makeup yang menempel pada wajah. Hal ini dikarenakan kandungan pada garam yang mampu membersihkan pori-pori kulit dan menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Bagi kamu yang mempunyai masalah dengan jerawat, penggunaan toner wajah dari garam ini bisa bekerja efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu cukup mencampurkan satu sendok teh garam dengan empat sendok makan air hangat ke dalam botol semprot. Pastikan kedua campuran ini larut dengan sempurna. Kamu bisa menggunakan toner garam ini dua kali sehari dengan menghindari kontak area mata.

Itulah berbagai manfaat garam untuk wajah yang selama ini masih jarang diketahui. Dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa menggunakan garam untuk membantu merawat kulit wajahmu Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.