Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Gabus bagi Ibu Melahirkan dengan Operasi Caesar

Rizki Indra
Rizki Indra
13 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat ikan gabus sangat penting untuk ibu hamil.
Manfaat ikan gabus ternyata sangat bagus untuk penyembuhan dan pemulihan pasca tindakan pembedahan termasuk operasi caesar. Melahirkan secara normal memang keinginan hampir setiap ibu hanya saja kadang kala kondisi tertentu tidak memungkinkan. Melahirkan lewat operasi caesar biasanya memakan waktu cukup lama untuk menyembuhkan bekas luka pada perut ibu.
banner consideration shipping bg blue

Namun jangan kuatir karena dengan mengkonsumsi makanan bergizi bekas luka operasi caesar bisa sembuh lebih cepat. Salah satunya dengan mengkonsumsi ikan gabus. Menurut penelitian ikan gabus sangat membantu mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan luka bekas operasi. Manfaat ini juga bisa diambil oleh para ibu setelah menjalani operasi caesar. Inilah beberapa manfaat baik dari ikan gabus bagi kesehatan dan penyembuhan luka.

1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka



Setiap tindakan pembedahan termasuk operasi caesar tentu akan meninggalkan bekas luka. Pada beberapa orang adanya bekas luka tersebut dirasa sangat mengganggu. Nah, agar bekas luka sayatan operasi bisa segera pulih dibutuhkan zat yang bisa membantu menyembuhkannya.

Ikan gabus bisa dijadikan sebagai alternatif makanan yang akan membantu luka sembuh lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan di dalam ikan gabus terdapat senyawa albumin yang merupakan protein penting. Protein pada albumin sangat bermanfaat dalam menyembuhkan luka termasuk bekas operasi.

2. Membantu Pertumbuhan dan Membentuk Otot



Bekas luka akan menghilang kalau sudah tumbuh sel otot dan kulit yang baru. Ada orang yang bisa segera tumbuh jaringan baru dalam tubuhnya namun ada juga yang berjalan lambat. Agar pertumbuhan jaringan otot yang baru maka dibutuhkan protein dalam jumlah yang cukup banyak.

Mengkonsumsi ikan gabus sudah memenuhi kebutuhan protein tubuh hingga 25,2 gram per 100 gramnya. Kandungan protein ikan gabus jauh lebih tinggi dari ikan lele dan nila. Bahkan juga melebihi kadar protein pada daging ayam yang hanya 18,2 gram/ 100 gram, daging sapi sekitar 18,8 gram/100 gram dan telur yang hanya 12,8 gram/100 gram.

3. Memperbaiki Kondisi Gizi Buruk



Agar bekas luka bisa cepat sembuh kita harus mencukupi kebutuhan gizi bagi tubuh. Kondisi kekurangan gizi berarti tubuh tidak cukup asupan nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki jaringan otot. Menu makanan yang dibuat dari ikan gabus sudah cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu setelah operasi caesar dan juga bayinya.
banner consideration promotion bg blue

Selama bayi masih menyusu secara otomatis apa yang dikonsumsi ibunya akan berpengaruh pada pertumbuhannya. Ibu yang kekurangan gizi air susunya juga menjadi tidak berkualitas dan membuat bayi bisa mengalami malnutrisi.

4. Menyehatkan Pencernaan



Ikan gabus ternyata bagus juga untuk menjaga kesehatan organ pencernaan kita. Cukup banyak penyakit serius yang disebabkan oleh pencernaan yang tidak sehat seperti kanker usus misalnya. Daging ikan gabus relatif lebih empuk dibandingkan ikan yang lainnya sehingga organ pencernaan tidak bekerja keras untuk mencernanya.

5. Menjaga Keseimbangan Cairan di Dalam Tubuh



Albumin yang terkandung di dalam ikan gabus berfungsi juga sebagai agen penyeimbang cairan di dalam tubuh kita. Ketika kondisi cairan di dalam tubuh tidak seimbang maka akibatnya adalah protein tidak bisa berfungsi secara optimal. Artinya protein tidak bisa dengan maksimal membantu menyembuhkan luka dan membentuk jaringan otot yang baru sehingga bekas operasi tidak segera pulih.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Melihat cukup banyak manfaat ikan gabus untuk kesehatan tubuh dan dalam membantu proses penyembuhan luka operasi mulai sekarang jadikan sebagai bagian menu makanan. Gizi yang seimbang bisa diperoleh dengan cara yang murah dan sederhana yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang baik bagi tubuh.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.