Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Ikan Tuna untuk Diet yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Mar 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh.

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki ukuran tubuh besar dan menjadi favorit sebagian orang. Daging Ikan tuna yang lezat dan menawarkan sejumlah khasiat untuk tubuh, menjadikan ikan ini sebagai primadona dapur. Kandungan gizi yang ada pada ikan tuna juga sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk program diet. Inilah berbagai manfaat ikan tuna selengkapnya.

banner consideration shipping bg blue

1. Membantu Program Diet


Manfaat ikan tuna yang sangat sayang dilewatkan adalah mampu menyusutkan lemak dalam tubuh, sehingga akan membantu memperlancar program diet yang dilakukan. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi tiga ons ikan tuna bisa menurunkan 110 kalori tiap hari.

Jika Anda sedang ingin mengontrol berat badan, tidak ada salahnya mengganti mengkonsumsi daging berlemak tinggi dengan ikan tuna. Penggantian ikan tuna sebagai sumber utama protein ini juga secara efektif bisa mengontrol berat badan. Sehingga berat badan yang ideal bisa terjaga.

2. Sumber Protein Lengkap


Manfaat ikan tuna yang pertama adalah sebagai sumber protein lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan protein yang terdapat di dalam ikan tuna, bukanlah sumber protein biasa yang sering terdapat dalam ikan pada umumnya.

Ikan tuna memiliki semua jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh. Ikan tuna menawarkan sekitar 24-30 gram protein per 85 gram. Kandungan protein yang lengkap dari ikan tuna ini akan menjaga jaringan tubuh untuk berfungsi dengan baik, seperti membantu pembentukan hormon, enzim, kolagen, antibodi, hingga menjaga jaringan otot di dalam tubuh.

3. Menyehatkan Jantung


Tidak hanya pada kandungan proteinnya saja, nyatanya ikan tuna juga mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Sebagaimana diketahui, tingginya lemak jenuh akan berdampak buruk dengan terjadinya penyumbatan darah sehingga resiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular akan lebih tinggi.

banner consideration promotion bg blue

Menariknya lagi, ikan tuna ini mengandung asam lemak esensial omega-3 jenis EPA dan DHA tinggi, yang berfungsi dalam pencegahan berbagai peradangan di dalam tubuh, yang dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung serta stroke.

4. Detoksifikasi Tubuh


Selain khasiat diatas, manfaat ikan tuna selanjutnya adalah kemampuannya membersihkan tubuh dari bakteri atau senyawa yang bisa mengakibatkan seseorang jatuh sakit atau istilah lainnya adalah detoksifikasi tubuh. Kandungan selenium yang terdapat dalam ikan tuna dipercaya mampu menjadikannya detoksifikasi alami bagi tubuh. Tidak hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan tuna juga mampu membantu mengurangi pembekuan darah, mencegah serangan jantung, dan stroke.

5. Mencegah Peradangan


Manfaat ikan tuna yang terakhir adalah kemampuannya mencegah peradangan dan perubahan kolesterol menjadi plak yang nantinya akan menyumbat arteri. Kandungan asam lemak omega-3 yang kita jumpai pada ikan tuna juga dapat membantu menjaga kulit dan rambut tetap tampak sehat.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan tuna memungkinkan memperbaiki kondisi kulit pada penderita psoriasis. Psoriasis sendiri adalah salah satu penyakit dimana terdapat sisik karena sel-sel kulit tumbuh dengan cepat. Tentunya ini akan mengurangi kepercayaan dirimu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat ikan tuna yang sangat sayang untuk dilewatkan. Meskipun ikan tuna memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan ikan-ikan lainnya, tetapi harga ini sebanding dengan khasiat dan sejuta kandungan bermanfaat ikan tuna di dalamnya. Mulai sekarang, lebih rutin lagi untuk mengkonsumsi ikan tuna agar manfaatnya bisa Anda dapatkan dengan optimal ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.