Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Manfaat Imunisasi Bagi Buah Hati dan Efek Sampingnya

Rizki Indra
Rizki Indra
07 Jan 2021
Clock Icon
4 menit
Ada banyak manfaat imunisasi pada bayi.
Imunisasi merupakan hal wajib yang harus dilakukan pada anak-anak. Pada dasarnya manfaat imunisasi adalah untuk membangun sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tertentu dengan cara membentuk antibodi pada kadar tertentu. Dalam upaya membentuk antibodi tersebut, si kecil harus diberikan vaksin sesuai waktu yang telah ditentukan.

Waktu yang ditentukan dalam melakukan imunisasi tergantung dari jenis penyakit yang ingin dicegah. Beberapa jenis imunisasi hanya diberikan sekali pada si kecil dan ada juga yang dilakukan secara bertahap. Biasanya pemberian vaksin pada anak-anak dilakukan dengan cara disuntik dan berupa tetes mulut.
banner consideration shipping bg blue

Saat ini konsep sistem imunisasi di Indonesia yaitu imunisasi rutin lengkap yang terdiri dari imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan. Namun, perlu diketahui juga bahwa memberikan imunisasi kepada anak memang tidak dapat memberi perlindungan secara total. Meskipun anak sudah menjalani imunisasi, bukan berarti dia tidak akan terserang penyakit tertentu.

Dengan melakukan imunisasi risiko terserang penyakit tertentu menjadi lebih kecil sekitar 5 hingga 15 persen saja. Namun, bukan berarti kondisi tersebut menunjukkan bahwa imunisasi tidak efektif, tapi imunisasi memang hanya dapat memberikan perlindungan sekitar 80 hingga 95 persen. Agar lebih mengetahui mengenai manfaat imunisasi lebih dalam lagi, sebaiknya simak pembahasan berikut ini!

1. Imunisasi Hepatitis B



Imunisasi ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi yang serius pada hati si kecil. Biasanya dilakukan dalam 12 jam setelah bayi lahir. Untuk efek samping yang ditimbulkan biasanya si kecil akan mengalami demam dan lemas, dalam kasus tertentu efek samping yang timbul berupa gatal-gatal, kulit kemerahan, dan terjadi pembengkakan di wajah.

2. Imunisasi Polio



Dilakukannya imunisasi polio ditujukan untuk mencegah anak terserang penyakit polio. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus dan termasuk penyakit menular. Penyakit polio juga dapat mengakibatkan kelumpuhan, sesak napas, dan kematian. Efek samping dari pemberian vaksin polio yaitu dapat menimbulkan demam dan reaksi alergi pada anak, seperti gatal-gatal, kesulitan bernafas dan menelan, hingga pembengkakan di area wajah.

3. Imunisasi DPT



Pemberian vaksin DPT bertujuan untuk mencegah penyakit pertusis, difteri, dan tetanus. Vaksin DPT diberikan empat kali saat si kecil berusia 2, 3, dan 4 bulan. Untuk efek samping yang terjadi biasanya anak akan mengalami radang, tubuh terasa kaku, nyeri, dan infeksi.
banner consideration promotion bg blue

4. Imunisasi BCG



Imunisasi BCG bermanfaat untuk mencegah perkembangan penyakit tuberkulosis, yaitu penyakit infeksi serius yang biasanya menyerang paru-paru. Vaksin BCG ini akan menimbulkan efek samping berupa munculnya bisul pada bekas suntikan sekitar 2 hingga 6 minggu setelah dilakukan imunisasi. Namun, ada efek samping lain yang jarang ditemukan yaitu anafilaksis.

5. Imunisasi MMR



Pemberian vaksin MMR pada anak bertujuan untuk mencegah terserang campak, rubella, dan gondongan. Tiga penyakit infeksi tersebut tergolong penyakit serius yang dapat menyebabkan komplikasi berbahaya. Sementara untuk efek samping yang ditimbulkan biasanya yaitu demam tinggi sekitar lebih dari 39 derajat Celcius dan reaksi alergi.

6. Imunisasi PCV



Imunisasi PCV dilakukan untuk mencegah penyakit pneumonia, septikemia, dan meningitis yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae. Efek samping yang ditimbulkan dari imunisasi PCV yaitu pembengkakan dan kemerahan pada bagian kulit bekas suntikan dan disertai demam.

7. Imunisasi Varisela



Imunisasi varisela bermanfaat untuk mencegah anak dari serangan penyakit cacar air yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Untuk efek sampingnya sendiri anak akan mengalami nyeri dan kemerahan di area kulit bekas suntikan vaksin ini.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah beberapa jenis manfaat imunisasi dan efek samping yang ditimbulkan. Imunisasi memang tidak memberikan perlindungan total terhadap suatu penyakit, namun imunisasi sangat penting dilakukan pada anak guna mencegah dan mengurangi resiko terserang suatu penyakit.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.