Manfaat Infused Water Semangka yang Bagus Bagi Tubuh Kamu

Infused water dikenal sebagai detox air yang sudah diinfus dengan rasa buah-buahan, sayur-mayur, atau rempah-rempah segar. Salah satu jenis infused water yang banyak menarik perhatian adalah infused water semangka. Selain mudah dibuat, manfaat infused water semangka sangat baik bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut:

banner consideration shipping bg blue

1. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan air dan serat pada semangka bermanfaat untuk membantu kesehatan pencernaan. Supaya manfaatnya lebih terasa kamu bisa menambahkan daun mint. Selain menyehatkan saluran pencernaan, daun mint bermanfaat untuk mengurangi gejala-gejala yang mengganggu dari irritable bowel syndrome (IBS), membuat infused water lebih segar, mengatasi bau mulut, dan membantu mengatasi stres dan kecemasan.

2. Sehat Bagi Jantung

Semangka termasuk buah-buahan yang dapat dikonsumsi tanpa memberikan risiko untuk jantung. Pasalnya, semangka memiliki kandungan yang rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, lemak, dan natrium. Selain itu, infused water semangka memiliki berbagai manfaat bagi jantung, yaitu kandungan magnesiumnya mampu menjaga detak jantung tetap stabil, fosfor bermanfaat bagi aktivitas listrik pada jantung, likopen pada semangka berperan dalam mengontrol tekanan darah, asam amino bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskuler dan melancarkan aliran darah.

3. Rehidrasi Lebih Cepat

Semangka termasuk buah yang kaya akan kandungan air dengan 92 persen dari semangka merupakan air. Selain itu, cairan semangka memiliki kaya akan kandungan mineral yang dapat membantu proses rehidrasi tubuh, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Manfaat infused water semangka ini dapat menghidrasi tubuh lebih cepat dari air biasa, bahkan lebih dari minuman elektrolit sekalipun. Infused water ini sangat cocok kamu jadikan teman berolahraga supaya ion-ion tubuh yang hilang dapat tergantikan dengan cepat.

4. Menyehatkan Kulit

Semangka adalah sumber vitamin A dan E yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Manfaat infused water semangka juga dapat membantu menghidrasi kulit sehingga mampu memperlambat proses penuaan. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu harus meminumnya secara rutin.

banner consideration promotion bg blue

Selain itu, semangka merupakan sumber likopen yaitu senyawa antioksidan yang tinggi manfaat sehingga dapat menyehatkan kulit sekaligus memberikan perlindungan dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Namun, manfaat infused water semangka ini bukan berarti dapat menggantikan peran lotion tabir surya. Penggunaan lotion tabir surya tetap diperlukan untuk perlindungan maksimal kulit kamu dari pengaruh buruk sinar UV.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan magnesium yang terdapat dalam buah semangka, dapat menyerap vitamin D dan kalsium untuk memperkuat tulang di dalam tubuhmu. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam buah ini bisa mencegah risiko terkena kram.

Resep Infused Water Semangka

1. Semangka dan Jeruk Nipis

Bahan-bahan :
Cara membuat :
  1. Tuang air ke dalam botol.
  2. Cuci semangka selama 15 menit dalam air garam (untuk membersihkan pestisida), potong-potong.
  3. Masukkan ke dalam botol beserta kulit dan bijinya.
  4. Jeruk nipis, potong-potong, buang biji, dan masukkan dalam botol.
  5. Diamkan selama 6 jam dalam lemari pendingin.

2. Semangka dan Mint

Bahan-bahan:
  • Siapkan satu cangkir semangka yang dipotong dadu kecil
  • 4-6 lembar daun mint
Cara membuat:
  1. Masukkan semangka ke dalam botol.
  2. Tambahkan antara 4-6 daun mint. Jika  tidak ingin air memiliki rasa mint yang kuat gunakan sekitar 4 daun sesuai selera.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah Lemonizen, itulah beberapa manfaat meminum infused water semangka untuk kesehatan kamu, sekaligus resep infused water yang bisa kamu coba. Semoga dengan informasi ini kamu lebih giat untuk membuat infused water yang menyehatkan ya. Selamat mencoba!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami