Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh

Jahe biasanya dipakai sebagai campuran masakan agar rasanya lebih sedap. Tak sedikit pula yang menggunakannya untuk obat herbal atau jamu alami karena berbagai khasiat yang dikandungnya. Salah satu jenis jahe yang dikenal luas adalah jahe merah. Manfaat jahe merah juga dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa perbedaan jahe merah dan jahe biasa? 

banner consideration shipping bg blue

Jahe merah mempunyai kulit luar dengan warna merah yang khas untuk membedakannya dengan jahe jenis pada umumnya. Sedangkan, di bagian dalam dari Jahe merahnya juga berwarna agak kemerahan dan kuning. Dari segi ukuran, Jahe merah ini berbentuk lebih kecil dan ketika dinikmati terasa lebih pedas daripada jahe yang biasanya. 
Jahe merah mempunyai tampilan luar dan juga rasa khas yang lebih tajam daripada jahe biasa. Jadi, Jahe merah dipercaya mempunyai khasiat yang lebih ampuh untuk melawan berbagai penyakit yang menyerang kesehatan tubuh. 

1. Mampu Menurunkan Gejala Rematik

Manfaat jahe merah yang pertama adalah bisa menurunkan gejala rematik atau asam urat. Jahe merah adalah salah satu dari 10 tanaman herbal yang  bisa mengobati asam urat, hal ini seperti yang dilansir dari laman website Kemenkes Indonesia. Jahe merah yang bisa memperlancar aliran darah berperan untuk mengurangi peradangan sendi dengan membuang tumpukan asam urat yang ada di sendi. 
Selain itu, berdasarkan hasil penelitian dari International Journal of Scientific dan Technology yang dipublikasikan pada tahun 2017, jahe merah juga bisa membantu nyeri akibat asam urat yang diderita oleh para lansia dengan cara mengompreskannya pada bagian sendi satu kali dalam sehari. 

2. Membantu Mencegah Masalah di Pencernaan 

Sejak zaman dahulu, jahe putih dan jahe merah digunakan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan secara tradisional. Hal ini ternyata terbukti benar. Jahe putih dan jahe merah bisa membantu meringankan dan mencegah masalah pencernaan. 

banner consideration promotion bg blue

Jahe merah bisa digunakan untuk mencegah masalah pencernaan dengan cara diambil ekstraknya. Jika di ekstrak, jahe merah bisa membantu pencernaan menjadi lebih sehat dan terlindungi dari berbagai bakteri yang jahat. Selain itu, jika jahe merah dikonsumsi bersama olahan makanan, pencernaan kita juga akan terlindungi dari kemungkinan keracunan dari bakteri. Hangatnya jahe merah jika dikonsumsi juga bisa meringankan gejala flu ataupun pilek. 

3. Membantu Menambah Tingkat Kesuburan Pada Pria 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Farmasi, Universitas Gadjah Mada,  menyebutkan jika minyak atsiri yang ada pada jahe merah bisa memberikan efek afrodisiak pada pria. Afrodisiak sendiri adalah zat yang berfungsi merangsang seksualitas pada pria dengan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. 
Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa jahe merah memiliki daya untuk meningkatkan hormon testosteron pada pria. Ketika jumlah testosteron pada pria tinggi, maka tingkat kesuburan pada pria juga bisa dikatakan tinggi. Sehingga konsumsi jahe merah sangat dianjurkan bagi pria dewasa yang memiliki masalah pada tingkat kesuburannya. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah ulasan tentang beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Dengan khasiat yang lebih banyak dan lebih kuat dibandingkan jahe biasa, mulai saat ini usahakan untuk mengganti konsumsi jahe biasa dengan jahe merah ya! Agar kesehatan lebih terjaga dan tubuh tetap fit dan bugar! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami