Manfaat Jinten Hitam, Ternyata Bisa Mengobati 7 Penyakit Ini!

16 Mei 2020 @ 19:33:21
Jinten hitam sudah banyak dimanfaatkan untuk bahan masakan di rumah, yang mana memang dapat memperkaya cita rasa pada masakan. Namun, ternyata jinten hitam juga bisa dijadikan sebagai obat herbal alami untuk penyakit tertentu. Hal ini karena berbagai kandungan baik yang dikandung jinten hitam. Lalu, apa saja manfaat jinten hitam yang bisa mengobati berbagai penyakit? 

1. Mengatasi Gejala Penyakit Asma



Manfaat dari jinten hitam yang pertama bisa mengatasi gejala penyakit asma. Suatu riset telah membuktikan kalau jika mengobati asma dilengkapi dengan konsumsi jinten hitam, maka akan menurunkan frekuensi mengi dan batuk. Dampak positif lainnya ialah menjaga fungsi kerja paru-paru. Walaupun masih diperlukan riset lebih dalam mengenai pengobatan asma ini. Berdasarkan WebMD, pemakaian jinten hitam tingkat keefektifannya lebih kecil daripada obat seperti, theophylline dan salbutamol untuk mengobati gejala asma. 

2. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah bagi Penderita Penyakit Diabetes



Manfaat dari jinten hitam selanjutnya adalah mampu membantu mengatur kadar gula dalam darah. jinten hitam terkenal bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes. Sejumlah riset berhasil membuktikan bahwa ekstrak jinten hitam bisa mengurangi kadar gula dalam darah rata-rata dan resistensi insulin. Manfaat lainnya ialah juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah diabetes sebab ia dapat mengatur kadar gula dalam darah agar tetap stabil. 

3. Mencegah Infeksi untuk Penyakit Flu, Hepatitis C, dan HIV



Manfaat jinten hitam atau habbatussauda lainnya adalah dapat mencegah terjadinya infeksi. Hal ini karena ia mempunyai sifat antibakteri dan antivirus. Kandungan tersebut sudah diuji dari penelitian yang menyatakan kalau obat herba ini dapat mencegah virus pemicu hepatitis C, HIV, dan flu. Jinten hitam juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga ia dipercaya dapat melawan infeksi. 

4. Meminimalisir Penyakit Kolesterol



Jinten hitam diyakini menjadi obat herbal yang manjur untuk mengurangi kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL dalam darah. Berdasarkan Health Line, ada sebuah review dari 17 riset yang menyatakan kalau jinten hitam bisa mengurangi kadar kolesterol HDL dan trigliserida dalam darah secara efektif. Kandungan jinten hitam pada minyak jinten hitam lebih tinggi dibandingkan bubuk jinten hitam dalam upaya mengurangi kolesterol LDL. 

5. Membasmi Penyakit Kanker



Manfaat jinten hitam atau habbatussauda berikutnya adalah dapat membasmi penyakit kanker. Hal ini karena, ia mengandung senyawa antioksidan etanol yang bertugas menghambat perkembangan sel kanker ganas seiring berjalannya waktu pada tikus lab dalam sebuah percobaan. 

Kandungan etanolnya menghasilkan kira-kira 80% efek perlindungan pada stres oksidatif dalam tubuh. Apabila radikal bebas dalam tubuh terlalu berlebihan maka, tubuh akan mengalami stres oksidatif. Akhirnya, bisa memicu rusaknya berbagai sel dalam tubuh dan menyebabkan munculnya penyakit kronis seperti, kanker. 

6. Mengobati Penyakit Rematik



Berdasarkan hasil riset yang telah diterbitkan dalam Immunological Investigations, telah membuktikan manfaat dari jinten hitam pada minyaknya bahwa mampu membantu mengobati penyakit rematik. Riset ini diujikan kepada 43 wanita penderita rematik ringan hingga sedang yang meminum kapsul minyak jinten hitam atau plasebo setiap hari dalam satu bulan. 

Hasil riset tersebut membuktikan bahwa pengobatan dengan minyak jinten hitam dapat mengurangi gejala arthritis, tingkat penanda peradangan darah, dan jumlah sendi yang bengkak. 

7. Mengobati Gejala dari Penyakit Alergi



Minyak jinten hitam dapat dimanfaatkan di bidang pengobatan alergi. Menurut sebuah penelitian, minyak habbatussauda ini dapat menurunkan gejala alergi seperti, penyumbatan di hidung, hidung gatal, hidung berair, dan bersin-bersin usai pemakaian dua minggu. 

Sedangkan, penelitian lain juga menunjukkan kalau minyak jinten hitam berpeluang dapat mengobati sinusitis karena kandungan senyawa antiinflamasi, antioksidan, antihistamin, antimikroba dan efek analgesik di dalamnya. 

Nah, itulah ulasan tentang ragam manfaat jinten hitam yang ternyata bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Setelah membaca berbagai manfaat ini, jangan ragu untuk mengkonsumsi jinten hitam lagi ya Lemonizen! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020