Manfaat Kacang - Kacangan dan Biji-bijian Untuk Tubuh

06 Jul 2017 @ 10:39:10

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung serat, protein, vitamin B, selenium, kromium, vitamin E, fosfor, dan magnesium yang baik untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit, memperkuat tulang dan gigi, dan membentuk otot. 


Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan 2 sumber makanan nikmat yang mudah ditemui dimanapun. Tak hanya nikmat, kacang-kacangan dan biji-bijian juga punya segudang manfaat untuk kesehatan Anda. Baru-baru ini, para pakar kesehatan dan ahli gizi di Amerika Serikat, seperti dilansir dari AskDrSears.com, sepakat bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan nutrisi untuk tubuh Anda.

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung cukup banyak serat yang dapat membantu melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan, serta membantu menurunkan berat badan. Para pakar bidang kesehatan tersebut mengibaratkan kacang-kacangan dan biji-bijian  sebagai pabrik yang walaupun kecil, namun mampu menyimpan dan mendistribusikan nilai gizi yang besar.

Selain menawarkan asupan serat, kacang-kacangan dan biji-bijian juga memiliki kadar protein yang tinggi yang mampu memberikan cukup energi untuk Anda beraktivitas dan membantu dalam pembentukan otot. Tak hanya itu, sifat alami kacang-kacangan dan biji-bijian yang bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh menjadikan kedua jenis makanan ini ramah terhadap kesehatan jantung Anda. 

Pakar kesehatan dan ahli gizi mencatat bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung vitamin B, selenium, kromium dan vitamin E yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh Anda, menangkal radikal bebas, merawat kulit dan mencegah penuaan dini. 

Tak ketinggalan, kacang-kacangan dan biji-bijian juga memiliki kandungan fosfor dan magnesium yang semuanya penting untuk pembentukan dan kesehatan tulang dan gigi, dan meningkatkan kinerja otot pada tubuh Anda.

Umumnya, jenis kacang-kacangan dan biji-bijian yang banyak diminati orang adalah yang memiliki cita rasa gurih dan lezat. Biar begitu, apapun cita rasanya, kacang-kacangan dan biji-bijian tetap memiliki manfaat alami yang sangat baik untuk Anda.

Anda bisa mulai mencoba berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kacang filbert, kacang pinus, kacang almond, kacang kenari, kacang mede, pistachio, hazelnut, dan kacang tanah. Untuk biji-bijian, Anda bisa mulai mengonsumsi biji labu, biji wijen, biji rambutan, biji durian, dan biji bunga matahari.

Jadi, Anda bisa mulai mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai bagian dari menu diet sehat Anda. Anda bisa mengonsumsinya langsung sebagai cemilan sehat ataupun dicampurkan dengan makanan lain seperti bubur, kue, ataupun mie.


Artikel Terkait

Penting: RUM Bukan Layanan Kesehatan ‘Antiobat’
Masih banyak orang tua yang salah kaprah memahami RUM sebagai tindakan antiobat. Padahal bukan begitu seharusnya...
Shella Rafiqah Ully
14 Oktober 2019
Lemonilo Chilita 60 Derajat Hadir dengan Rasa Lebih Pedas!
Ada yang baru dari Lemonilo Chilita. Kini hadir dengan rasa yang puedees banget tapi tetap alami tanpa tambahan MSG...
Shella Rafiqah Ully
04 Oktober 2019
Doyan Makan Pedas Bagus untuk Kesehatan?
Lidah orang Indonesia umumnya sangat menyukai rasa pedas terutama dari cabai. Semakin pedas, semakin nggak bisa lepas...
Shella Rafiqah Ully
04 Oktober 2019