Manfaat Kacang Panjang dan Efek Samping untuk Kesehatan

14 Sep 2020 @ 18:55:31
Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang mudah ditemui pada masakan masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Vigna unguiculata ssp. Sesquipedalis ini, memang cukup murah dan mudah dijumpai di pasar. Sehingga tidak jarang jika kacang panjang selalu menghiasi meja makan. Namun, tahukah kamu ternyata kacang panjang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat kacang panjang itu?

1. Menjaga Kesehatan Jantung



Manfaat kacang panjang yang pertama adalah khasiatnya yang mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kacang panjang mengandung serat larut yang mampu membantu menekan jumlah kolesterol jahat LDL. Selain itu, kacang panjang juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan tensi darah, sehingga menjaga kesehatan jantung.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu menambahkan olahan kacang panjang dalam sayuran, maupun tongseng pada makanan. Pasalnya, dalam satu porsi kacang panjang sekitar 100 gram mampu mencukupi kebutuhan serat harian hingga 12 persen.

2. Menurunkan Gula Darah



Manfaat kacang panjang selanjutnya adalah mampu menurunkan gula darah. Pasalnya dalam kacang panjang terdapat antihiperglikemik yang fungsinya dapat menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa kacang panjang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga terdapat kemungkinan kacang panjang baik untuk penderita diabetes.

Sayangnya penelitian ini masih sebatas pada hewan, sehingga belum diketahui efektivitasnya pada manusia. Meskipun demikian, bagi penderita diabetes tidak ada larangan untuk mengonsumsi kacang panjang ini.

3. Meringankan Nyeri Haid



Siapa sangka jika kacang panjang ternyata terbukti ampuh untuk meringankan nyeri haid. Hal ini sudah dibuktikan berdasarkan percobaan klinis yang dilansir dari Best Health Magazine. Penelitian ini mengatakan bahwa perempuan yang mengonsumsi dosis tinggi zat mangan dari menu makannya mengalami perbaikan dalam frekuensi dan tingkat keparahan kram perut serta suasana hati yang lebih membaik, ketimbang kelompok yang makan sedikit mangan.

4. Menyehatkan Kulit



Manfaat dari kacang panjang selanjutnya adalah untuk kulit yang sehat. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, nyatanya kacang panjang juga memiliki segudang manfaat untuk merawat kulitmu. Hal ini karena dalam kacang panjang mengandung vitamin C yang dapat membantu mengurangi munculnya keriput, menyembuhkan kulit kering dan kemerahan, serta memperlambat proses penuaan.

Selain itu, vitamin C juga mampu melancarkan peredaran darah sehingga dapat membuat kulit terlihat lebih sehat. Hal inilah yang membuat banyaknya produk pemutih maupun kesehatan kulit lainnya menggunakan vitamin C di dalamnya.

5. Membesarkan Payudara



Manfaat kacang panjang yang terakhir dan jarang diketahui orang adalah ternyata khasiatnya yang mampu membesarkan payudara. Sebuah penelitian dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada telah membuktikan asumsi ini.

Penelitian ini mengatakan bahwa kandungan fitoestrogen dalam kacang panjang dapat memicu pertumbuhan sel epitel dalam payudara saat menempel di reseptor estrogen, sehingga memicu perkembangan ukuran payudara. Meskipun demikian, penelitian ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Itulah kelima manfaat kacang panjang bagi kesehatan. Meskipun memiliki manfaat untuk tubuh, ternyata mengonsumsi kacang panjang juga memiliki efek samping jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Efek samping yang dapat timbul di antaranya seperti reaksi alergi, gangguan pencernaan, hingga memicu gangguan hati dan ginjal. Maka dari itu untuk menghindari efek samping tersebut, konsumsi kacang panjang secara wajar saja. Jangan berlebihan agar manfaat dari kacang panjang tetap bisa dirasakan tubuh secara optimal. 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020