Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Manfaat Kemasan Produk yang Berpengaruh Bagi Usaha Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak kemasan produk yang bisa dicontoh.
Suatu produk akan tampak menarik jika dikemas sedemikian rupa, dengan desain yang menarik perhatian konsumen. Bahkan konsumen akan semakin yakin ingin membeli jika desain kemasannya tepat. Jadi, apakah kemasan produk ini memang bermanfaat bagi suatu produk? Tentu saja bermanfaat, dan bukan hanya untuk strategi menarik perhatian pembeli saja, tetapi juga untuk memberikan informasi produk tersebut pada konsumen.
banner consideration shipping bg blue

Dengan adanya kemasan maka suatu produk bisa digunakan dalam waktu lama karena isi di dalamnya menjadi lebih aman. Selain memberi manfaat pada konsumen, kemasan suatu produk juga bisa bermanfaat bagi pihak produsen. Karena kemasan berperan besar dalam hal penjualan serta pembelian suatu produk.

Dengan adanya kemasan, suatu produk akan memiliki identitas atas nilai jual produk itu sendiri. Inilah berbagai manfaat adanya kemasan produk:

1. Proteksi atau Perlindungan



Jika sebuah produk tidak dikemas dengan baik maka produk itu akan menjadi mudah rusak dan tak dapat digunakan dengan maksimal. Kerusakan barang akan menjadi sesuatu yang dihindari konsumen karena hal itu akan merugikan mereka. Kemasan juga akan melindungi produk dari kuman atau bakteri, apalagi jika produk yang dijual adalah makanan.

2. Sebagai Informasi



Pada setiap kemasan suatu produk biasanya akan ada informasi yang sesuai dengan jenis produk itu sendiri. Misalnya komposisi dari pembuatan produk tersebut atau jenia informasi lainnya. Membaca informasi di kemasan suatu produk adalah hal penting bagi konsumen, karena biasanya ada beberapa hal penting di kemasan tersebut.

3. Ergonomi



Ketika membuat desain dari suatu kemasan sebaiknya tidak dilakukan dengan asal-asalan. Pengembangan dari desain kemasan ini adalah faktor ergonomi dari produk tersebut. Kemasan yang baik adalah kemasan yang nyaman digunakan oleh konsumen. Misalnya mudah dipegang dan bisa dibawa ke mana-mana.
banner consideration promotion bg blue

4. Identitas Merek



Pihak produsen akan membuat kemasan suatu jenis produk tertentu sebagai pembeda antara produk yang satu dengan yang lainnya. Misalnya terdapat logo di kemasan tersebut yang bisa dijadikan identitas merek. Logo juga akan menjadi representasi suatu brand dengan identitas tertentu dalam pemakaian warna yang tepat.

5. Proses Distribusi



Barang-barang yang dijual biasanya akan melewati berbagai tahapan hingga sampai ke tahap pengemasan. Untuk bisa sampai di tangan konsumen, produk itu akan disimpan di tempat distributor. Dengan adanya beberapa tahapan tersebut, produk itu harus dikemas dengan baik. Karena jika tak dikemas dengan cara yang tepat maka produk akan mudah tercecer, bocor ataupun rusak.

6. Nilai Estetika



Kemasan juga akan menjadi senjata terakhir bagi sebuah brand untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk tersebut. Jika konsumen belum memiliki referensi mengenai produk yang akan dibelinya, maka kemasan yang baik dan tepat akan memberikan informasi dan daya tarik sehingga konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut.

7. Komunikasi



Ada berbagai macam aspek yang saling berhubungan di setiap kemasan yang akan memberi kesan tersendiri bagi konsumen. Fungsi komunikasi ini akan berperan penting dalam pertimbangan pasar dalam membuat desain untuk produk itu sendiri. Sebuah kemasan yang bagus akan memberi kesan tersendiri seperti kualitas produk, atau kesan elegan dan eksklusif pada produk tersebut.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai manfaat dari penggunaan kemasan produk. Suatu produk yang dikemas dengan rapi dan apik akan membuat produk tersebut awet dan mampu membangun brand image dalam waktu yang lama. Mengingat peran pentingnya sebuah kemasan, maka jangan lupa untuk membuat kemasan yang bagus dan berkualitas untuk produk Anda ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.