Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Kerang Hijau Selain Kaya Akan Nutrisi Aman Dikonsumsi

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat kerang hijau yang penting untuk tubuh.
Kerang seringkali dijumpai, baik di restoran maupun di penjual kaki lima. Tekstur kenyal dengan banyaknya pilihan bumbu membuat kerang hijau menjadi salah satu makanan laut favorit banyak orang. Bukan hanya enak di santap dan kaya akan nutrisi, ternyata manfaat kerang hijau bagi tubuh juga sangat banyak. Berikut manfaatnya:

1. Mengurangi Gejala Asma



Kerang hijau dikenal kaya nutrisi, sehingga membuat sekelompok peneliti meneliti manfaatnya untuk kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Emelyanov, dkk., kerang hijau terbukti dapat membantu melancarkan pernapasan dan mengurangi terjadinya gejala-gejala yang ditimbulkan dari asma.

2. Menurunkan Risiko Peradangan



Kerang mengandung asam lemak esensial yang cukup banyak, seperti docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), yang merupakan bentuk dari omega-3. Dengan mengkonsumsi kerang hijau, maka kamu dapat mempertahankan tingkat jaringan asam lemak omega-3 dalam tubuh yang baik bagi kesehatan. Sejumlah penelitian menemukan, bahwa asupan omega-3 yang lebih tinggi dapat membantu menurunkan tingkat peradangan, termasuk pada pasien jantung, diabetes dan obesitas.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Otak



Kerang hijau mengandung omega-3 dan vitamin B12 yang tinggi. Zat ini dikenal sebagai nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung. Beberapa penelitian pun telah mengaitkan konsumsi asam lemak omega-3 dari kerang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, omega-3 dan vitamin B12 dalam kerang juga berfungsi untuk menjaga kesehatan otak. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 berisiko menyebabkan masalah dalam perkembangan otak. Memenuhi kebutuhan kedua zat tersebut akan membuat kesehatan otak kamu terjaga.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat menangkal bakteri jahat yang membuat tubuh Anda sakit. Kerang hijau sarat akan zinc yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Mineral ini diperlukan untuk mengembangkan sel-sel yang mendukung daya tahan tubuh, serta bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi kerusakan sel tubuh jika terjadi peradangan.

5. Mencegah Terjadi Anemia



Dalam kondisi anemia, seseorang akan mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat di dalam darahnya. Untuk mengatasinya, kita harus memastikan asupan nutrisi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Kerang memiliki beberapa mikronutrien yang dapat mencegah terjadinya anemia, yakni vitamin B12 dan zat besi. Zat besi ini diperlukan untuk berbagai proses metabolisme dan juga memainkan peran penting dalam transportasi oksigen dalam darah.

6. Mengurangi Gejala yang Ditimbulkan Osteoarthritis



Sudah ada empat penelitian yang mengamati efek kerang hijau terhadap pasien yang mengidap osteoarthritis. Pasien osteoarthritis akan merasakan nyeri di sendi akibat adanya pembengkakan yang timbul karena gesekan antara ujung tulang penyusun sendi.

Semua penelitian yang telah dilakukan tersebut menemukan, bahwa konsumsi kerang hijau sebagai terapi pendamping di samping mengkonsumsi obat-obat osteoarthritis, dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan peningkatan fungsi sendi. Hal ini karena kerang hijau secara signifikan dapat mengurangi efek tidak nyaman pada perut yang muncul dari penggunaan obat anti nyeri yang biasa diberikan ke pasien osteoarthritis.

7. Mengurangi Gejala yang Ditimbulkan Rematik



Manfaat kerang hijau dapat mengurangi rasa sakit pada orang yang menderita rematik. Penyakit ini terjadi karena adanya pembengkakan di sendi yang juga menyebabkan sendi menjadi kaku. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kerang hijau bermanfaat untuk mengurangi kekakuan sendi pada orang yang memiliki rematik.

Itulah manfaat kerang hijau yang aman dikonsumsi. Sebagai salah satu jenis seafood yang banyak dikonsumsi, kerang hijau memang banyak memiliki manfaat baik untuk tubuh. Meski begitu, dalam mengkonsumsinya dianjurkan untuk tetap dalam batas wajar dan tidak berlebihan ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.