Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan, Rahasia Sehat Orang Korea!

dr. Alvin Wijaya
dr. Alvin Wijaya
03 Nov 2020
Clock Icon
3 menit
mie korea
Kimchi, salah satu makanan khas Korea menjadi sangat familiar di Indonesia. Makanan hasil fermentasi sayuran ini menjadi cepat populer seiring masifnya budaya Korea yang masuk ke tanah air.

Fermentasi sendiri adalah proses pengawetan makanan yang menggunakan enzim untuk mengubah kandungan kimiawi makanan tersebut sehingga menjadi tidak mudah busuk atau rusak dan dapat disimpan dengan mudah.
banner consideration shipping bg blue

Kimchi dibuat dengan proses pengasinan dan fermentasi sayuran, utamanya kol, serta mengandung berbagai bumbu dapur lain seperti, gula, garam, bawang bombay, bawang putih, jahe, dan cabai. Ada juga jenis sayuran lain pada kimchi seperti, lobak, seledri, timun, terong, bayam, daun bawang, bit, dan rebung. 

Kimchi dapat langsung dimakan sesaat setelah berbagai bahan tersebut dicampur atau bisa juga beberapa hari atau minggu kemudian setelah kimchi tersebut difermentasikan.



Kimchi Baik untuk Saluran Pencernaan

Kimchi bermanfaat sebagai probiotik yang berfungsi menjadi makanan bagi pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Tumbuh suburnya bakteri baik ini di saluran pencernaan akan berdampak baik pada kesehatan seperti mencegah sembelit, mengurangi keluhan mengenai saluran pencernaan, menjaga kesehatan kulit, dan lain-lain. 
banner consideration promotion bg blue

Kimchi Mengurangi Peradangan dan Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kimchi yang mengandung Lactobacillus bacterium telah diteliti dapat meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh tidak mudah terserang infeksi seperti influenza. Kimchi juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh. Hal ini berdampak pada menurunnya risiko terkena penyakit jantung, sebab umumnya sakit jantung didahului proses peradangan di pembuluh darah jantung.

Ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan kepada 100 orang di Korea yang memakan kimchi sebanyak 15-210 gram per hari. Hasilnya, kimchi dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat secara signifikan. Perlu diingat, ketiga hal ini dapat menjadi faktor risiko terkena penyakit jantung. 

Kimchi Membuat Kulit Mulus dan Kencang



Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, kenapa rata-rata orang Korea memiliki kulit mulus? Orang Korea sangat rutin mengkonsumsi kimchi, seperti halnya orang Indonesia yang rutin makan nasi. Nah, ternyata kimchi berkhasiat memperlambat proses penuaan sehingga menjadikan wajah tampak lebih awet muda. 

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 4 minggu kepada 22 orang di Korea membuktikan bahwa makan kimchi yang telah difermentasikan juga dapat menurunkan berat badan, menurunkan kandungan lemak dan indeks massa tubuh.

Informasi Nilai Gizi Pada Seporsi Kimchi

Kimchi memang dapat disajikan berbeda-beda baik secara kandungan maupun porsi penyajiannya, namun secara umum, per 150 gram kimchi mengandung 23 kalori, 2 gram protein, <1 gram lemak, dan 4 gram karbohidrat dengan 2 gram kandungan seratnya, serta kandungan vitamin B6, C, K,  dan zat besi.

Kimchi juga merupakan sumber asam folat yang penting untuk kehamilan karena dapat menurunkan risiko cacat pada janin yang dikandung. Kimchi juga kaya akan potasium yang penting untuk mengatur keseimbangan cairan pada tubuh serta menjadi sumber kalsium yang penting untuk pergerakan otot dan kekuatan gigi dan tulang. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Pun demikian, perlu diperhatikan juga bahwa kandungan garam pada kimchi cukup tinggi, apalagi kalau kamu membeli kimchi dalam kemasan, karena kandungan garamnya bisa sampai 3%. Nah, sebaiknya kimchi dikonsumsi dengan makanan lain yang tidak terlalu asin. 

Pilih juga kimchi yang tidak dipasteurisasi karena proses pasteurisasi justru mematikan bakteri baik yang berguna untuk kesehatan saluran pencernaan. Konsumsilah kimchi yang dibuat segar setiap harinya, agar kamu tetap mendapat manfaat kimchi dengan maksimal!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.