Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Manfaat Kumis Kucing dan Cara Pengolahannya yang Baik dan Benar

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
manfaat kumis kucing
Kumis kucing merupakan salah satu jenis tanaman semak yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Tanaman yang memiliki bunga berwarna putih, merah muda, hingga ungu serta benang sari yang menjuntai keluar dari kelopak bunganya sehingga berbentuk mirip kumis kucing. Tidak heran jika masyarakat menyebutnya tanaman kumis kucing.Tanaman yang sering kali tumbuh di perkebunan warga dengan tidak teratur ini, ternyata memiliki banyak khasiat untuk tubuh. apa saja manfaat kumis kucing bagi tubuh?
banner consideration shipping bg blue

1. Menghancurkan Batu Ginjal



Manfaat kumis kucing yang pertama adalah mampu menghancurkan batu ginjal. Di daerah Jawa sendiri, masyarakatnya kerap menggunakan daun kumis kucing ini sebagai teh herbal yang efektif untuk menghancurkan batu ginjal.

Meskipun demikian, teh herbal dari daun kumis kucing ini hanya mampu menghancurkan batu ginjal yang berukuran kecil, yakni yang kurang dari 5 cm. Meskipun begitu, kamu harus memperhatikan bagaimana cara pengolahan ramuan ini dengan baik dan benar.

2. Menyehatkan Saluran Pembuangan



Tidak hanya menghancurkan batu ginjal, manfaat kumis kucing selanjutnya adalah bisa menyehatkan saluran pembuangan. Dalam hal ini, ekstrak herbal yang terbuat dari kumis kucing juga bisa menyembuhkan infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, maupun infeksi saluran kemih.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang sering buah air kecil dengan rutin mengkonsumsi teh kumis kucing maupun ekstrak kumis kucing lainnya bisa membantu menormalkan kadar buang air kecilmu.

3. Mengobati Encok dan Rematik



Kandungan enzim flavonoid yang terdapat di dalam kumis kucing ternyata berkhasiat meringankan gejala encok.  Manfaat ini bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsinya secara mentah, ataupun dengan mencampur ekstrak kumis kucing dengan tanaman lain untuk memaksimalkan efek ini.
banner consideration promotion bg blue

Cara mengolah kumis kucing ini bisa juga kamu terapkan untuk menyembuhkan penyakit rematik. Akan tetapi, jika kamu ingin mengkonsumsinya dengan cara yang nikmat, kamu bisa merebus tanaman kumis kucing dan mengambil air sisa rebusannya. Tambahkan dengan madu maupun bahan lain yang berkhasiat untuk tubuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah



Manfaat kumis kucing selanjutnya adalah mampu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak daun kumis kucing, monacolin,berberine, dan policosanol dalam dosis tertentu mampu mengatasi tekanan darah tinggi, hal ini merupakan hasil yang didapatkan dari sebuah penelitian oleh beberapa peneliti. Kamu bisa secara rutin mengkonsumsi ekstrak kumis kucing untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. Meskipun demikian, manfaat dari kumis kucing yang ini tidak seampuh dengan efek ‘pil air’ yang disebut hydrochlorothiazide.

5. Membantu Masalah Pernapasan



Manfaat kumis kucing yang terakhir adalah khasiatnya yang diklaim mampu membantu masalah pernapasan. Untuk mendapatkan manfaat kumis kucing yang ini, kamu bisa mencampurkan ramuan obat kumis kucing dengan ramuan herbal lain.  Meskipun demikian, manfaat kumis kucing yang ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektivitasannya. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat kumis kucing. Cara pengolahan kumis kucing yang baik dan benar menjadi kunci untuk mendapatkan manfaat dari tanaman ini. Pilihlah daun dengan kualitas yang baik, setelah itu kamu bisa mencucinya dengan air bersih yang mengalir. Rebus daun kumis kucing dengan air putih ¼ gelas, dan jadikan sebagai ramuan herbal rutin. 

Dengan konsumsi yang teratur, kamu bisa merasakan manfaat kumis kucing tersebut dengan maksimal. Serta jangan lupa untuk selalu mengolahnya dengan baik dan benar ya!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.