Manfaat Lemon, Buah Kuning nan Asam Seribu Khasiat

06 Jan 2017 @ 16:55:16

Jeruk lemon atau disebut juga jeruk sitrun ini  memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatanmaupun kecantikan. Lemon biasa digunakan untuk campuran makanan maupun minuman.Rasa buah berwarna kuning ini sangat khas, asam dan segar. Bagi seseorang yangingin memulai gaya hidup sehat, lemon bisa menjadi salah satu buah yang ada didalam daftar menu diet harian.

Manfaat lemon yang paling utama yaitu meredakan batuk daninfeksi tenggorokan, gangguan pencernaan, konstipasi, demam, darah tinggi sertamasalah kulit dan kecantikan. Tidak hanya itu saja lemon yang asam ternyataampuh menyembuhkan sakit maag. Rasa asam dari lemon bukan berarti buruk untuklambung atau maag, tetapi rasa asam tersebut berubah menjadi basa ketika masukke dalam tubuh.

Lemon juga mengandung antioksidan tinggi,sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membuat tubuh menjadilebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Mengonsumsi lemon di pagi hari setelah bangun tidur membantumenyeimbangkan metabolisme tubuh kembali.

Berikut ini adalah berbagai macam kandungandan manfaat lemon yang baik untuk tubuh dan kecantikan:

  • Tinggi vitaminCLemon segar kaya vitamin C dan dapat membantumeningkatkan imunitas tubuh sehingga membuat tubuh tidak mudah terserang bakteridan virus. Lemon yang dijadikan jus bisa meningkatkan Ph dan basa dalam tubuh,mencegah sariawan dan penyakit sekitar gigi dan mulut

  • Kaya vitamin selain vitamin C. Tidak hanya vitamin C, lemon juga mengandungvitamin lain yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin B6, vitamin A, vitamin E,folat, thiamin niacin, riboflavin, asam pantotenat, zinc, kalsium, zat besi,magnesium, kalium, fosfor dan protein.

  • Tinggi kandungan flavonoid. Kandungan flavonoid yang ada di dalam lemonmampu melawan antioksidan dan sel kanker. Kandungan ini juga menjadikan lemonsebagai buah yang dapat membantu mencegah diabetes, sembelit, tekanan darahtinggi, demam dan memperbaiki masalah kulit, rambut serta gigi.

  • Mengandung fiber yang baik untuk pencernaan. Lemon dapat menyebabkan penyakit maag? Samasekali tidak benar! Lemon membersihkan racun-racun dan sisa makanan yangmelekat pada usus. Kandungan fiber dalam buah kuning ini dapat membantumelancarkan pencernaan, apalagi kalau diminum di pagi hari bersama dengan madudan air hangat.

  •  Antioksidan. Selain membersihkan pencernaan, lemon baikuntuk menghilangkan racun yang ada di dalam darah dan memperbaiki fungsi hati.Mengonsumsi air lemon setiap hari dipercaya mencegah pembentukan kristal didalam ginjal serta empedu.

CaraTerbaik KonsumsiLemon

Untuk meraih manfaatlemon secara maksimal, ada beberapa hal yang patut diketahui:

 

1. Konsumsi yang tidak dingin

Bila Anda ingin meminum air lemon, baiknyakonsumsilah yang tidak dingin atau bersuhu ruang. Hal ini dikarenakan meminumair lemon dingin dapat mengejutkan sistem-sistem saraf pada tubuh. Campursegelas air mineral suhu ruang dengan perasan setengah jeruk lemon.


2. Konsumsi di pagi hari

Dengan segala kebaikan yang dikandung lemon,menjadikan rutinitas meminum segelas air lemon hangat di pagi hari 30 menitsebelum sarapan merupakan kebiasaan yang sangat baik bagi kesehatan.

Hal tersebut akanmembuat adanya proses pembersihan pada organ dalam tubuh dan memberikan efek penyembuhan.Kebiasaan baik ini pun dapat memberikan efek positif pada kesehatan Anda dalamjangka panjang. Namun, satu hal yang sangat penting untuk dicatat. Meskipunlemon dapat mencegah bau mulut yang disebabkan oleh masalah gigi dan gusi namunjus lemon yang berkontak langsung dengan gigi, dapat merusak enamel gigi. Olehkarena itu, disarankan untuk mengonsumsi lemon yang diencerkan dengan air danjuga bilas mulut Anda secara menyeluruh setelah minum jus lemon. Atau Anda bisajuga meminumnya menggunakan sedotan.


Cek juga kategori kami: Jual Chia Seed Harga & Manfaat Terbaik


Artikel Terkait

Stop Makan Gorengan, Ini 7 Ide Camilan Sehat untuk Buka Puasa!
Terlambat pulang kerja, macet dan kondisi jalanan yang tidak bisa diprediksi seringkali membuat kita terpaksa buka ..
Shella Rafiqah Ully
28 Mei 2019
Selain Daun Katuk, 8 Buah Segar Ini Bisa Ibu Andalkan untuk Lancarkan Produksi ASI
Pilihan makanan alami untuk melancarkan Air Susu Ibu (ASI) pasti jatuh pada daun katuk. Ini karena berbagai penelit..
Shella Rafiqah Ully
25 Maret 2019
Tahukah Bunda, Ternyata Susu Almond Bisa Lancarkan Produksi ASI?
Air Susu Ibu (ASI) mengandung semua nutrisi baik yang dibutuhkan bayi, sebab itu memberikan ASI secara ekslusif ke..
Shella Rafiqah Ully
18 Maret 2019