Manfaat Madu Murni Untuk Kesehatan

03 Jan 2017 @ 19:05:03
Oleh RA Maharani & S Nurfauzia
Manfaat Madu Murni Untuk Kesehatan
Madu murni memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan dan sudah digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia sejak kurang lebih 2500 tahun yang lalu. Di negara Eropa dan Asia, madu menjadi salah satu asupan yang dianggap penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Di Indonesia sendiri, produksi madu tersebar di seluruh pulau di tanah air dan dihasilkan dari berbagai nektar tanaman yang berasal dari bunga cengkeh, bunga kopi, bunga vanilla, bunga coklat maupun bunga-bunga dari pohon yang tumbuh di hutan. Karena berasal dari berbagai macam nektar tanaman, maka rasa madu yang dihasilkan berbeda-beda. Ada yang sangat kental, manis agak asam, sangat manis atau ada juga yang manis sedikit getir. 

Madu murni sendiri berarti madu asli tanpa campuran, tanpa proses penyaringan, dan tanpa tambahan pemanis serta langsung berasal dari sari bunga atau nektar yang dibawa oleh lebah sehingga kandungan gizi yang ada di dalam madu tersebut masih terjaga. Berbeda dengan madu yang saat ini banyak dijual di pasaran dan mengalami pemanasan serta proses penyaringan, yang mana kandungan gizinya sudah jauh berkurang. Kandungan gizi dalam madu murni yang paling tinggi adalah mineral, vitamin C dan kalsium.

Banyak sekali cara untuk mengonsumsi madu, diantaranya adalah dengan diseduh dan diminum, dikonsumsi langsung atau dioleskan ke roti seperti selai. Selain itu, madu juga bisa dioleskan ke kulit wajah atau tubuh untuk menjaga kelembapan kulit. Berikut ini penjelasan lebih lengkap atas manfaat dari madu murni itu sendiri, yaitu:

  • Bahan pemanis alami. Rasa manis asli dari madu bisa menjadi pengganti gula tebu atau bahan pemanis buatan. Madu dapat dikonsumsi bersama teh maupun jus buah. Tidak hanya itu saja, madu juga bisa digunakan sebagai pemanis makanan, kue atau permen.
  • Penurun berat badan. Madu mengandung lebih banyak kalori daripada gula ketika dikonsumsi dengan air hangat, sehingga dapat membantu melarutkan lemak jahat yang tersimpan di dalam tubuh. Konsumsi madu dicampur dengan lemon dan kayu manis sangat efektif untuk menurunkan berat badan.
  • Sumber energi pembangkit stamina. Madu mengandung 80% gula alami, 18% air, serta 2% kandungan mineral, vitamin, pollen dan protein sehingga tidak diragukan lagi bahwa madu disebut-sebut sebagai asupan sempurna penambah stamina. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam madu dapat diserap tubuh dan baik untuk kesehatan liver (hati). Mengonsumsi madu di pagi hari dapat membantu meningkatkan aktifitas kerja Anda.
  • Melembapkan kulit dan bibir yang kering. Selain untuk kesehatan tubuh, madu juga bermanfaat untuk kecantikan. Madu dapat meremajakan kulit, mengecilkan pori-pori serta melembapkan kulit serta bibir yang kering. Tidak hanya itu saja, madu murni juga bisa membantu menunda penuaan dini. Scrub dari campuran madu dan gula dapat digunakan untuk menghaluskan kembali bibir atau kaki yang pecah-pecah.
  • Menambah stamina ibu hamil. Madu baik untuk ibu hamil karena dapat menambah tenaga dan stamina. Vitamin C di dalam madu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, menghindari segala macam bakteri buruk yang bisa mengganggu perkembangan janin serta menjaga kulit ibu hamil tetap sehat dan cerah.
  • Meredakan batuk dan radang tenggorokan. Madu memang sudah dikenal lama sebagai obat batuk dan radang tenggorokan alami. Kandungan Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat meredakan batuk serta memberikan ketenangan saat tidur, apalagi kalau dikonsumsi saat sebelum tidur. Untuk menyembuhkan batuk, madu dapat diminum sebanyak dua sendok teh atau satu sendok makan saat pagi serta malam hari.
Madu murni dari berbagai tempat di nusantara dan berbagai macam tanaman saat ini bisa Anda temukan dengan mudah. Anda bisa langsung membeli dan merasakan manfaat baik dari madu cukup dengan mengunjungi Lemonilo.com.

Sumber:
  • Organic Facts
  • Draxe
  • Mayo Clinic

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
Oleh OT Handoko
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. ..
Oleh OT Handoko
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..