Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Manfaat Mahkota Dewa dan Cara Pengolahan yang Aman

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat mahkota dewa untuk tubuh.
Mahkota dewa merupakan salah satu jenis tanaman obat herbal yang kaya manfaat dan sudah lama digunakan oleh masyarakat. Manfaat mahkota dewa antara lain membantu tubuh untuk terhindar dari beberapa penyakit yang berbahaya. Itulah sebabnya para orang tua dulu menanam mahkota dewa sebagai bagian dari TOGA atau Tanaman Obat Keluarga.

Kelebihan tanaman mahkota dewa yaitu bisa tumbuh di tanah yang tidak begitu subur sehingga kamu tidak perlu menyediakan lahan khusus. Dengan menanam tumbuhan mahkota dewa di pekarangan rumah maka setiap saat kamu butuh tinggal petik saja. Murah dan berkhasiat.
Mahkota dewa kaya akan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh berupa flavonoid, alkaloid, saponin dan polifenol. Inilah berbagai manfaat dari mahkota dewa selengkapnya:

1. Obat Gula Darah atau Diabetes



Penyakit gula atau diabetes banyak diderita oleh orang Indonesia salah satunya karena faktor kebiasaan makan. Pola makan masyarakat kita yang biasanya mengkonsumsi 2 jenis karbohidrat atau lebih dalam 1x makan memang rentan memicu diabetes tipe 2. Nah, kamu bisa menurunkan risiko diabetes dengan menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi mahkota dewa yang terbukti mampu mengontrol dan menjaga kadar gula darah tetap normal.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol



Kolesterol jahat yang ada di dalam darah kita bisa menyebabkan datangnya penyakit berbahaya seperti jantung. Oleh sebab itu kadar kolesterol ini harus dikendalikan agar tidak menjadi berlebihan dan membahayakan kesehatan. Flavonoid yang terkandung di dalam mahkota dewa berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol serta terjadinya penumpukan lemak.

Adanya penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah akan memicu terjadinya penyumbatan. Akibatnya kamu bisa terserang stroke, jantung koroner, hipertensi dan penggumpalan darah. Selain itu saponin di dalam mahkota dewa memiliki khasiat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

3. Obat Sakit Asam Urat



Apakah kamu pernah merasa kaki pegal-pegal dan telapak kaki sakit saat digunakan untuk berjalan? Kalau iya kamu perlu waspada karena bisa saja kamu kena asam urat. Tapi jangan kuatir ada obat herbal yang cukup ampuh sebagai obat bagi penyakit asam urat yaitu mahkota dewa.Kandungan senyawa polifenol dan flavonoid pada mahkota dewa bermanfaat untuk menghambat produksi purin yang menyebabkan asam urat.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh



Di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini kamu harus bisa menjaga tingkat kekebalan tubuh dengan sebaik-baiknya. Tidak ada cara lain untuk mencegah paparan dan infeksi virus Covid selain menjaga imunitas atau kekebalan tubuh yang dilengkapi dengan protokol kesehatan.
banner consideration promotion bg blue
Mahkota dewa juga bermanfaat untuk membantu tubuh kamu meningkatkan sistem imunitasnya sehingga tidak mudah sakit. Peningkatan imunitas tersebut terutama disebabkan oleh adanya saponin yang terdapat di dalam daun dan kulit buah mahkota dewa.

5. Mencegah Munculnya Kanker



Kanker masih menjadi penyakit yang paling mengerikan hingga saat ini karena memang belum ada obatnya. Sebaiknya lakukan proteksi dini dengan meningkatkan kesehatan agar tidak terkena kanker. Penyakit kanker disebabkan oleh radikal bebas yang membuat pembelahan sel tubuh menjadi tidak terkendali.

Mahkota dewa mengandung flavonoid yang salah satu manfaatnya adalah untuk menangkal efek dari paparan radikal bebas. Dengan kemampuan tubuh menangkal radikal bebas maka kemungkinan untuk terkena kanker menjadi lebih kecil.

Cara Penggunaan Mahkota Dewa


Agar lebih mudah dan aman dikonsumsi sebagai obat herbal maka mahkota dewa diolah menjadi ekstrak yang dikemas dengan kapsul. Kamu bisa membelinya di apotik ataupun toko obat. Selain itu buah mahkota dewa juga dibuat sebagai minyak yang bisa digunakan sebagai obat luar. Kamu juga bisa menumbuk daunnya lalu balurkan pada bagian tubuh yang akan diobati.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah, itulah tadi beberapa manfaat mahkota dewa yang sangat bagus dalam menjaga kesehatan dan kondisi tubuh kita. Kamu bisa memanfaatkan mahkota dewa sebagai salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Selamat mencoba tanaman herbal yang satu ini ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.