Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Manggis Buah yang Khas Wajib Kamu Tahu. Ada 6 Manfaat Kebaikannya

Rizki Indra
Rizki Indra
31 Aug 2020
Clock Icon
3 menit
Manfaat Manggis Buah yang Khas Wajib Kamu Tahu. Ada 6 Manfaat Kebaikannya
Manggis merupakan salah satu buah khas yang memiliki tampilan menarik dengan warna ungu memesonanya. Dibalik rasanya yang manis dan masam ini, nyatanya tersimpan beragam manfaat di dalamnya. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah manggis seperti vitamin C, vitamin B2, magnesium, folat, dan xanthones membuat manggis baik untuk kesehatan tubuhmu. Inilah 6 manfaat manggis yang bisa kamu rasakan untuk tubuh: 

1. Menurunkan Berat Badan



Manfaat pertama buah manggis yang paling populer adalah membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi jus manggis secara rutin dua kali sehari akan cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih rendah.  Kemampuan buah manggis untuk menurunkan berat badan berasal dari adanya zat anti peradangan yang ada di dalamnya. Zat anti peradangan ini akan meningkatkan jalannya metabolisme lemak, sehingga bisa menjaga berat badan. 

Meskipun diklaim mampu menurunkan berat badan,jangan jadikan manggis ini sebagai satu-satunya makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Pasalnya, saat menjalankan program diet kamu juga harus memperhatikan asupan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh. Imbangi juga dengan gizi seimbang, dan olahraga yang rutin.

2. Mengontrol Tekanan Gula Darah



Manfaat manggis selanjutnya adalah berperan dalam mengendalikan kadar gula dalam darah. Hal ini karena buah manggis mengandung serat yang mampu menstabilkan kadar gula darah. Selain kandungan serat yang terdapat di dalamnya, ternyata kandungan xanthone yang ada pada buah ini juga diklaim mampu membantu menstabilkan kadar gula darah. Meskipun demikian, asumsi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Mencegah Kanker



Manfaat dari buah manggis juga bisa dirasakan untuk penyakit kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi sayur dan buah, termasuk manggis mampu membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Penelitian ini juga didasarkan pada kandungan xanthones yang terdapat dalam manggis yang bersifat antioksidan dan juga anti inflamasi, sehingga mampu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker di payudara, perut, maupun paru-paru.

4. Meredakan Radang Sendi



Manfaat manggis selanjutnya adalah membantu mengatasi radang pada persendian. Kandungan vitamin C yang terdapat pada manggis diyakini mampu mengatasi radang sendi. Selain itu, manggis sendiri diyakini mengandung zat anti radang yang dapat meredakan nyeri sendi. Meskipun demikian, hal ini juga masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Kandungan serat, mineral, xanthines, dan juga vitamin C yang terdapat pada manggis bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, mangsi juga mengandung senyawa yang bersifat anti bakteri, sehingga dengan mengkonsumsinya diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi bakteri.

6. Menjaga Kesehatan Kulit



Kandungan antioksidan dan kapasitas anti peradangan yang terdapat pada buah manggis mampu melindungi kulit dan mencegah penuaan dini. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah riset skala kecil yang dilakukan selama tiga bulan dengan memberikan 100 mg ekstrak manggis setiap harinya pada para partisipan. Hasilnya adalah, para partisipan mengalami peningkatan kelenturan kulit dan pengurangan senyawa penyebab penuaan dini secara signifikan.

Itulah enam manfaat manggis yang sayang sekali untuk dilewatkan. Dengan mengetahui berbagai manfaat ini, diharapkan kamu bisa mulai mengkonsumsi buah manggis ya! Meskipun manggis mempunyai segudang manfaat untuk tubuh dan kulit, mengkonsumsi buah manggis tidak boleh secara berlebihan. Konsultasikan ke dokter jika terdapat keluhan saat tubuh menolak respon dari mengkonsumsi manggis! 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.