Manfaat Melakukan Senam Irama bagi Kesehatan Jasmani Anda

Anda yang hobi senam aerobik mungkin tahu apa yang dimaksud dengan senam irama. Tidak jauh berbeda dengan aerobik, manfaat senam irama sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Kalau tubuh Anda selalu bugar maka tidak akan mudah terkena berbagai macam penyakit. Selain itu tubuh yang bugar akan mendukung kelancaran aktivitas harian Anda.
Apakah senam irama itu? Senam irama adalah jenis olahraga yang menggunakan lagu dalam setiap gerakannya. Pada awalnya gerakan pada senam irama dibuat dengan ritme yang lambat dan dilakukan dalam kelompok atau massal. Setelah mengalami perkembangan kemudian sejak tahun 1984 senam irama menjadi salah satu cabang pertandingan internasional. Inilah beberapa manfaat senam irama untuk kesehatan:

banner consideration shipping bg blue

1. Membakar Kalori dan Lemak

Kalau ditanya apa alasan kaum wanita ikut senam aerobik dan senam irama? Bisa dipastikan hampir semuanya akan menjawab agar tubuh tetap langsing dan terhindar dari kegemukan.  Memang alasan ini tidak salah karena dengan melakukan senam irama maka tubuh akan terus bergerak. Gerakan fisik tersebut berguna untuk membakar lemak dan kalori yang tersimpan di dalam tubuh.

2. Memperkuat Otot

Selain bermanfaat untuk membakar lemak dan kalori, Anda juga akan mendapatkan tulang yang lebih kuat dengan rajin melakukan senam irama. Semua bagian dari senam irama yaitu pemanasan, inti dan pendinginan bisa membuat otot menjadi lebih kuat.
Kalau Anda teratur mengikuti dan melakukan senam irama maka otot akan lebih lentur serta kuat. Mengapa? Karena semua gerakan dalam senam irama membutuhkan kelenturan dan kekuatan otot untuk menghasilkan gerakan yang bagus. Otot yang kuat membantu Anda tidak mudah cedera ketika melakukan aktivitas berat.

3. Meningkatkan Kerja Jantung

Gerakan dalam senam irama ada yang bertempo lambat dan ada yang cepat. Gerakan yang Anda lakukan dalam senam irama secara tidak langsung akan membantu jantung memompa darah. Ketika Anda melakukan gerakan dengan tempo yang relatif cepat maka kerja jantung juga akan meningkat.

banner consideration promotion bg blue

Jantung Anda akan memompa darah lebih cepat begitu juga sebaliknya ketika ritme lambat kerja jantung juga melambat. Itu artinya senam irama berfungsi untuk menyeimbangkan kerja jantung sehingga menjadi lebih sehat.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Apakah Anda pernah terpikirkan kalau senam irama bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak? Mungkin masih banyak yang belum tahu dengan manfaat yang satu ini. Kok bisa?
Ya, dengan melakukan senam irama maka hormon epinefrin akan menurun sehingga Anda bisa terhindar dari stres. Kalau Anda stres maka biasanya akan mengakibatkan kemampuan berpikir menjadi menurun juga. Senam irama membuat hormon penyebab stres yaitu epinefrin digantikan dengan norepinefrin, hormon anti depresi.

5. Menyehatkan dan Memperkuat Tulang

Manfaat senam irama yang terakhir adalah untuk kesehatan tulang. Memiliki tulang yang sehat sama pentingnya dengan kesehatan lainnya. Senam irama bermanfaat juga untuk membuat tulang Anda menjadi lebih sehat dan kuat. Selain memperkuat otot Anda, gerakan dalam senam irama otomatis juga akan menguatkan tulang.
Gerakan-gerakan dalam senam irama mayoritas melibatkan hampir semua anggota tubuh terutama tangan dan kaki. Dengan tulang yang kuat Anda akan lebih mudah melakukan aktivitas harian terutama yang sering melakukan pekerjaan fisik berat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa manfaat senam irama. Setelah tahu apa saja manfaat senam irama untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Dengan berbagai manfaat dari senam irama, Anda bisa menjaga kesehatan dengan lebih optimal dan bisa berolahraga dengan lebih menyenangkan.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami