Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil, Calon Ibu Harus Tahu!

Mondials Anindhita
Mondials Anindhita
03 Nov 2021
Clock Icon
5 menit
Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil, Calon Ibu Harus Tahu!

Selamat atas kehamilannya, Moms! Semoga perjalanan kehamilan dapat berjalan dengan lancar, ya. 


Nah, berbicara tentang kehamilan memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Pasalnya, saat hamil Lemomoms harus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan baik, karena dapat memengaruhi perkembangan calon buah hati di dalam kandungan. Mulai dari menjaga pola asupan makanan dan minuman, mengurangi kegiatan berat, hingga menjaga melakukan beberapa kegiatan yang bisa menunjang tumbuh kembang janin. Contohnya, seperti mendengarkan musik saat hamil. Pernah mendengar hal ini? Ya, banyak yang bilang bahwa mendengarkan musik saat hamil memiliki banyak manfaat baik untuk calon buah hati dan diri Moms sendiri. 


Manfaat Janin Mendengarkan Musik




Apakah janin di dalam kandungan bisa mendengarkan suara bahkan musik? Dilansir dari laman Whattoexpect bayi mulai bisa mendeteksi suara-suara terbatas di sekitar minggu ke-16 kehamilan. Di usia 24 minggu, telinga bagian luar, tengah, dan dalam janin berkembang semakin baik. Tak hanya itu, telinga janin pun sudah cukup dewasa, sehingga kemungkinan ia akan merespon terhadap suara bahkan kebisingan. 


Lalu apa saja manfaat yang bisa didapat janin saat calon ibu mendengarkan musik?


  1. Meningkatkan gerakan janin

Janin di dalam kandungan bisa mendengar musik yang Moms mainkan. Bahkan janin dapat merasakan getaran dari musik tersebut dan ikut bergerak selaras dengan ketukannya. Hal ini dapat meningkatkan refleks, reaksi, dan gerakan secara keseluruhan.


  1. Membantu perkembangan otak

Mendengarkan musik bisa memberikan manfaat positif untuk janin di dalam kandungan. Dilansir dari laman Unicef.org, musik memiliki peran penting dalam perkembangan otak bayi sebelum lahir. Lemomoms bisa memulai mendengarkan musik klasik, musik dengan suara lembut sebagai pengantar tidur. Hal tersebut bisa menenangkan untuk janin.


  1. Pengembangan kepribadian

Diyakini bahwa jenis musik yang Moms mainkan bisa membantu membentuk kepribadian si kecil saat nanti tumbuh dewasa. Musik yang menenangkan dinilai bisa membantu membentuk pribadi yang lebih tenang, sedangkan musik yang cukup keras cenderung membawa sifat agresif.


Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil untuk Calon Ibu




Perlu diketahui juga Lemomoms, ternyata mendengarkan musik saat hamil tidak hanya bermanfaat untuk janin di dalam kandungan, lho. Ya, mendengarkan musik saat hamil juga bisa memberikan manfaat baik bagi diri Moms. Apa saja? 


Dilansir dari laman Parenting FirstyCry, musik bisa membuat Moms menjadi lebih rileks dan tenang saat sedang merasa cemas. Pilihlah musik yang tenang atau favorit Moms sebelum tidur, hal ini juga bisa membuat si kecil dalam kandungan menjadi lebih tenang. Tak hanya itu, musik juga bisa memperat ikatan Moms dan calon buah hati. Pasalnya, musik bisa memberikan emosi positif yang nantinya bisa menciptakan rangsangan prenatal yang membantu Moms meningkatkan ikatan dengan si kecil yang belum lahir.


(Baca Juga: Posisi Tidur Ibu Hamil yang Aman Agar Tidur Lebih Nyenyak)


Ketahui Batasan Volume




Mendengarkan musik saat hamil sah-sah saja. Namun Moms juga harus tahu cara tepat memberikan musik untuk janin dalam kandungan. Misalnya, Moms harus tahu batasan volume untuk janin mendengarkan musik. Dilansir dari laman Healthline, rahim merupakan tempat yang cukup bising. Terdapat suara perut, jantung Moms yang berdetak, paru-paru terisi udara, dan sebagainya. 


Masih dari laman yang sama, saat hamil Moms harus bisa menjaga volume suara di luar sekitar 50 hingga 60 desibel atau sama kerasnya dengan percakapan normal. Sebaiknya, hindari menggunakan headphone di perut dan menggunakan earphone dengan keras, karena suara tersebut bisa mencapai ke janin yang ada di dalam kandungan.


(Baca Juga: 5 Makanan Ibu Hamil yang Enak dan Sehat Dikonsumsi)


Demikian informasi tentang mendengarkan musik saat hamil yang perlu calon Moms ketahui. Semoga dapat bermanfaat, Lemomoms!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.