Manfaat Mengkonsumsi Daging Sapi Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Daging sapi seringkali dibuat sebagai olahan berbagai macam makanan sehingga tak heran daging sapi banyak digemari oleh hampir setiap orang. Olahan-olahan dari daging sapi ini selalu terlihat lezat dan menggugah selera. Misalnya saja olahan seperti bakso, sup, semur, hingga steak. Rasanya yang lezat dan menyimpan banyak kandungan gizi yang luar biasa menjadikan manfaat daging sapi baik untuk kesehatan. Berikut manfaatnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Mengatasi Anemia

Masalah anemia merupakan kondisi ketika terjadi penurunan jumlah sel darah merah yang kemudian berkurangnya kemampuan darah dalam membawa oksigen. Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia yang membuat penderitanya mengalami kelelahan dan kelemahan.
Daging sapi sendiri merupakan sumber zat besi yang cukup kaya sehingga efektif untuk meningkatkan produksi hemoglobin darah. Terutama kandungan bentuk zat besi heme. Tubuh akan menyerap zat besi heme jauh lebih efisien daripada zat besi non-heme, yaitu jenis zat besi yang ada dalam makanan nabati.

2. Meningkatkan Massa Otot

Daging sapi dapat membantu meningkatkan massa otot. Hal ini karena adanya kandungan protein dalam daging sapi yang cukup banyak sehingga daging sapi cocok untuk otot. Protein nutrisinya dapat digunakan tubuh untuk memperbaiki dan membuat tulang, kulit, dan tulang rawan kemudian membantu membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak. Selain itu, dari semua makronutrien, protein dapat membuat kenyang dan akan mencegah kamu makan berlebih.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daging sapi mengandung karnosin yang ampuh bagi tubuh, sekitar 50% yang lebih banyak dari unggas. Karnosin merupakan asam amino yang ditemukan di seluruh tubuh dan berperan penting untuk kesehatan manusia. Karnosin juga memiliki sifat anti-glikosilasi yang dapat mengurangi bahaya dari proses yang disebut glikasi, yaitu yang bisa berpotensi menyebabkan aterosklerosis dan penyakit kronis. Selain itu, karnosin juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

banner consideration promotion bg blue

4. Meningkatkan Stamina

Daging sapi dapat meningkatkan stamina tubuh dalam berolahraga. Hal ini karena daging sapi mengandung asam amino berupa karnosin yang berguna untuk mendukung fungsi otot. Kadar karnosin yang tinggi pada otot ini akan berdampak positif bagi tubuh, seperti membuat tubuh menjadi kuat karena karnosin dapat mengurangi kelelahan dan juga meningkatkan kinerja tubuh dalam beraktivitas, khususnya saat kamu berolahraga.

5. Menjaga Berat Badan

Daging sapi dapat membantu menjaga berat badan meskipun meskipun memiliki kolesterol tinggi. Hal ini karena adanya senyawa asam linoleat terkonjugasi dan L-carnitine. Menurut sebuah penelitian, konsumsi suplemen L-carnitine dapat membantu penurunan berat badan yang bisa lebih signifikan dari kelompok yang tidak mengonsumsi. Sedangkan asam linoleat terkonjugasinya dipercaya dapat membantu penurunan lemak dengan tetap memperhatikan porsi dan cara pengolahan yang tepat.

6. Kaya Mineral

Daging sapi kaya akan kandungan mineral yang bisa membantu menghindarkan dari defisiensi mineral. Mineral sendiri sangat berguna untuk mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan manfaat daging sapi untuk kesehatan bisa diandalkan. Apalagi kalsiumnya bisa meningkatkan impul saraf dan pembekuan darah, magnesiumnya bisa menjaga tulang dan hati dan potasiumnya bisa menjaga dan memaksimalkan membran sel tubuh.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat daging sapi bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya dengan tepat. Konsumsi daging sapi sangat dianjurkan sebagai bagian dari menu harian kamu. Jadi, jangan sampai melewatkan konsumsi dari daging sapi ya Lemonizen!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami