Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Mengonsumsi Pare untuk Kesehatan Tubuh, Tertarik Coba?

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
27 Okt 2021
Clock Icon
5 menit
Manfaat pare

Pare adalah salah satu jenis sayuran yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, Afrika, India dan Amerika Selatan. Namun, sayangnya sayuran yang satu ini banyak dihindari karena rasanya yang cenderung pahit di lidah. Padahal di balik itu, manfaat pare untuk kesehatan tubuh tidak main-main, lho


Apabila  diolah dengan tepat,  rasa pahit yang ditimbulkan pare dapat dinetralisir. Umumnya, pare disajikan dalam bentuk tumisan dengan sambal atau rebusan dengan isian daging. Olahan pare ini dipercaya memiliki banyak kandungan antioksidan serta nutrisi lain untuk tubuh. Manfaat pare juga  sudah terbukti dalam berbagai penelitian. Ingin tahu manfaat pare lebih lanjut? Yuk, simak ulasan di bawah ini!


1. Kaya akan Nutrisi

Pare merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C dan vitamin A. Kandungan tersebut dapat berperan dalam penyembuhan luka, pencegahan penyakit, pembentukan tulang, hingga meningkatkan kesehatan kulit juga penglihatan. 


Dilansir dari jurnal ilmiah, di Afrika pare umumnya menjadi obat tradisional yang digunakan untuk mengobati luka di kulit seperti luka bakar, bisul, dan ruam karena mengandung senyawa flavonoid dan polifenol. Selain itu, di dalam pare juga terdapat senyawa katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 


2. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan tumpukkan plak di dalam pembuluh darah besar (arteri). Kondisi ini akan membuat jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung.


Melalui penelitian yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences,  diketahui bahwa pare terbukti menurunkan tingkat kolesterol pada tikus. Tikus yang tinggi kolesterol, diberikan ekstrak pare kemudian mengalami penurunan tingkat kolesterol jahat (LDL). 


3. Membantu Menurunkan Berat Badan


Selain berolahraga, menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan. Misalnya dengan menghindari makanan tinggi gula, makanan olahan, dan memperbanyak konsumsi sayur serta buah. Nah, salah satu jenis sayuran yang cocok dikonsumsi saat kamu ingin menurunkan berat badan adalah pare.


Pare merupakan sayur yang rendah kalori dan tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu menahan rasa kenyang sepanjang hari dan menurunkan selera makan. Dilansir dari Healthline, pare juga diketahui berperan untuk membakar lemak dalam tubuh dan mengurangi lingkaran lemak di perut.


4. Berpotensi Mencegah Kanker

Menurut penelitian, pare memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Terutama sel kanker lambung, usus besar, paru-paru, nasofaring, dan payudara. Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini menggunakan pare dalam konsentrasi yang cukup tinggi. Sehingga perlu penelitian lebih lanjut yang membuktikan bila konsumsi pare dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. 


5. Membantu Menurunkan Gula Darah

Diabetes adalah salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang orang di berbagai negara. Termasuk di Indonesia. Tetapi, kabar baiknya beberapa tahun ke belakang konsumsi pare telah terbukti dapat membantu mengatasi diabetes. 


Dalam penelitian di tahun 2014, pare terbukti dapat meningkatkan sekresi insulin yakni hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah. Dengan begitu kondisi gula darah pada pasien diabetes menjadi lebih stabil. Namun penelitian ini juga sifatnya masih terbatas dan baru dilakukan pada 40 orang saja.


6. Melawan Peradangan


Salah satu manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang paling utama adalah melawan peradangan. Dilansir dari WebMD, pare mengandung banyak senyawa polifenol yang mampu menurunkan peradangan dalam tubuh (anti-inflamasi). Semakin banyak jumlah polifenol, semakin besar efek anti-inflamasinya.


Efek Samping Pare

Bila dinikmati dalam jumlah sedang, pare bisa menjadi tambahan yang sehat dan bergizi untuk diet. Namun, mengonsumsi pare dalam jumlah tinggi atau dalam bentuk mengonsumsi suplemen, pare ternyata dapat berpotensi menimbulkan beberapa efek samping seperti mual, muntah, diare dan sakit perut. Bagi Lemonizen yang sedang hamil, konsumsi pare juga tidak dianjurkan karena belum ada penelitian yang membuktikan keamanannya bagi ibu hamil. 


Itu tadi sederet manfaat pare untuk kesehatan tubuh. Di balik rasanya yang pahit, ternyata banyak kandungan dalam pare yang berguna untuk melindungi kesehatan tubuh. Bagaimana Lemonizen, tertarik mencoba makanan yang satu ini?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.