Manfaat Minyak Ikan yang Belum Kamu Tahu

Seperti namanya, minyak ikan berasal dari berbagai jenis ikan, seperti ikan tuna, salmon, maupun berbagai jenis ikan lainnya. Minyak ikan ini menjadi salah satu bahan utama dalam suplemen makanan maupun kesehatan karena memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Apa saja manfaat minyak ikan yang belum kamu ketahui? Simak ulasannya di bawah ini.

banner consideration shipping bg blue

1. Membantu Penderita Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem saraf otak dan tulang belakang yang disebabkan oleh berbagai faktor risiko seperti genetik, umur, autoimun, dan jenis kelamin. Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi minyak ikan selama tiga bulan lebih dapat membantu pengobatan penderita multiple sclerosis. Penelitian ini dilakukan oleh Oregon Health and Science University.

2. Mencegah Penurunan Massa Otot Penderita Kanker

Pasien kanker yang sedang mengalami kemoterapi maupun pengobatan lainnya rentan kehilangan massa otot, dan konsumsi minyak ikan bisa membantu untuk mencegah adanya penurunan massa otot ini.  Penelitian menunjukkan bahwa 16 pasien yang mengkonsumsi minyak ikan dengan teratur tidak terlalu mengalami penurunan berat badan yang banyak, hal ini berbanding terbalik dengan 24 pasien lainnya yang tidak mengonsumsi minyak ikan, terjadi penurunan berat sebanyak 2,3 kilogram. 

3. Berdampak pada Kesehatan Mental

Kandungan omega-3 yang terdapat di dalam minyak ikan sangat berperan penting bagi perkembangan dan fungsi otak. Bahkan minyak ikan dipercaya mampu memperlambat dan mencegah perkembangan gangguan psikotik, seperti membantu meringankan gejala bipolar maupun gangguan kejiwaan lainnya

banner consideration promotion bg blue

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat minyak ikan selanjutnya adalah dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena dalam minyak ikan dapat mengurangi kadar lemak trigliserida yang berlebih, sehingga meningkatkan kolesterol baik HDL, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

5. Melindung Tubuh dari Efek Buruk Polusi

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, nyatanya minyak ikan juga bisa melindungi tubuh dari polusi udara yang sangat tinggi. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika dengan melibatkan sebanyak 29 orang dewasa yang sehat, kemudian dibagi menjadi dua kelompok. 
Kelompok pertama mengonsumsi 3 gram minyak ikan selama empat minggu dan kelompok kedua tidak mengkonsumsi minyak ikan sama sekali. Setelah itu,  mereka diminta diam di tempat yang terkena polusi udara selama dua jam. Hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut adalah kelompok kedua, dimana tidak mengkonsumsi minyak ikan , mendapatkan lebih banyak dampak negatif dibandingkan dengan kelompok satunya.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat minyak ikan yang sudah tidak asing lagi adalah kadungan omega-3 nya yang terkenal meningkatkan fungsi otak, sehingga membantu dalam kecerdasan anak. Selain itu, minyak ikan juga dipercaya menurunkan fungsi kognitif, dan impulsif berlebih pada anak, sehingga membuat anak lebih fokus terhadap apa yang baru didapatkannya.

7. Mengurangi Gejala Asma

Manfaat dari minyak ikan yang terakhir adalah mampu mengurangi gejala asma. Seperti yang kita tahu, saat seorang penderita asma kambuh jika tidak segera diobati bisa menimbulkan efek yang membahayakan. Dengan mengkonsumsi minyak ikan secara teratur ini mampu mengurangi gejala asma yang mungkin saja terjadi secara tiba-tiba.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tujuh manfaat minyak ikan yang jarang diketahui oleh orang. Dengan mengetahui berbagai manfaat tersebut, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi minyak ikan ya!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami