Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Mar 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan manfaat minyak kemiri.

Kemiri biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Selain digunakan untuk bumbu, kemiri juga dimanfaatkan sebagai minyak. Manfaat minyak kemiri sendiri bermacam-macam, manfaat yang paling populer yaitu sebagai minyak penumbuh atau penyubur rambut. Namun perlu Anda ketahui kemiri yang masih mentah mengandung zat beracun. Maka dari itu, untuk bisa digunakan kemiri harus diproses terlebih dahulu untuk menghilangkan zat tersebut.

Namun pada dasarnya minyak kemiri tidak menyebabkan iritasi meskipun jika terjadi kontak dengan mata sekalipun. Manfaat minyak kemiri lainnya juga bisa dijadikan bahan bakar diesel. Tidak hanya itu minyak kemiri juga dapat dijadikan pengawet kayu atau campuran cat.

Banyaknya manfaat minyak kemiri membuat tanaman satu ini banyak dibudidayakan. Bagi Anda yang ingin merawat kulit dan rambut agar lebih sehat dan indah, minyak kemiri dapat Anda jadikan pilihan. Agar Anda mengetahui lebih jauh tentang manfaat minyak kemiri untuk kulit dan rambut, berikut penjelasannya!

1. Menjadikan Rambut dan Kulit Kepala Lebih Sehat


Di dalam minyak kemiri mengandung asam amino dan asam lemak yang mampu menembus batang rambut dan kulit kepala. Sehingga membuat rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Selain itu juga minyak kemiri dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau dan tampak lebih hitam.

Mengaplikasikan minyak kemiri secara rutin ke bagian rambut dan kulit kepala juga dapat membuat rambut terasa lebih lembut dan tebal. Anda memiliki kulit kepala yang berketombe? Pas sekali minyak kemiri juga dapat mengatasi masalah kulit kepala ketombe. Anda bisa menggunakannya untuk membasmi ketombe di kulit kepala.

2. Membantu Mengurangi Rambut Rontok


Memiliki masalah rambut rontok pasti sangat mengganggu. Apalagi jika volume rambut sangat tipis dan jumlah rambut rontok cukup banyak, pasti akan membuat Anda sangat khawatir. Di dalam minyak kemiri terdapat kandungan protein dan mineral yang dapat membantu menguatkan akar rambut.

Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang cukup parah. Sebaiknya aplikasikan minyak kemiri ke rambut dan kulit kepala secara rutin. Jika perlu gunakan minyak kemiri setiap hari agar volume rambut tetap terjaga dan terhindar dari kerontokan. Selain dapat meningkatkan ketebalan rambut, minyak kemiri dapat mencegah rambut rontok mulai dari akar rambut.

3. Membantu Menjaga Kelembaban Kulit


Minyak kemiri mengandung asam lemak yang bermanfaat untuk melembabkan kulit yang kering. Asam lemak yang ada di dalamnya dapat meresap ke dalam pori-pori kulit dengan lebih mudah. Sehingga membuat kulit lebih ternutrisi dan menjadikannya menjadi lebih halus dan kenyal.

4. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari


Selain dapat membantu melembabkan kulit, minyak kemiri juga mampu melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk sinar matahari. Di dalam minyak kemiri terdapat berbagai kandungan vitamin yang diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E. Kandungan vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. Sinar matahari termasuk penyumbang utama radikal bebas yang dapat merusak kulit Anda, terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

5. Menyembuhkan Luka Pada Kulit


Tidak hanya dapat melembabkan dan melindungi kulit dari sinar matahari. Minyak kemiri juga dapat membantu proses menyembuhkan luka pada kulit. Mengoleskan minyak kemiri saat kulit mengalami pecah-pecah, iritasi ringan, eksim, lesi, jerawat, psoriasis, luka biasa atau luka bakar dapat membantu mempercepat proses penyembuhannya. Berkat kandungan asam lemak dan antioksidan yang ada di dalamnya minyak kemiri dapat membantu proses penyembuhan gangguan kulit tersebut.

Nah sekarang Anda jadi lebih tahu tentang manfaat minyak kemiri yang sangat baik untuk kulit dan rambut. Minyak kemiri memang lebih dianjurkan untuk mengatasi masalah kulit dan rambut dibandingkan penggunaan produk perawatan yang mengandung campuran bahan kimia.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.