Manfaat Okra Salah Satu Jenis Sayuran yang Baik untuk Tubuh Kita

02 Sep 2020 @ 11:36:56
Mendengar nama okra, mungkin akan terdengar asing bagi sebagian orang.  Okra sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang mirip labu gambas, tetapi sedikit lebih panjang dan meruncing di ujungnya. Meskipun tidak setenar sayuran yang lain, ternyata okra memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Lalu, apa saja sih manfaat okra untuk kesehatan tubuh kita?

1. Meredakan Asma


Manfaat okra yang pertama adalah dipercaya mampu membantu mengendalikan asma. Hal ini karena kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi dalam yang terdapat dalam sayuran ini. Merangkum dari berbagai studi, kekurangan vitamin C sendiri dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti paru-paru, maupun peradangan kronis lainnya.

Selain itu, studi yang diterbitkan oleh Journal of Allergy and Clinical Immunology juga menemukan bahwa penderita asma yang kekurangan vitamin C akan lebih rentan sering mengalami gejala kambuhan. Berdasarkan penelitian ini, maka dapat disimpulkan jika kebutuhan vitamin C harian mampu membantu mengendalikan asma.

2. Menurunkan Kolesterol


Seseorang yang menderita kolesterol harus lebih selektif lagi terhadap makanan yang dipilih. Pasalnya, kolesterol bisa berujung pada penyakit jantung koroner, stroke, bahkan gagal jantung. Okra sendiri merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Bahkan, sebuah studi yang berhasil diterbitkan oleh Global Journal of Medical Research menyebutkan bahwa okra mampu menurunkan kadar kolesterol karena kemampuannya mengikat asam empedu yang membawa racun dari hati.

Kandungan asam lemak linoleat (omega-3) yang terdapat di dalam sayuran okra dipercaya mampu memenuhi kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sembari mencegah penumpukan mencegah plak lemak pada pembuluh darah, di bawah kulit, maupun yang tersimpan pada hati.

3. Melancarkan Pencernaan



Manfaat okra selanjutnya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh studi yang dimuat dalam International Journal of Nutrition and Food Sciences. Kandungan tinggi serat tidak larut yang terdapat dalam okra mampu membantu menambah berat feses sementara juga meringankan “perjalanan”nya melewati usus hingga akhirnya dibuang. 

Di dalam okra juga terdapat kandungan anti radang yang bisa menjadi antibakteri dan mencegah permasalahan pada lambung, iritasi usus (irritable bowel syndrome/IBS), maupun masalah pencernaan lainnya.  Dalam jangka panjang, efek pembersihan usus dari asupan serat ini juga mampu menurunkan risiko kanker usus besar.

4. Mencegah Kanker



Manfaat okra yang tak kalah spesial lainnya adalah, mampu mencegah kanker. Sejumlah kandungan protein di dalamnya, salah satunya ada yang berbentuk lektin, jenis protein yang cenderung sulit untuk dicerna oleh tubuh. Lektin sendiri berpotensi untuk membunuh sel-sel kanker dan menghentikan perkembangannya.

Mengkonsumsi okra ini sendiri, mampu membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker hingga 63%, sekaligus membunuh sekitar 72% sel kanker yang sudah tumbuh. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lanjutkan untuk memastikan apakah okra memang benar-benar memiliki efek positif untuk memulihkan kanker.

5. Mencegah Gangguan Ginjal



Mengkonsumsi sayuran okra secara teratur, ternyata terbukti bisa mencegah gangguan ginjal, terutama pada pengidap diabetes. Asupan nutrisi yang didapat dari okra juga dapat membantu menghindari penyakit ginjal sebagai komplikasi diabetes. Hal ini dilansir berdasarkan studi yang diterbitkan oleh Global Journal of Medical Research. 

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa , pengidap diabetes yang makan okra setiap hari menunjukkan kerusakan ginjal yang lebih ringan ketimbang yang tidak. Hal ini tentunya menguntungkan, karena hampir 50% kasus penyakit ginjal disebabkan oleh diabetes.

Itulah lima manfaat okra yang baik untuk tubuh kita. Seperti informasi ini, okra memang memiliki berbagai kebaikan yang bisa kamu dapatkan. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran okra ya!


Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020