Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Manfaat Pull Up Bagi Kebugaran Jasmani yang Patut Dicoba

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Apr 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan badan dengan beberapa manfaat pull up.

Manfaat pull up menjadi incaran orang-orang yang rutin melakukannya. Tidak hanya sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan fisik saja, melainkan juga menstabilkan kondisi psikis orang yang melakukannya. Olahraga ini terlihat sederhana, tetapi memiliki beragam manfaat yang bisa diperoleh.

banner consideration shipping bg blue

Gerakan pull up dapat dilakukan pada palang khusus, maupun dengan memanfaatkan bagian atas kusen pintu. Seringkali, gerakan ini dijadikan momen untuk unjuk kekuatan karena umumnya hanya orang terlatih saja yang bisa melakukannya. Namun, bukan hanya sebagai cara pamer kekuatan tangan saja, ada banyak manfaat yang didapat dari pull up, seperti berikut ini.

1. Melatih Kekuatan Otot Lengan dan Bahu


Manfaat pertama dari olahraga pull up adalah untuk kekuatan otot lengan dan bahu. Bagian utama yang dilatih melalui gerakan pull up ini adalah otot lengan dan bahu. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin, maka otot bagian lengan dan bahu akan menjadi semakin kuat, sekaligus lentur. Hal ini karena seluruh beban tubuh ditumpukan pada lengan yang bergantung pada palangan.

Gerakan pull up dimulai dengan bergantung pada tumpuan berupa palang khusus. Langkah selanjutnya adalah mengangkat dan menurunkan tubuh dengan menggunakan kekuatan tangan. Apabila tidak menggunakan pull up bar, perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa tumpuan yang digunakan kuat. Jika tidak, dikhawatirkan tumpuan patah dan tubuh bisa jatuh.

2. Melatih Kekuatan Otot Punggung


Bagian lain yang mendapat tempaan melalui latihan ini adalah otot-otot yang terdapat pada punggung. Beberapa otot punggung yang dilatih melalui pull up adalah infraspinatus, trapezius, latissimus dorsi, thoracic erector spinae. Kesemuanya merupakan otot punggung yang banyak digunakan untuk menunjang gerak tubuh bagian atas.

Gerakan pull up yang memerlukan cukup banyak tenaga membuat otot-otot punggung tersebut mengalami peregangan dan pengencangan secara berulang. Hal ini membuatnya menjadi terlatih, sehingga lebih elastis. Selain itu, tubuh bagian atas, terutama lengan yang menahan berat tubuh, menjadi lebih kuat.

3. Melatih Kekuatan Genggaman


Manfaat pull up lainnya juga berpengaruh pada kekuatan genggaman tangan kita. Pada posisi bergelantungan di palang, kemudian mengangkat dan menurunkan tubuh perlahan secara berulang, kekuatan genggaman sangat diperlukan. Jika genggaman tidak kuat, tubuh dapat terjatuh. Oleh sebab itu, gerakan pull up yang dilakukan rutin dapat melatih kekuatan genggaman tangan.

banner consideration promotion bg blue

Manfaat inilah yang membuat pull up dijadikan latihan untuk olahraga yang memerlukan kekuatan genggaman tangan. Di antaranya adalah tenis, tinju, angkat besi, dan golf. Namun, tidak hanya itu saja, melatih pull up juga bermanfaat untuk memudahkan kegiatan sehari-hari, misalnya saat harus mengangkat beban berat.

4. Meningkatkan Kinerja Jantung


Manfaat pull up yang terakhir adalah untuk meningkatkan kinerja jantung. Selain melatih otot, ternyata gerakan pull up juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan, peredaran darah menjadi lancar, sehingga tekanan darah menjadi stabil dan tidak terbentuk plak dalam darah. Selain itu, latihan ini juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal inilah yang membuat kinerja jantung meningkat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai manfaat pull up untuk kesehatan. Didukung gaya hidup sehat, manfaat pull up yang rutin dilakukan dapat diraih secara optimal. Sebaiknya, latihan dimulai dengan pengulangan sedikit dahulu dan dapat ditambahkan secara bertahap, agar tubuh terbiasa. Pastikan juga agar melakukan latihan pull up ini dengan benar, untuk meminimalisir risiko cedera.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.