Manfaat Putih Telur Bagi Kulit Wajah yang Belum Kamu Ketahui

Halo Lemonizen! Tahukah kamu jika manfaat putih telur ternyata juga baik untuk kesehatan kulit wajah? Selama ini, putih telur memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mereka yang memiliki kolesterol tinggi dianjurkan hanya mengkonsumsi putih telurnya saja karena dipercaya memiliki kalori yang rendah, yaitu sebesar 16 kalori per butir. Namun, siapa sangka manfaat putih telur ternyata baik juga bagi kulit wajah.

banner consideration shipping bg blue

Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa mengaplikasikan putih telurnya langsung pada kulit wajah atau mencampurnya dengan madu, oat ataupun yogurt. Nah, lantas apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini:

1. Membantu Menghilangkan Whitehead (Komedo)

Komedo putih atau whitehead dapat terbentuk karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, sisa riasan wajah dan kotoran. Kini, kamu bisa mengatasi kondisi ini menggunakan manfaat putih telur yang dicampur dengan perasan air lemon. Namun, cara ini tidak cocok untuk yang memiliki kulit sensitif.

2. Mengurangi Garis-Garis Halus di Wajah

Mengoleskan masker dari putih telur pada wajah dapat menyamarkan garis-garis halus di area wajah kamu. Hal ini karena kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya. Manfaat vitamin A sendiri dapat meningkatkan penyembuhan luka dan membantu mengurangi keriput di wajah. Selain itu, putih telur juga mengandung selenium yang membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berasal dari paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Kamu yang memiliki lubang pori-pori besar di wajah wajib mencoba manfaat putih telur ini. Caranya, campurkan 1 sendok teh putih telur dengan 1 perasan lemon. Oleskan secara merata ke seluruh wajah atau di area yang berpori-pori besar saja. Tunggu hingga 15 menit, dan bilas menggunakan air hangat. lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu, dan pori-pori di wajah kamu akan menyusut.

banner consideration promotion bg blue

4. Bisa Kurangi Minyak Wajah

Putih telur mampu meminimalkan pori-pori di wajah sehingga putih telur juga sangat baik bagi mereka yang wajahnya berminyak. Perawatan yang dilakukan pun sama dengan perawatan cara mengecilkan pori-pori. Hanya saja, kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum melakukannya.

5. Mengatasi Bakteri Penyebab Jerawat

Jenis kulit berjerawat biasanya terjadi karena menumpuknya kotoran pada kulit dan juga produksi minyak berlebih. Kalau kamu tidak mempunyai sensitivitas terhadap putih telur, coba atasi jerawat dengan menggunakan putih telur. Kandungan asam amino dan enzim lisozim dalam putih telur bermanfaat untuk mengurangi endapan minyak, membersihkan kotoran pada kulit wajah, sekaligus mencegah timbulnya bekas jerawat.
Kamu bisa menambahkan tea tree oil  dengan campuran putih telur sebagai anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika kulitmu tidak cocok dengan tea tree oil, kamu bisa menggunakan mentimun sebagai campuran masker putih telur yang juga mampu mengatasi masalah kulit berjerawat.

6. Samarkan Bekas Jerawat dan Luka

Putih telur diklaim dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan luka yang ada di wajah. Apalagi, setelah jerawat yang kempes selalu ada bekas yang susah menghilang. Kamu bisa menggunakan masker putih telur untuk mengatasi masalah ini karena mampu mengangkat sel kulit mati. Caranya, campurkan oatmeal yang sudah dilarutkan dengan putih telur dan minyak zaitun. Gunakan sebelum tidur secara rutin, maka noda bekas jerawat akan menghilang berangsur-angsur.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat putih telur bagi kulit wajah yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk, mulai sekarang aplikasikan masker putih telur supaya mendapatkan manfaat di atas. Selamat mencoba!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami