Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Manfaat Saffron Rempah dengan Segudang Kebaikan Bagi Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Manfaat Saffron Rempah dengan Segudang Kebaikan Bagi Kesehatan
Saffron merupakan rempah yang berasal dari benang halus tipis dari bunga Crocus sativus. Saffron sendiri merupakan salah satu jenis rempah termahal di dunia. Hal ini karena cara penanaman dan pemanenannya yang rumit, selain itu juga membutuhkan berbagai teknik khusus untuk merawat bunga ini. Rempah yang sering digunakan untuk penyedap, perisa makanan, dan pewarna ini mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat saffron bagi kesehatan?

1. Membantu Pengobatan Kanker



Meskipun terkenal mahal, hal ini sebanding dengan manfaat yang ditawarkan dari sari bunga Crocus sativus ini. Manfaat saffron yang pertama adalah mampu menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian di laboratorium.

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan bernama crocin yang terdapat di dalam saffron juga membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi. Meskipun hasil penelitian ini menjanjikan, efek antikanker yang ditawarkan dalam saffron masih perlu membutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Meringankan Nyeri Haid



Manfaat saffron selanjutnya adalah khasiatnya yang bisa meredakan nyeri pada wanita yang tengah haid. Sebuah penelitian yang dilakukan pada kelompok wanita mengungkapkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kapsul berisi 15 mg saffron sebanyak 2 kali sehari mengalami gejala fisik dan emosional premenstrual syndrome (PMS)  yang lebih ringan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kapsul saffron.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika seorang wanita yang tengah mengalami haid mengkonsumsi kapsul saffron untuk meredakan rasa nyeri haid yang dialaminya.

3. Menurunkan Nafsu Makan dan Menjaga Berat Badan



Manfaat dari saffron ternyata juga bisa dirasakan untuk membantu seseorang memperoleh tubuh yang ideal. Dengan mengkonsumsi suplemen saffron ini, juga bisa membuat seseorang terjaga nafsu makannya sehingga membantu pembentukan tubuh ideal. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok wanita menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen saffron selama 8 minggu mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengkonsumsi suplemen saffron.

Selain dapat menurunkan nafsu makan dan menjaga berat badan seseorang, manfaat saffron yang lain juga bisa menurunkan lingkar perut dan massa lemak total pada pasien dengan penyakit jantung koroner.

4. Membantu dalam Pengobatan Depresi



Manfaat saffron selanjutnya adalah memperbaiki mood dan bisa membantu dalam pengobatan pasien depresi. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien yang mengidap depresi, dengan mengonsumsi suplemen saffron bisa menjadi tambahan dalam pengobatan depresi ringan hingga sedang, dengan efek samping yang cenderung minimal. Tidak hanya itu, saffron juga memiliki sifat antioksidan, anti radang, dan neuroproteksi (perlindungan pada saraf).

5. Menangkal Radikal Bebas



Saffron mengandung berbagai komponen antioksidan yang juga bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas yang masuk dalam tubuh ini bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker yang merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi.

Di era pandemi covid seperti ini, suplemen saffron juga bisa meningkatkan imunitas tubuhmu dan melindungi dari virus yang mengancam kesehatan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi suplemen saffron, maupun menjadikannya olahan dalam masakanmu.

Itulah lima manfaat saffron yang menghadirkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa memperoleh memperoleh berbagai manfaat baik dari saffron ini dengan mengkonsumsinya dalam berbagai bentuk, contohnya adalah seperti suplemen. 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.