Manfaat Saffron Rempah dengan Segudang Kebaikan Bagi Kesehatan

Saffron merupakan rempah yang berasal dari benang halus tipis dari bunga Crocus sativus. Saffron sendiri merupakan salah satu jenis rempah termahal di dunia. Hal ini karena cara penanaman dan pemanenannya yang rumit, selain itu juga membutuhkan berbagai teknik khusus untuk merawat bunga ini. Rempah yang sering digunakan untuk penyedap, perisa makanan, dan pewarna ini mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat saffron bagi kesehatan?

banner consideration shipping bg blue

1. Membantu Pengobatan Kanker

Meskipun terkenal mahal, hal ini sebanding dengan manfaat yang ditawarkan dari sari bunga Crocus sativus ini. Manfaat saffron yang pertama adalah mampu menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian di laboratorium.
Tidak hanya itu, kandungan antioksidan bernama crocin yang terdapat di dalam saffron juga membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi. Meskipun hasil penelitian ini menjanjikan, efek antikanker yang ditawarkan dalam saffron masih perlu membutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Meringankan Nyeri Haid

Manfaat saffron selanjutnya adalah khasiatnya yang bisa meredakan nyeri pada wanita yang tengah haid. Sebuah penelitian yang dilakukan pada kelompok wanita mengungkapkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kapsul berisi 15 mg saffron sebanyak 2 kali sehari mengalami gejala fisik dan emosional premenstrual syndrome (PMS)  yang lebih ringan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kapsul saffron.
Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika seorang wanita yang tengah mengalami haid mengkonsumsi kapsul saffron untuk meredakan rasa nyeri haid yang dialaminya.

3. Menurunkan Nafsu Makan dan Menjaga Berat Badan

Manfaat dari saffron ternyata juga bisa dirasakan untuk membantu seseorang memperoleh tubuh yang ideal. Dengan mengkonsumsi suplemen saffron ini, juga bisa membuat seseorang terjaga nafsu makannya sehingga membantu pembentukan tubuh ideal. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok wanita menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen saffron selama 8 minggu mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengkonsumsi suplemen saffron.

banner consideration promotion bg blue

Selain dapat menurunkan nafsu makan dan menjaga berat badan seseorang, manfaat saffron yang lain juga bisa menurunkan lingkar perut dan massa lemak total pada pasien dengan penyakit jantung koroner.

4. Membantu dalam Pengobatan Depresi

Manfaat saffron selanjutnya adalah memperbaiki mood dan bisa membantu dalam pengobatan pasien depresi. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien yang mengidap depresi, dengan mengonsumsi suplemen saffron bisa menjadi tambahan dalam pengobatan depresi ringan hingga sedang, dengan efek samping yang cenderung minimal. Tidak hanya itu, saffron juga memiliki sifat antioksidan, anti radang, dan neuroproteksi (perlindungan pada saraf).

5. Menangkal Radikal Bebas

Saffron mengandung berbagai komponen antioksidan yang juga bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas yang masuk dalam tubuh ini bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker yang merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi.
Di era pandemi covid seperti ini, suplemen saffron juga bisa meningkatkan imunitas tubuhmu dan melindungi dari virus yang mengancam kesehatan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi suplemen saffron, maupun menjadikannya olahan dalam masakanmu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat saffron yang menghadirkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa memperoleh memperoleh berbagai manfaat baik dari saffron ini dengan mengkonsumsinya dalam berbagai bentuk, contohnya adalah seperti suplemen. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami