Manfaat Sereh Selain Sebagai Penyedap Masakan

08 Mei 2020 @ 14:50:28
Sereh adalah tanaman jenis rumput yang mempunyai banyak manfaat. Bukan hanya untuk penyedap masakan, tapi sereh juga bisa menjadi bahan membuat minuman. Hal ini karena kandungan sereh yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya itu, dari segi rasa pun tak perlu diragukan lagi kesegaran wedang sereh. Yuk, intip manfaat sereh selain sebagai penyedap masakan berikut ini! 

1. Mengusir Bau Amis Pada Makanan 



Seringkali sereh dipakai untuk berbagai jenis masakan dengan bahan yang amis. Hal ini tentu saja karena sereh bisa mengusir bau tak sedap dari bahan amis seperti ikan, ayam, kambing, dan daging sapi. Hanya perlu tambahkan sejumlah batang serai maka, bau amis atau tak sedap dari ikan maupun daging akan sirna. Beberapa masakan yang biasanya menggunakan sereh ialah tongseng, kuah soto, gulai, brongkos, dan lainnya. 

2. Memberikan Aroma Harum Pada Masakan dan Minuman 



Selain mengusir bau amis, manfaat sereh yang lain ialah membuat aroma sedap pada masakan dan minuman. Khususnya pada jenis masakan yang memerlukan banyak bumbu seperti, soto, opor, gulai, dan kare. Sedangkan untuk minuman biasanya yang berjenis diseduh dalam keadaan panas seperti, bandrek, bajigur, dan sorbat. Apabila masakan dan minuman tersebut ditambahkan sereh, niscaya hasil akhirnya akan mengeluarkan aroma yang sedap sekaligus menggugah selera. 

3. Menyehatkan Gigi 



Sereh juga bisa membuat gigi menjadi lebih sehat. Berdasarkan catatan kesehatan yang diumumkan oleh Journal of Clinical and Diagnostic Research, ada 12 herbal dari sereh yang bisa mencegah tumbuhnya bakteri. Tentu termasuk bakteri penyebab gigi berlubang yaitu, Streptococcus sanguinis. 

Jadi, sereh bisa meredakan rasa sakit seperti contoh sakit ketika menderita cedera dan demam. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Hanya perlu ambil batang sereh secukupnya yang kemudian dikunyah. Atau bisa juga dengan mencampurkannya ke dalam masakan atau minuman. 

4. Meringankan Gejala Sebelum Menstruasi 



Sereh yang diolah sebagai minuman teh, dipercaya mampu meringankan adanya gejala sebelum menstruasi atau pre menstruasi pada wanita. Rasa kram dan kembung yang seringkali dirasakan wanita bisa sedikit teratasi dengan konsumsi teh sereh ini. Namun, masih perlu diadakan penelitian lebih lanjut terkait manfaat dari sereh untuk premenstruasi ini. 

5. Membantu Dalam Proses Penurunan Berat Badan 



Sereh mempunyai zat yang dapat membuat perut menjadi rileks dan menjaga fungsi pencernaan tetap teratur. Kandungan komponen sereh yang disebut citral ternyata dapat membantu proses mencerna makanan. Oleh karena itu, biasanya dihidangkan sesudah makan malam. Selain itu, khasiat sereh yang baik untuk pencernaan juga bisa membuat sereh menjadi asupan untuk membantu menurunkan berat badan. 

Hanya saja, perlu diingat bahwa sereh tidak bisa dikonsumsi sendirian untuk menurunkan berat badan. Karena jika dikonsumsi secara berlebih bisa menimbulkan efek samping yang buruk bagi tubuh. 

Selain kelima hal diatas, sereh juga bisa digunakan untuk mencegah keputihan pada wanita, meredakan sakit perut, dan sakit kepala. Namun tetap diperlukan penelitian lanjutan perihal manfaat dari sereh tersebut. 

Nah, itulah ulasan tentang sejumlah manfaat sereh selain sebagai penyedap masakan. Setelah membaca informasi ini, tentu sekarang sudah tahu bukan manfaat dari sereh yang sesungguhnya bagi kesehatan. 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020