Manfaat Sereh Selain Sebagai Penyedap Masakan

Sereh adalah tanaman jenis rumput yang mempunyai banyak manfaat. Bukan hanya untuk penyedap masakan, tapi sereh juga bisa menjadi bahan membuat minuman. Hal ini karena kandungan sereh yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya itu, dari segi rasa pun tak perlu diragukan lagi kesegaran wedang sereh. Yuk, intip manfaat sereh selain sebagai penyedap masakan berikut ini! 

1. Mengusir Bau Amis Pada Makanan 

Seringkali sereh dipakai untuk berbagai jenis masakan dengan bahan yang amis. Hal ini tentu saja karena sereh bisa mengusir bau tak sedap dari bahan amis seperti ikan, ayam, kambing, dan daging sapi. Hanya perlu tambahkan sejumlah batang serai maka, bau amis atau tak sedap dari ikan maupun daging akan sirna. Beberapa masakan yang biasanya menggunakan sereh ialah tongseng, kuah soto, gulai, brongkos, dan lainnya. 

2. Memberikan Aroma Harum Pada Masakan dan Minuman 

Selain mengusir bau amis, manfaat sereh yang lain ialah membuat aroma sedap pada masakan dan minuman. Khususnya pada jenis masakan yang memerlukan banyak bumbu seperti, soto, opor, gulai, dan kare. Sedangkan untuk minuman biasanya yang berjenis diseduh dalam keadaan panas seperti, bandrek, bajigur, dan sorbat. Apabila masakan dan minuman tersebut ditambahkan sereh, niscaya hasil akhirnya akan mengeluarkan aroma yang sedap sekaligus menggugah selera. 

3. Menyehatkan Gigi 

Sereh juga bisa membuat gigi menjadi lebih sehat. Berdasarkan catatan kesehatan yang diumumkan oleh Journal of Clinical and Diagnostic Research, ada 12 herbal dari sereh yang bisa mencegah tumbuhnya bakteri. Tentu termasuk bakteri penyebab gigi berlubang yaitu, Streptococcus sanguinis. 
Jadi, sereh bisa meredakan rasa sakit seperti contoh sakit ketika menderita cedera dan demam. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Hanya perlu ambil batang sereh secukupnya yang kemudian dikunyah. Atau bisa juga dengan mencampurkannya ke dalam masakan atau minuman. 

4. Meringankan Gejala Sebelum Menstruasi 

Sereh yang diolah sebagai minuman teh, dipercaya mampu meringankan adanya gejala sebelum menstruasi atau pre menstruasi pada wanita. Rasa kram dan kembung yang seringkali dirasakan wanita bisa sedikit teratasi dengan konsumsi teh sereh ini. Namun, masih perlu diadakan penelitian lebih lanjut terkait manfaat dari sereh untuk premenstruasi ini. 

5. Membantu Dalam Proses Penurunan Berat Badan 

Sereh mempunyai zat yang dapat membuat perut menjadi rileks dan menjaga fungsi pencernaan tetap teratur. Kandungan komponen sereh yang disebut citral ternyata dapat membantu proses mencerna makanan. Oleh karena itu, biasanya dihidangkan sesudah makan malam. Selain itu, khasiat sereh yang baik untuk pencernaan juga bisa membuat sereh menjadi asupan untuk membantu menurunkan berat badan. 
Hanya saja, perlu diingat bahwa sereh tidak bisa dikonsumsi sendirian untuk menurunkan berat badan. Karena jika dikonsumsi secara berlebih bisa menimbulkan efek samping yang buruk bagi tubuh. 
Selain kelima hal diatas, sereh juga bisa digunakan untuk mencegah keputihan pada wanita, meredakan sakit perut, dan sakit kepala. Namun tetap diperlukan penelitian lanjutan perihal manfaat dari sereh tersebut. 
Nah, itulah ulasan tentang sejumlah manfaat sereh selain sebagai penyedap masakan. Setelah membaca informasi ini, tentu sekarang sudah tahu bukan manfaat dari sereh yang sesungguhnya bagi kesehatan. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami