Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Mulut dan Gigi, Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan mulut dan gigi dengan manfaat siwak.
Saat ini, umumnya orang-orang membersihkan gigi menggunakan sikat dan pasta gigi. Namun dalam agama Islam disunnahkan untuk memakai siwak untuk membersihkan mulut dan gigi. Siwak sendiri terbuat dari ranting atau akar pohon Salvadora Persica dengan menggabungkan fungsi sikat dan pasta gigi. Menurut beberapa penelitian manfaat siwak ternyata sangat baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya:
banner consideration shipping bg blue

1. Mencegah Gigi Rusak



Gigi akan mengalami kerusakan ketika enamel gigi mengalami kerusakan. Hal ini karena bakteri di rongga mulut menggunakan pati dan gula dari makanan untuk menghasilkan asam sehingga menghilangkan enamel. Sedangkan kandungan fluoride dalam siwak dapat memerangi kerusakan gigi tersebut dengan memperkuat enamel gigi berkat kandungan natrium klorida, natrium bikarbonat, dan kalsium oksida.

2. Mencegah Karang dan Plak Gigi



Plak terjadi saat bakteri tumbuh dan berkembang biak di gigi dan gusi. Plak yang menumpuk inilah yang membentuk karang gigi dan biasanya berwarna kuning menempel di sela gigi dan gusi. Untuk mencegahnya, kamu harus membersihkan gigi dan gusi dengan menggunakan siwak. Kandungan antibakteri dalam siwak dapat mencegah bakteri tumbuh dan berkembang biak di gigi dan gusi kamu.

3. Mencegah Bau Mulut



Bau mulut secara medis dikenal dengan halitosis, yang disebabkan oleh makanan sehingga munculnya penyakit gigi dan gusi. Kurangnya jumlah air liur juga dapat menyebabkan bau mulut. Selain digunakan untuk menyikat gigi, manfaat siwak juga untuk mencegah bau mulut tidak sedap. Kayu siwak mengandung antibakteri alami yang sifatnya mampu meningkatkan produksi air liur sehingga efektif untuk mencegah terjadinya bau mulut.
banner consideration promotion bg blue

4. Memperkuat Gusi



Gusi adalah jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan membantu menjaga gigi selalu dalam kondisi baik. Maka, segala masalah yang terjadi pada gusi dapat mempengaruhi kondisi gigi kamu. Apabila kamu rutin bersiwak, bahan alami yang ada di dalamnya dapat secara signifikan mengoptimalkan kesehatan gusi sehingga radang gusi dan periodontitis tidak akan terjadi.

5. Melawan Bakteri



Banyak penelitian yang telah dilakukan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), mereka menemukan bahwa siwak telah terbukti mengandung sejumlah senyawa antibakteri alami yang secara aktif melawan pertumbuhan bakteri di rongga mulut. Karenanya, orang yang bersiwak secara teratur lebih sedikit mengalami masalah kesehatan rongga mulut daripada mereka yang hanya menggunakan sikat dan pasta gigi saja.

6. Antikanker dan Analgesik Alami



Siwak di dalamnya terkandung antioksidan berupa peroksidase, katalase, dan polifenol oksidase sebagai antikanker. Selain itu, siwak juga memiliki bahan aktif yang bersifat analgesik atau penghilang rasa sakit yang dapat membantu mengatasi peradangan dan rasa sakit, terutama di area gusi.

Lalu, bagaimana cara memakai siwak? Sebenarnya, cara menggunakan siwak untuk menyikat gigi cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakannya seperti sedang menyikat gigi biasa. Berikut langkah-langkah menggunakan siwak untuk membersihkan gigi:

  • Potong sedikit dan kupas ujung siwak sekitar 1 cm.
  • Kunyah atau geprek ujung siwak yang dikupas sampai serat batangnya terurai dan membentuk bulu seperti sikat.
  • Jika sudah rendam siwak dalam air.
  • Bersihkan gigi dan gusi dengan bagian siwak yang sudah berbentuk bulu tersebut.
  • Apabila bulu siwak sudah mulai tipis, kamu bisa memotong dan membuang sisa bulu seratnya. Kupas lagi ujung kulit siwak dan bentuk bulu sikat baru.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut yang bisa kamu peroleh dengan menggunakannya secara rutin. Ternyata tanpa disadari ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari siwak, termasuk untuk kesehatan gigi dan bau mulut lho. Mulai sekarang kamu bisa menggunakan siwak sebagai pelengkap dari penggunaan pasta gigi.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.