Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Timun Suri untuk Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh wajib diketahui.

Nama timun suri tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Buah yang umum dijadikan sajian untuk berbuka puasa ini memiliki banyak nutrisi dan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah yang masuk dalam famili labu kuning ini dapat membantu mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari yang tidak berbahaya hingga penyakit berbahaya yang dapat memicu kematian. Berikut manfaat timun suri yang wajib kamu ketahui.

banner consideration shipping bg blue

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Sistem imun dapat didefinisikan sebagai kekuatan atau daya tahan tubuh terhadap suatu serangan dari virus atau bakteri asing yang dapat menimbulkan penyakit. Masuknya substansi asing dalam tubuh yang membawa penyakit ini dapat merugikan diri kita. Untuk itu, kamu membutuhkan asupan gizi atau makanan yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya adalah timun suri.


Timun suri memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan vitamin ini mendorong produksi sel darah putih seperti limfosit dan fagosit yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi atau penyakit. Tidak hanya itu saja, vitamin C dalam timun suri dapat membantu mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar asam urat, melindungi se imun, menangkal radikal bebas, dan menyerap zat besi.

2. Mencegah Anemia


Anemia atau kekurangan darah adalah salah satu gangguan kesehatan yang sudah cukup umum dialami. Saat mengalami anemia, tubuh tidak memiliki cukup darah yang mengandung oksigen. Dampaknya, kamu akan merasa pusing, lemas, mudah lelah, dan sakit kepala.

Timun suri menjadi salah satu buah yang dapat mencegah anemia atau kekurangan darah. Kandungan zat besi pada timun suri dapat membantu mencegah anemia. Zat besi merupakan salah satu asupan penting dari hemoglobin yang dapat membantu mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

3. Mencegah Alzheimer


Alzheimer adalah salah satu penyakit otak yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat, perubahan perilaku secara bertahap, hingga hilangnya kemampuan untuk bicara dan berpikir. Umumnya, Alzheimer dialami oleh para lansia atau lanjut usia. Penyakit ini terbilang cukup berbahaya dan wajib bisa menyerang siapa saja. Untuk menghindari Alzheimer, kamu membutuhkan asupan vitamin K yang cukup.

banner consideration promotion bg blue

Vitamin K berperan penting dalam peningkatan massa tulang dan pengembangan osteotrofik pada bagian persendian. Tidak hanya itu saja, vitamin K dapat membantu meminimalisir kerusakan saraf pada otak. Timun suri memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Jumlah vitamin K yang terdapat dalam timun suri dapat mencukupi kebutuhan yang diperlukan tubuh dalam mencegah Alzheimer.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan


Sistem pencernaan seringkali mengalami gangguan seperti sembelit dan diare. Ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan pencernaan seperti pola makan buruk, kurang minum, hingga kurang berolahraga. Memperbaiki pola makan, menjalani pola hidup sehat, dan rutin mengkonsumsi timun suri dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Timun suri memiliki banyak kandungan air dan serat yang dapat membuat kinerja sistem pencernaan menjadi lebih baik. Buang air besar pun menjadi lebih lancar karena sistem pencernaan bekerja dengan baik.

5. Membantu Meminimalisir Kanker


Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja. Timun suri mengandung zat antikanker yang dapat meminimalisir timbulnya penyakit kanker. Kandungan saponin dalam timun suri dikenal efektif dalam mencegah kanker.

Saponin adalah zat anti mikroba atau anti bakteri yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak hanya meminimalisir kanker, saponin dapat menjadi anti fungi, anti peradangan, menyembuhkan diare, disentri, bisul, sariawan, dan keputihan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah manfaat timun suri untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Timun suri dapat dengan mudah ditemukan di pasar. Kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.