Manfaat Timun Wajib Kamu Tahu. Ada 7 Manfaat Kebaikannya Bagi Tubuh Kita

31 Aug 2020 @ 09:55:59
Sayuran yang memiliki nama latin Cucumis sativus atau yang lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan timun ini umumnya tersedia sebagai pelengkap di dalam lalapan, acar, atau salad. Meskipun dianggap sebagai sayuran pelengkap, tahukah kamu ternyata timun menyimpan banyak manfaat untuk tubuh! Manfaat itu membuat timun sangat baik untuk kamu konsumsi dalam konsumsi makanan kamu sehari-hari. Inilah 7 manfaat timun bagi tubuh kamu: 

1. Menjaga Kesehatan Ginjal



Manfaat timun yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Buah mentimun mengandung fluorin, silikon, dan kalium rendah kalori, sehingga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Untuk mendapatkan manfaat mentimun yang satu ini cukup mudah. Kamu cukup mengkonsumsi air perasan buah mentimun segar. Lakukan cara ini setiap hari sampai lambung terasa menerima cairan mentimun.

2. Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi



Buah mentimun mengandung 95,2 persen air, yang berarti bahwa 5 ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Hal ini berarti bahwa sekitar 26% asupan air harian dalam tubuh terpenuhi dengan hanya mengkonsumsi buah mentimun. Sehingga dalam hal ini, mentimun bisa membantu menjaga tubuhmu tetap terhidrasi.

Jika kamu bosan mengonsumsi air putih, cukup masukan potongan mentimun ke dalam botol minuman seperti saat membuat infused water. Dengan begitu rasa tambahan mentimun akan menambah cita rasa segar sehingga membuat tubuh ingin mengonsumsi air putih lebih banyak lagi.

3. Menghambat Pertumbuhan Kanker



Manfaat mentimun selanjutnya yang jarang diketahui orang adalah, ternyata buah ini mampu menghambat pertumbuhan kanker. Hal ini dikarenakan dalam mentimun terkandung lignan dan cucurbitacin yang mampu melindungi tubuh dari kanker. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan flavonoid fisetin dalam mentimun dipercaya mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat.

4. Menurunkan Tekanan Darah



Manfaat timun selanjutnya juga bisa dirasakan untuk menurunkan tekanan darat. Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam mentimun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kalium dapat mengatur jumlah garam pada ginjal. Itulah mengapa banyak orang hipertensi menjadikan mentimun sebagai cemilannya untuk menurunkan tekanan darahnya.

5. Detoksifikasi Tubuh Alami



Manfaat mentimun selanjutnya adalah sebagai detoksifikasi tubuh atau zat yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki sifat diuretik yang bisa memicu produksi air seni. Dari sinilah, bakteri maupun racun-racun dan zat hasil metabolisme dalam tubuh akan keluar bersama air seni.
Selain itu, mentimun juga mampu melawan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer, jantung, maupun menurunkan daya penglihatan serta diabetes.

6. Mengatasi Bengkak pada Mata



Manfaat mentimun yang familiar pada masyarakat adalah mampu mengurangi mata panda karena seringnya menatap layar pada komputer maupun gadget. Mata bengkak juga dapat disebabkan karena kurang tidur. Untuk itu, kamu bisa mengatasi noda hitam pada mata dengan irisan mentimun lalu taruh pada kedua mata. Kamu bisa menunggu sambil berbaring selama 15 menit.

7. Merawat Kulit



Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, nyatanya mentimun juga mampu merawat kulit yang berjerawat. Hal ini karena dalam mentimun mengandung vitamin B5 yang seringkali digunakan pada produk penghilang jerawat. Caranya cukup mudah. Kamu bisa menghaluskan mentimun, lalu mengoleskannya pada kulit wajah. Tunggu sampai kurang lebih 15-20 menit, lalu bersihkan wajah dengan air mengalir.

Itulah tujuh manfaat timun yang wajib kamu tahu. Ternyata, buah yang sering dijadikan pelengkap makanan ini memiliki segudang khasiat untuk tubuh kamu. Jadi, jangan sampai mengabaikan kebaikan dari mentimun ya! 

Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020