Manfaat Timun Wajib Kamu Tahu. Ada 7 Manfaat Kebaikannya Bagi Tubuh Kita

Sayuran yang memiliki nama latin Cucumis sativus atau yang lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan timun ini umumnya tersedia sebagai pelengkap di dalam lalapan, acar, atau salad. Meskipun dianggap sebagai sayuran pelengkap, tahukah kamu ternyata timun menyimpan banyak manfaat untuk tubuh! Manfaat itu membuat timun sangat baik untuk kamu konsumsi dalam konsumsi makanan kamu sehari-hari. Inilah 7 manfaat timun bagi tubuh kamu: 

banner consideration shipping bg blue

1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat timun yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Buah mentimun mengandung fluorin, silikon, dan kalium rendah kalori, sehingga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Untuk mendapatkan manfaat mentimun yang satu ini cukup mudah. Kamu cukup mengkonsumsi air perasan buah mentimun segar. Lakukan cara ini setiap hari sampai lambung terasa menerima cairan mentimun.

2. Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Buah mentimun mengandung 95,2 persen air, yang berarti bahwa 5 ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Hal ini berarti bahwa sekitar 26% asupan air harian dalam tubuh terpenuhi dengan hanya mengkonsumsi buah mentimun. Sehingga dalam hal ini, mentimun bisa membantu menjaga tubuhmu tetap terhidrasi.
Jika kamu bosan mengonsumsi air putih, cukup masukan potongan mentimun ke dalam botol minuman seperti saat membuat infused water. Dengan begitu rasa tambahan mentimun akan menambah cita rasa segar sehingga membuat tubuh ingin mengonsumsi air putih lebih banyak lagi.

3. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Manfaat mentimun selanjutnya yang jarang diketahui orang adalah, ternyata buah ini mampu menghambat pertumbuhan kanker. Hal ini dikarenakan dalam mentimun terkandung lignan dan cucurbitacin yang mampu melindungi tubuh dari kanker. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan flavonoid fisetin dalam mentimun dipercaya mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat.

banner consideration promotion bg blue

4. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat timun selanjutnya juga bisa dirasakan untuk menurunkan tekanan darat. Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam mentimun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kalium dapat mengatur jumlah garam pada ginjal. Itulah mengapa banyak orang hipertensi menjadikan mentimun sebagai cemilannya untuk menurunkan tekanan darahnya.

5. Detoksifikasi Tubuh Alami

Manfaat mentimun selanjutnya adalah sebagai detoksifikasi tubuh atau zat yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki sifat diuretik yang bisa memicu produksi air seni. Dari sinilah, bakteri maupun racun-racun dan zat hasil metabolisme dalam tubuh akan keluar bersama air seni.
Selain itu, mentimun juga mampu melawan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer, jantung, maupun menurunkan daya penglihatan serta diabetes.

6. Mengatasi Bengkak pada Mata

Manfaat mentimun yang familiar pada masyarakat adalah mampu mengurangi mata panda karena seringnya menatap layar pada komputer maupun gadget. Mata bengkak juga dapat disebabkan karena kurang tidur. Untuk itu, kamu bisa mengatasi noda hitam pada mata dengan irisan mentimun lalu taruh pada kedua mata. Kamu bisa menunggu sambil berbaring selama 15 menit.

7. Merawat Kulit

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, nyatanya mentimun juga mampu merawat kulit yang berjerawat. Hal ini karena dalam mentimun mengandung vitamin B5 yang seringkali digunakan pada produk penghilang jerawat. Caranya cukup mudah. Kamu bisa menghaluskan mentimun, lalu mengoleskannya pada kulit wajah. Tunggu sampai kurang lebih 15-20 menit, lalu bersihkan wajah dengan air mengalir.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tujuh manfaat timun yang wajib kamu tahu. Ternyata, buah yang sering dijadikan pelengkap makanan ini memiliki segudang khasiat untuk tubuh kamu. Jadi, jangan sampai mengabaikan kebaikan dari mentimun ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami