Mau Menghindari Penyakit dan Kegemukan? Tidur Cukup Rahasianya!

28 Aug 2017 @ 18:15:53
Mau Menghindari Penyakit dan Kegemukan? Tidur Cukup Rahasianya!
Apa yang membuat tubuh Anda selalu sehat dan bugar? Gaya hidup sehat dan olahraga yang cukup adalah dua hal yang mungkin terbersit di pikiran Anda. Jawaban Anda tidak salah! Dalam melakukan gaya hidup sehat, ada dua hal penting yang harus Anda lakukan: makan sehat dan tidur sehat. 

Makanan sehat membantu tubuh Anda untuk mendapatkan nutrisi dan kecukupan gizi seimbang yang penting untuk metabolisme tubuh. Sementara itu, olahraga teratur membantu membakar kalori serta lemak berlebih di dalam tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa tidur yang sehat juga sangat penting untuk tubuh dan jiwa kita, dan bahkan bisa membantu mencegah penyakit berbahaya? Yuk, simak lebih lanjut untuk mengetahui apa itu tidur sehat! 

Tidur Sehat = Tidur Cukup

Berdasarkan penelitian yang berasal dari 320 artikel, National Sleep Foundation (NSP) menyatakan bahwa manusia berumur 18 hingga 64 tahun membutuhkan waktu tidur antara 7 hingga 9 jam setiap harinya. 

NSP juga menyatakan bahwa kebutuhan tidur untuk setiap rentang umur berbeda-beda. Anak-anak berumur 6 hingga 9 tahun membutuhkan waktu tidur antara 9 hingga 11 jam perhari. Remaja berusia 10 hingga 17 tahun membutuhkan waktu tidur 8 hingga 10 jam. Sementara itu, manusia di atas 65 tahun membutuhkan waktu tidur antara 7 hingga 8 jam. 

Adalah sangat penting untuk memastikan kita memiliki tidur yang cukup. Kekurangan waktu tidur selama beberapa hari berturut-turut akan membuat kita menjadi letih, tidak dapat berkonsentrasi, depresi, merasa was-was, dan jika terus berlanjut bisa meningkatkan resiko diabetes, darah tinggi, dan kegemukan. Sama halnya dengan kebanyakan tidur, yang ternyata juga bisa memicu masalah yang sama. 

Tidur Telat = Biang Masalah

Ternyata, waktu tidur juga menjadi salah satu faktor penting dalam menjalani hidup sehat. Studi dari Feinberg School of Medicine, Universitas Northwestern yang melibatkan 96 responden berumur 18-50 tahun membuktikan bahwa tidur telat atau begadang bisa memicu obesitas. Responden yang sering begadang ternyata terpicu untuk melakukan trifecta of unhealthy decisions yaitu sering makan junk food, jarang mengonsumsi sayur-sayuran, dan jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.
  
Kebiasaan begadang seseorang juga berkaitan erat dengan kebiasaan ngemil. Pasalnya, aktivitas begadang sering disertai dengan kebiasaan mengonsumsi makanan-makanan tidak sehat yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Jadi, hati-hati jika sering begadang karena kebiasaan ini bisa menjadi pemicu bertambahnya berat badan secara tidak sehat yang menjadi penyebab obesitas. 

Tiga Langkah Tidur Berkualitas

Jadi, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa waktu tidur dan lamanya tidur kita sangatlah penting untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Agar lebih mudah mencapai tidur sehat yang berkualitas, simak 3 tips ala Lemonilo di bawah ini! 

  • Biasakan Makan Malam Ringan
Jika kamu terbiasa untuk mengonsumsi makan malam yang berat, niscaya kamu akan kesulitan untuk tidur. Karenanya, biasakan mengonsumsi makan malam ringan seperti buah-buahan. Di sisi lain, tubuh kita sebenarnya tidak membutuhkan makanan yang terlalu berat di malam hari. Dengan begitu, pencernaanmu tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mengolah asupanmu di malam hari dan tubuhmu bisa bersiap-siap untuk beristirahat. 

  • Hindari Kafein
Sebagaimana yang kita ketahui, kafein merupakan suatu stimulan yang dapat membuat kita terbangun dan “melek.” Karenanya, hindarilah mengonsumsi produk yang mengandung kafein (yang dapat ditemukan di dalam kopi, teh, cokelat, cola, dan beberapa jenis obat-obatan) setidaknya 4-6 jam sebelum tidur. 

  • Ciptakan dan Lakukan Ritual Sebelum Tidur
Ciptakan suatu ritual yang menjadi transisi antara waktu beraktivitas dan waktu tidur dan hindari aktivitas yang bisa memicu stress. Aktivitas seperti membuka pekerjaan di malam hari atau mendiskusikan suatu hal yang menimbulkan emosi dapat memicu hormon stress cortisol, yang dapat meningkatkan kewaspadaan Anda dan membuat sulit tidur. 

Contoh ritual yang dapat Anda lakukan untuk bertransisi ke waktu tidur adalah bersih-bersih, menggunakan essential oil, membaca buku ringan yang dapat membuat Anda merileks-kan pikiran, serta mengenakan baju tidur yang nyaman. Teteskan atau semprotkan essential oil ke tempat tidur atau baju tidur Anda untuk menciptakan efek relaksasi dan menenenangkan. Dapatkan varian essential oil terbaik untuk tidur Anda di Lemonilo dan beragam baju tidur dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau di Sale Stock.

Untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia, tidur merupakan hal yang harus kita perhatikan. Karenanya, selamat tidur sehat!


Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Suka Dengan Virgin Coconut Oil? Begini Cara Menggunakannya!
Dalam menjadikan tubuh Anda selalu sehat, Anda perlu memasukkan Virgin Coconut Oil (VCO) ke dalam menu harian Anda. Tid..
OT Handoko
14 Oktober 2017
Jalani Hidup Sehat dengan Yoghurt Setiap Hari
Menjalani pola hidup sehat secara konsisten itu tidak sulit. Jika Anda memulainya sejak hari ini, pasti Anda semakin cep..
OT Handoko
04 Agustus 2017
4 Kebiasaan Baik untuk Mendukung Pola Makan Sehat
Biasakan Sarapan PagiTips hidup sehat yang paling dianjurkan adalah dengan membiasakan diri sarapan pagi. Para ahli setu..
OT Handoko
04 Agustus 2017