Memasak Dengan Bumbu Instan Sehat? Memang Bisa?

06 Des 2018 @ 18:39:20
Nasi goreng merupakan sajian khas Indonesia yang popularitasnya sudah mendunia. Cara pembuatan yang simpel ditambah rasanya yang lezat membuat nasi goreng menjadi comfort food yang digemari begitu banyak orang. 

Kabar baiknya, memasak nasi goreng sekarang bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Pasalnya, sudah banyak tersedia bumbu nasi goreng instan yang dijual di pasaran. Supaya bumbu instan menghasilkan santapan yang nikmat, pastikan Anda tidak salah memilih bumbu instan yang sehat dan aman dikonsumsi.

Keuntungan Memasak dengan Bumbu Instan

Keuntungan Memasak dengan Bumbu Instan

Saat berbelanja di pasar atau supermarket, kamu tentu bisa menemukan banyak bumbu instan dijual berjajar. Variannya pun beragam karena setiap jenis masakan memiliki bumbu yang berbeda. Maraknya tren penjualan tersebut menunjukkan bahwa bumbu instan menjadi alternatif memasak yang semakin digemari oleh masyarakat. Lalu, apa saja sih keuntungan memasak dengan bumbu instan yang membuat produk ini begitu digemari?

1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Untuk yang sibuk dan punya sedikit waktu, Bumbu instan bisa menjadi penyelamat ketika harus memasak. Saat menyiapkan sarapan di pagi hari misalnya, penggunaan bumbu instan tentu akan sangat menghemat waktu dan tenaga. Kamu tidak perlu repot memotong dan menyiapkan bumbu dapur terlebih dahulu, namun bisa menggunakan waktu untuk melakukan pekerjaan lain yang tidak kalah penting.

2. Siapapun Bisa Memasak

Diantara kamu tentu ada yang merasa tidak mahir dalam memasak. Dengan adanya bumbu instan, kamu jadi mudah dalam memasak. Bahkan, kamu bisa juga menjadi koki terhebat di rumah. Hidangan lezat untuk orang-orang tercinta bisa dengan mudah disajikan.. 

3. Hasil Masakan Lebih Konsisten

Karena dibuat dalam sistem produksi masif, bumbu instan memiliki komposisi tetap di setiap packaging-nya. Takaran yang dibuat juga selalu presisi dan tidak berubah-ubah. Itu sebabnya, masakan yang kamu buat akan memiliki rasa yang lebih konsisten. Tidak perlu khawatir keluarga akan mengeluh karena makanan yang dihidangkan terkadang lezat dan terkadang tidak. 

4. Selalu Tersedia dengan Harga Stabil

Beberapa jenis bumbu dapur dan rempah tidak selalu tersedia di pasar atau supermarket karena bergantung pada musim. Akibatnya, harga bumbu-bumbu tersebut juga cenderung fluktuatif karena disesuaikan dengan stok yang tersedia di pasaran. Hal ini tentu tidak akan terjadi pada bumbu instan yang akan selalu tersedia sehingga harga jual yang ditawarkan pun lebih stabil. 

5. Lebih Tahan Lama

Salah satu problem yang sering dihadapi saat membeli bumbu dapur adalah kondisinya yang tidak tahan lama. Beberapa rempah segar seperti jahe, kunyit, atau daun-daunan cenderung mudah busuk dan hanya bertahan beberapa hari saja. Hal ini tentu berbeda dengan bumbu instan yang bisa disimpan dan digunakan dalam jangka waktu lama. 

6. Hemat Biaya dan Tempat Penyimpanan

Membeli sebungkus bumbu instan membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit dibandingkan bila kamu membeli berbagai macam bumbu dapur dan rempah segar. Untuk membuat satu hidangan, bumbu yang dibutuhkan sudah lengkap dikombinasikan dalam satu packaging. Dengan begitu, kamu juga tidak perlu kebingungan mencari tempat menyimpan terlalu banyak bumbu di rumah. 

7. Pilihan Bumbu Beragam

Bumbu instan memiliki berbagai macam varian yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat berbagai masakan yang berbeda pula. Hal ini membantumu mendapatkan lebih banyak ide dalam membuat hidangan yang variatif. Keluarga pun tidak akan bosan dan mengeluh karena sajian yang dihidangkan di meja makan hanya itu-itu saja. 

Tips Memilih Bumbu Instan yang Sehat

Tips Memilih Bumbu Instan yang Sehat

Dengan begitu banyaknya bumbu instan yang dijual di pasaran, kamu tentu akan kebingungan dalam memilih bumbu yang tepat. Kamu tentu ingin memastikan kualitas bumbu instan yang digunakan sehat dan aman untuk dikonsumsi. Makanya, supaya tidak salah dalam menentukan pilihan, cobalah lakukan beberapa tips berikut ini!

1. Amati Batas Penggunaan Pengawet

Bumbu instan yang dijual di pasaran banyak mengandung pengawet yang bisa membahayakan kesehatan. Makanya, sebelum kamu membeli bumbu instan, cobalah untuk untuk melihat bahan pembuatannya terlebih dahulu. Sebisa mungkin pilih produk yang sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet. Kenapa? Karena pada dasarnya, beberapa rempah merupakan pengawet alami, sehingga produk bumbu instan seharusnya tidak perlu menggunakan banyak bahan pengawet. 

2. Pilih Produk Bebas MSG

Beberapa produk bumbu instan terkadang menambahkan monosodium glutamate (MSG) untuk memperkaya rasa. Padahal, bagi sebagian orang, MSG bisa menimbulkan reaksi alergi. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memilih produk bumbu instan yang sama sekali bebas MSG. Selain menghindari risiko alergi, bumbu instan tanpa MSG tentu juga lebih sehat dan aman digunakan untuk membuat masakan bagi orang-orang tercinta. 

3. Kenali Jenis Kandungan Pewarna

Dalam pembuatan produk makanan, ada beberapa bahan pewarna yang sangat tidak boleh digunakan. Salah satunya yaitu zat rhodamine, yang umum digunakan dalam industri tekstil dan kertas. Sayangnya, beberapa pihak ‘nakal’ terkadang masih menggunakan zat ini dalam produk makanan, termasuk bumbu instan. Untuk menghindarinya, sebaiknya kamu memilih bumbu instan yang bebas pewarna. 

4. Teliti Tanggal Kedaluwarsa

Setiap produk instan atau kemasan tentu memiliki tanggal kedaluwarsa yang sudah tertulis di packaging. Sebelum membeli bumbu instan, pastikan kamu terlebih dahulu memastikan tanggal kedaluwarsanya. Hal ini untuk menghindari risiko mengonsumsi bumbu sudah tidak layak pakai yang justru akan membahayakan dirimu sendiri dan orang-orang tercinta. 

Kini, tidak sulit mencari bumbu dapur instan sehat yang aman dikonsumsi keluarga. Varian yang bisa dipilih pun beraneka ragam, termasuk bumbu nasi goreng. Pastikan kamu memilih bumbu nasi goreng yang tidak mengandung pengawet, pewarna buatan, maupun MSG tambahan. Agar aktivitas memasak semakin praktis dan mudah, berikut salah satu resep nasi goreng sederhana yang enak dan aman untuk dicoba di rumah!

Bahan-bahan:
  • Bawang putih, iris kecil-kecil
  • Minyak goreng
  • Telur
  • Daun bawang
  • Ayam, potong kecil-kecil
  • Nasi putih
  • Kecap
  • Lemonilo Bumbu Komplit Alami Nasi Goreng
Cara Membuat:
  • Tumis irisan bawang putih dalam wajan dengan sedikit minyak hingga harum.
  • Masukkan telur, lalu orak-arik hingga matang.
  • Masukkan potongan ayam, lalu tumis bersama telur orak-arik, irisan bawang putih, dan daun bawang. Tumis hingga daun bawang agak layu.
  • Masukkan nasi dan Lemonilo Bumbu Komplit Alami Nasi Goreng. Tambahkan kecap sesuai selera, lalu aduk hingga rata.
Mudah sekali, bukan? Tambahkan topping sesuai selera untuk menambah kelezatan, misalnya ikan teri, udang, atau sosis. Tidak ada lagi istilah repot dan menyusahkan dalam memasak nasi goreng. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Supaya Senin Nggak Ngebetein, Siapkan Cemilan Alami Ini Di Kantongmu Pada Pagi Hari
Ketika hari senin tiba, biasanya banyak orang yang malas dan menggerutu karena harus kembali ke rutinitas biasanya. Pada..
OT Handoko
03 Desember 2018
Praktis & SImple, Inilah Caranya Agar Kamu Tidak Lagi Lupa Minum Air Putih Cukup!
Tubuh kamu kebanyakan terdiri dari air yang bercampur dengan darah. Makanya, banyak dokter dan para ahli gizi yang menya..
OT Handoko
12 November 2018
Lagi Cekak Nih! Dengan Uang 50 ribu, Dapat Cemilan Apa ya?
Ngemil memang jadi salah satu kegiatan yang mengasyikan, apalagi sedang waktu senggang atau sedang di rumah saja. Tentun..
OT Handoko
09 November 2018