Memiliki Banyak manfaat, Daun Kemangi Sangat Baik Untuk Kesehatan

11 Jun 2020 @ 17:19:42
Daun kemangi merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk campuran masakan. Daun kemangi memiliki aroma yang khas dan rasa yang menggugah selera makan. Namun, selain kegunaannya tersebut, ada pula manfaatnya bagi kesehatan. Simak beberapa manfaat daun kemangi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh berikut ini. 

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit 



Manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh yang pertama ialah mampu menjaga kesehatan kulit. Minyak daun kemangi dipercaya berkhasiat untuk membersihkan kulit dari dalam. Ia menjadi pembersih kulit terbaik dan sangat sesuai bagi mereka pemilik kulit berminyak. Ia pun dapat membantu menyingkirkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. 

Cara membuat ramuannya sangat mudah yaitu, buat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar. Kemudian, oleskan pasta di wajah dan tunggu selama 20 menit. Daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang tinggi sehingga ia dapat membantu mencegah pertumbuhan jerawat. 

2. Membuat Otak Lebih Sehat 



Kemampuan kognitif yang mengalami penurunan sudah menjadi persoalan besar untuk para lansia sekarang ini. Nah, manfaat dari daun kemangi berikutnya ini dapat mengatasi hal tersebut. Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi daun kemangi sangat membantu untuk mencegah degradasi kognitif. 

Kandungan mineral dalam daun kemangi seperti mangan, yang diteliti untuk meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Aktivitas ini berhubungan dengan refleks mental. Ramuan ini pun mengandung tembaga, yang mampu membantu merangsang pikiran dan menambah fungsinya. 

Metabolisme glikosil ceramidase pun berhubungan dengan refleks otak. Glycosyl Ceramides juga disebut sebagai Sphingolipids yang pada intinya merupakan molekul yang berperan sebagai perisai pelindung bagi otak. Perisai ini yang bertugas dalam melindungi otak dari stres radikal bebas dan oksidatif. 

3. Meningkatkan Kesuburan Sperma dan Mencegah Kemandulan 



Daun kemangi sebenarnya mengandung senyawa arginine yang teruji dapat memperkuat masa hidup sperma serta mencegah kemandulan. Daun kemangi pun memiliki zat yang bisa merangsang terciptanya hormon estrogen dan androgen. 

Manfaat kemangi bagi kesehatan reproduksi satu ini sangat penting, terutama bagi pasangan yang ingin mempunyai atau menambah keturunan. Apabila ada yang mempunyai masalah ejakulasi, daun kemangi bisa membantu menciptakan ereksi lebih mudah karena ia mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona. 

4. Membantu Mengatasi Peradangan dan Pembengkakan 



Manfaat daun kemangi yang ada dalam ekstraknya, juga diyakini efektif untuk membantu kurangi peradangan dan pembengkakan di tubuh. Manfaat ini sudah terbukti dari satu penelitian yang menyatakan bahwa mengoleskan ekstrak daun kemangi, dapat membantu mengurangi pembengkakan sampai 73%, pada 24 jam setelah pemakaian. Hal ini disebabkan oleh kandungan beta-caryophyllene pada daun kemangi sebagai agen antiinflamasi. 

5. Membantu Proses Penyembuhan Luka



Daun kemangi mempunyai beberapa sifat seperti, antivirus, antijamur, dan pereda nyeri. Sebab kemampuan itulah, daun kemangi sering digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah timbulnya infeksi pada luka. Namun, sampai sekarang penelitian tentang manfaat daun kemangi untuk penyembuhan luka masih sebatas studi pada hewan. Manfaatnya sebagai obat luka untuk manusia masih diperlukan pengkajian lebih lanjut. 

6. Mampu Menangani Arthritis



Arthritis adalah penyakit menyakitkan yang kerap menjadi penyebab akan cacat fisik. Daun kemangi diketahui mengandung beta-caryophyllene, yang bisa mengobati nyeri yang efektif. Mereka pun menjadi bahan kimia anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan sensasi terbakar pada persendian yang muncul karena arthritis. Suatu penelitian yang diujikan pada tikus membuktikan bahwa, mereka bebas artritis setelah memakai daun kemangi pada makanan mereka. 

Nah, itulah ulasan tentang manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh. Setelah mengetahui beberapa manfaat baik dalam daun kemangi, mulai sekarang jangan ragu lagi ya untuk mengkonsumsi daun ini! 


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020