Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Menakjubkan! Ini 5 Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Menakjubkan 5 Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan
Belakangan ini, seledri yang biasanya hanya digunakan sebagai bumbu aromatik maupun sebagai hiasan pelengkap dalam masakan, dijadikan sebagai superfood. Bahkan, banyak produk yang menjual jus seledri dalam kemasan kekinian sehingga memiliki nilai jual tinggi. Inilah beberapa manfaat jus seledri yang sangat baik untuk kesehatan. 

1. Meringankan Peradangan dan Gejala Alergi



Jika kamu menderita asma, mengkonsumsi jus seledri adalah pilihan yang tepat untuk membantu meredakan gejalanya. Hal ini bisa didapatkan karena seledri mengandung luteolin, suatu zat yang dapat meringankan gejala asma yang terjadi di saluran napas bagian atas maupun tengah.

Ada sebuah penelitian yang telah dilakukan kepada hewan untuk melihat manfaat jus seledri terhadap alergi. Hasilnya, hewan yang minum jus seledri memiliki reaksi alergi yang lebih sedikit dibanding yang tidak mengkonsumsi jus seledri. Meskipun demikian, klaim ini perlu diteliti lebih lanjut untuk diujicobakan pada manusia.

2. Mencegah Kanker


Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016 lalu, menyebutkan bahwa kandungan luteolin yang berada di dalam seledri terbukti mampu mencegah berkembangnya sel-sel kanker tertentu. Selain itu, kandungan ini juga bisa meningkatkan efek kemoterapi dalam membunuh sel kanker.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika seseorang mengonsumsi jus seledri dengan porsi yang secukupnya, tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. selain itu, bagi penderita kanker juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi jus seledri. Pasalnya, kandungan luteolin dalam seledri juga mampu mengurangi efek negatif terhadap obat kemo terhadap tubuh.

3. Menurunkan Kolesterol



Manfaat jus seledri berikutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol, karena kandungan antioksidan di dalamnya yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Seperti yang kita ketahui, LDL ini adalah suatu zat yang bisa mencegah kolesterol tersebut untuk pecah dan masuk ke aliran darah. Kamu harus mengkonsumsi jus seledri selama 30 hari berturut-turut untuk mendapatkan manfaat jus seledri yang satu ini.

4. Mengurangi Nyeri Menstruasi



Rasa nyeri dan kram menjelang maupun ketika menstruasi merupakan suatu keluhan yang sering dialami wanita, bahkan terkadang sampai membuat aktivitasnya terganggu. Pada beberapa wanita, nyeri dan kram saat menstruasi sampai membuat mereka tidak sadarkan diri alias pingsan. Untuk itu, mengonsumsi jus seledri bisa mengurangi rasa kram maupun nyeri berlebihan pada wanita yang tengah menstruasi.

Pasalnya, dalam hal ini manfaat jus seledri bertindak untuk mengurangi nyeri saat menstruasi. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur, termasuk seledri mampu mengurangi nyeri dan kram saat menstruasi.

5. Meningkatkan Kesuburan


Salah satu manfaat jus seledri yang dapat dirasakan oleh pria adalah dapat meningkatkan kesuburan dengan mencegah risiko terjadinya kerusakan pada produksi sel sperma. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi pengantin baru untuk mengkonsumsi jus seledri secara rutin, sesuai dengan anjuran dokter.

Meskipun demikian, tidak boleh seseorang mengonsumsi jus seledri ini secara berlebihan. Pasalnya, kandungan apigenin yang terdapat di dalamnya justru dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Untuk itu, tetaplah imbangi dengan berbagai sayuran maupun buahan bergizi lainnya yang juga bisa meningkatkan kesuburan sperma.

Itulah lima manfaat jus seledri yang sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Melihat berbagai manfaat ini, jangan ragu untuk mulai mengkonsumsi jus seledri ini ya. Kamu bisa menambahkannya dengan kombinasi buah lain seperti apel maupun jeruk! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.