Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Mencintai Diri Sendiri Bukan Berarti Egois, Kamu Harus Baca Pesan Ini!

Adisti F. Soegoto
Adisti F. Soegoto
10 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Mencintai Diri Sendiri Bukan Berarti Egois, Kamu Harus Baca Pesan Ini!
Untuk kamu yang teramat berharga, kapan terakhir kali kamu menyapa dirimu sendiri? 

Sekadar mengucapkan selamat pagi, menanyakan kabar, atau berterima kasih karena sudah bertahan sejauh ini? Kapan terakhir kali kamu memerhatikan kondisimu sendiri? Memahami apa yang sedang kamu rasakan, pikirkan, dan semua hal yang menjadi kekhawatiranmu?
Untuk kamu yang teramat berharga, sadarkah kamu, bahwa kritikus paling kejam adalah diri sendiri? 

Ketika kamu menghadapi kegagalan, apa yang kamu katakan pada dirimu sendiri? Apakah kalimat penyemangat dan penguatan, atau kalimat penuh caci maki yang menyalahkan diri sendiri? Sulitkah kamu memaafkan diri sendiri? Kita masih manusia, yang sempurna dalam ketidaksempurnaan. 

Untuk kamu yang teramat berharga, pernahkah kamu menempatkan dirimu pada urutan yang paling atas?

Kamu fokus untuk membahagiakan dan memprioritaskan orang lain dengan harapan ketika mereka semua bahagia dan terpenuhi semua kebutuhannya, barulah kamu memperhatikan dirimu sendiri. Tanpa kamu sadari, daftar itu tidak pernah sampai ke urutan paling bawah. Dirimu jadi terabaikan.

Untuk kamu yang teramat berharga, pernahkah kamu merasa bersalah ketika mengusahakan waktu untuk dirimu sendiri?

Sebagai ibu, ketika kamu ingin me time dan peduli pada dirimu sendiri, mungkin di kepalamu kerap muncul pikiran-pikiran seperti “egois, kok anaknya nggak diurusin, malah senang-senang?”, “gimana mau me time, urusanku masih banyak.” Alhasil, waktu untuk dirimu sendiri hampir tidak ada. 
banner consideration promotion bg blue
Beban sehari-hari dirasakan semakin menumpuk. Kamu kewalahan, stres, hingga burn out. Ingatlah, memperhatikan diri sendiri bukan egois. Mencintai diri sendiri bukan berarti kita abai terhadap tanggung jawab kita yang lain. Anak membutuhkan orang tua yang bahagia, bukan orang tua yang sempurna. 

Untuk kamu yang teramat berharga, pernahkan kamu merasa aneh dan risih ketika memuji diri sendiri? Merasa dirimu tidak layak mendapat penghargaan.

Pernahkah dirimu menghadapi komentar “narsis banget sih!” saat ingin menghargai usaha yang telah kamu lakukan selama ini? Menghargai dirimu sendiri tidak sama dengan narsis! Bahkan, narcissistic merupakan salah satu gangguan kepribadian yang tidak sepatutnya dipakai untuk bahan bercandaan. 

Untuk kamu yang teramat berharga, apakah selama ini kebahagiaanmu ditentukan oleh orang lain? 

Kamu merasa bahagia jika orang lain mendukungmu dan sedih jika mereka mengkritikmu. Merasa bahagia jika mendapat nilai sempurna dan merasa sebagai orang paling bodoh ketika pencapaian kita tidak seperti yang diharapkan. Sangat wajar jika kamu merasa demikian. Sayangnya, kita tidak dapat mengendalikan apa yang akan orang lain katakan atau lakukan. Kita juga tidak dapat mengendalikan apa yang akan terjadi. Meletakkan kebahagiaan kita pada sesuatu di luar diri menjadi sangat beresiko.

Untuk kamu yang teramat berharga, apapun yang terjadi dalam hidupmu, terima kasih sudah bertahan dan berusaha sejauh ini. Kamu jauh lebih kuat dari apa yang kamu kira. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Apapun yang sudah terjadi dalam hidupmu, kamu berhak hidup dalam damai mulai dari sekarang. 

Adisti F. Soegoto, M.Psi adalah psikolog anak dan seorang BFRP (Bach Foundation Registered Practitioner).
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.