Mendongeng Bukan Sekedar Bercerita, Ini Manfaatnya untuk Anak

Apakah Lemoparents masih membacakan bedtime story sebagai pengantar tidur si kecil? Atau setiap jelang tidur Lemoparents biasa mendongeng bebas tanpa buku, bercerita tentang masa kecil, fabel, atau mendongeng cerita rakyat untuk anak? Ternyata, mendongeng lebih dari sekedar aktivitas pengantar tidur. Mendongeng memiliki banyak sekali manfaat dalam perkembangan si kecil, berikut diantaranya.

banner consideration shipping bg blue

Menanamkan moral pada si kecil

Banyak sekali buku cerita yang berisi nilai-nilai kebaikan. Lemoparents dapat memilih buku cerita sesuai dengan situasi yang dihadapi anak, atau nilai yang ingin diperkenalkan ke anak. Bagi anak usia toddler (anak usia 12-36 bulan) yang suka memukul misalnya, ada buku yang menceritakan bahwa tangan tidak untuk memukul. Kita dapat menggunakan tangan untuk berbagai hal lainnya yang lebih bermanfaat. 


Nilai-nilai moral seperti berbuat baik terhadap sesama, saling menolong, pantang menyerah, kejujuran, dan lain sebagainya juga dapat disampaikan melalui dongeng. Nilai-nilai inilah yang tertanam pada anak dan mereka bawa sampai dewasa.


Meningkatkan kemampuan mendengarkan 

Rentang atensi balita relatif singkat. Perhatian mereka mudah sekali teralih pada hal lain seperti mengobrol dengan teman, mengerjakan hal lain, melihat apa yang ada di sekitarnya, atau pikirannya berkelana entah ke mana. Kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan atau listening skill si kecil. Mendongeng dapat membuat mereka lebih tertarik dengan apa yang orang tua sampaikan, serta lebih fokus ke topik yang dibahas saat itu.


Mengembangkan imajinasi

Saat anak mendengarkan cerita, mereka membayangkan tokoh, alur cerita, setting, dan sebagainya. Sangat berbeda jika mereka melihat tayangan video/film di layar. Imajinasi mereka dapat bebas berkelana tanpa batas mengikuti cerita yang disampaikan. Mereka dapat membayangkan cerita dengan cara apapun sesuai imajinasi mereka. Hal ini membantu anak dalam mengembangkan kreativitas dan juga menemukan ide-ide baru.

banner consideration promotion bg blue

Meningkatkan pemahaman budaya

Mendongeng dapat memperkaya wawasan anak mengenai berbagai tempat, keragaman budaya dan tradisi. Tidak hanya mengenal budaya, mendongeng juga dapat membantu mengembangkan toleransi terhadap keberagaman yang ada.


Meningkatkan kemampuan komunikasi

Membacakan cerita dan mendongeng dapat membantu anak meningkatkan kemampuan mengekspresikan dirinya. Mereka terbiasa untuk mengungkapkan apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka rasakan secara verbal. Saat orang tua bercerita atau mendongeng, orang tua dapat mendorong anak untuk mengungkapkan pendapatnya tentang cerita, ataupun bertanya pada si kecil dan mendiskusikan isi cerita. Kegiatan mendongeng juga dapat menambah kosakata si kecil dengan cara yang menyenangkan.


Membantu pertajam daya ingat

Mendongeng adalah salah satu aktivitas yang dapat melatih daya ingat si kecil. Saat orang tua bercerita, orang tua dapat bertanya pada anak apa yang baru saja diceritakan. Orang tua dapat meminta anak menceritakan kembali isi cerita, atau bertanya beberapa detail cerita seperti nama tokoh atau apa yang terjadi pada tokoh tersebut.


Mendongeng membantu kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan

Mendongeng bisa menjadi media untuk mempersiapkan anak belajar di kemudian hari. Seperti yang sudah dibahas di atas, mendongeng dapat membantu meningkatkan kemampuan anak untuk fokus dan konsentrasi, meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi anak, serta melatih daya ingat anak. Hal-hal yang mereka butuhkan untuk dapat belajar dengan optimal kelak.


Meningkatkan kemampuan sosial

Melalui kegiatan mendongeng, anak belajar bagaimana memperhatikan orang yang sedang berbicara, melatih kesabaran dengan tidak memotong pembicaraan, menunggu giliran berbicara, serta membuka wawasan mereka bahwa setiap orang dapat memiliki pemahaman dan pendapat yang berbeda. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Mendongeng punya banyak sekali manfaat bagi si kecil. Tidak hanya mengembangkan wawasan dan pengetahuan, mendongeng juga bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Sisihkan waktu setiap harinya untuk mendongeng dan bercerita bersama si kecil dan Lemoparents akan kagum bagaimana ia berkembang melalui dongeng yang dibacakan.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami