Mengagumkan, Inilah 7 Fakta Sehat yang Kamu Belum Tahu Tentang Madu!

24 Aug 2018 @ 17:10:21
Madu merupakan jenis bahan masak dan bahan makanan yang sudah lama digunakan selama berabad-abad. Fakta sehat ini bisa dilihat dari beberapa catatan peradaban yang sudah menggunakan madu seperti peradaban Mesir yang menggunakan madu sebagai pelembab kulit atau peradaban Mediterania yang menggunakan madu sebagai suplemen penguat tubuh, utamanya bagi tentara.

Saat ini, madu sudah banyak digunakan luas untuk berbagai kegunaannya, seperti pelembab kulit, pemanis alami pengganti gula, ataupun suplemen alami anti sakit. Penelitian pun sudah banyak dilakukan untuk terus meneliti dan mengembangkan suplemen alami ini. Berikut beberapa fakta sehat yang kamu belum ketahui tentang madu!

1. Madu Bukan Berasal Dari Lebah Madu

Madu Bukan Berasal Dari Lebah Madu

Salah satu salah kaprah yang terdapat di masyarakat adalah madu dihasilkan oleh lebah, seperti halnya susu dihasilkan oleh sapi ataupun kambing. Faktanya, madu merupakan nektar bunga yang dikumpulkan dan dihasilkan lebah-lebah madu yang kemudian dimasukan di sarang lebah. Di sarang inilah, terjadi beragam proses yang nantinya akan menghasilkan madu yang sering kamu nikmati saat ini. 

2. Madu Tidak Mempunyai Kadar Lemak

Madu diketahui tidak mempunyai kadar lemak yang terkadang sering menjadi masalah bagi mereka yang punya masalah soal berat badan. Healthline menyatakan bahwa dalam satu sajian madu tidak memiliki kadar lemak sehingga bisa dijadikan bahan makanan yang bantu untuk diet dan mengontrol berat badan. 

3. Kandungan Utama Dalam 1 Sendok Makan Madu

Kandungan Utama Dalam 1 Sendok Makan Madu

Madu merupakan suplemen kesehatan yang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Healthline menyebutkan bahwa dalam 1 sendok makan (sdm) madu (21 gram), terdapat 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk sukrosa, fruktosa, glukosa, dan maltosa. Untuk itulah, madu bisa menjadi pilihan pemanis yang menurut para ahli lebih sehat daripada gula karena lebih mudah diserap dan dipecah oleh tubuh. 

4. Madu Kaya Akan Antioksidan

Tak hanya Green Tea atau Dark Chocolate yang kaya akan antioksidan, madu juga punya kadar antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan yang terdapat dalam madu termasuk Polyphenols dan Phytochemicals yang digunakan tubuh untuk mencegah terjadinya peradangan sel yang berdampak pada kanker, menstabilkan tekanan darah dan melindungi dari radikal bebas. 

5. Madu Sering Dikombinasikan Untuk Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Madu Sering Dikombinasikan Untuk Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Jika kamu sering membaca bahan pada skincare favoritmu, madu menjadi salah satu bahan utama yang digunakan. Hal ini tidaklah aneh karena madu memiliki kandungan yang mampu menutrisi kulit untuk melembabkan dan menghaluskan kulit. Fakta didukung oleh para arkeolog dan ahli bahwa madu menjadi bahan utama yang digunakan dalam produk perawatan kulit dari para ratu, termasuk Cleopatra. Madu juga sering dikombinasi dengan susu untuk memaksimalkan manfaat terhadap kulit.

6. Zat Antimikroba Dalam Madu Mampu Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika terjadi luka gores pada kulit, kamu tentu cepat mencari obat merah atau obat luka untuk memberhentikan pendarahan dan menyembuhkan luka. Padahal, kamu bisa menggunakan madu untuk mempercepat penyembuhan luka. Di dalam madu, terdapat zat antimikroba yang membersihkan luka dan menstimulasi pertumbuhan lapisan kulit untuk menutup luka. BBC melaporkan bahwa dokter di  berencana untuk menggunakan madu untuk mempercepat pemulihan pasien kanker selepas operasi. 

7. Madu Dapat Menghilangkan Insomnia Bagi Ibu Hamil

Madu Dapat Menghilangkan Insomnia Bagi Ibu Hamil

Madu juga baik untuk digunakan oleh ibu hamil untuk menghilangkan insomnia yang seringkali mendera ibu hamil. Momjunction menyebutkan bahwa mengonsumsi susu yang dicampur madu sebagai pemanis mampu membantu menghilangkan insomnia pada ibu hamil. Walaupun disebutkan mengandung spora yang dapat menginfeksi bayi, para ahli menyanggah dengan mengatakan bahwa madu aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Cobalah untuk memilih pasteurized honey daripada raw honey.


Artikel Terkait

Stunting itu Berbahaya Lho, Bunda! Kenali Gejala, Bahaya, dan Penanganannya Sejak Dini!
Pernah nggak sih Bunda ngelihat anak-anak yang tingginya kurang? Di beberapa daerah, anak-anak seperti ini ser..
Andesma. W
18 Oktober 2018
Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu m..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Lebih Dekat Dengan Abigail Cantika & Kebiasaan Sehatnya
Sebagai tech-based healthy lifestyle brand, tidak ada kata bosan untuk Lemonilo dalam memberikan edukasi dan membentuk h..
OT Handoko
17 Oktober 2018