Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Mengajari Cara Mencuci Tangan pada Anak Sejak Dini

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Ajari cara mencuci tangan pada anak dengan cara kreatif.
Memahami bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar sangat penting untuk anak-anak. Sebab, infeksi kuman atau virus bisa datang dari mana saja dan seringkali menyerang anak-anak yang dapat membahayakan kesehatannya. Seperti yang kita tau, anak-anak berada dalam masa pertumbuhan yang membuatnya lebih aktif dalam bergerak dan bermain. Terlebih bagi anak-anak yang suka bermain di luar ruangan, kebersihan diri harus tetap terjaga.

Mencuci tangan adalah salah satu cara membersihkan diri yang harus dilakukan secara rutin untuk mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri. Berikut tindakan mengajari anak cara mencuci tangan yang baik dan benar sejak dini.

1. Memberi Tahu Anak Bahwa Mencuci Tangan Itu Menyenangkan



Anak-anak cenderung suka melakukan hal-hal yang menurutnya menyenangkan. Jika hanya memberikan instruksi tanpa ajaran yang menyenangkan, anak-anak akan cenderung tidak tertarik untuk melakukannya.

Orang tua bisa mulai dengan memperkenalkan lima konsep dasar mencuci tangan yang baik. Lima konsep dasar ini adalah membasahi, menyabuni, menggosok, membilas, dan yang terakhir mengeringkan. Ajarkan konsep tersebut satu persatu dengan cara yang menyenangkan agar anak-anak menjadi suka mencuci tangan tanpa harus disuruh dan dipaksa.

2. Memberi Contoh Secara Langsung



Anak-anak cenderung belajar dan meniru sesuatu atau tindakan yang dilihatnya. Orang tua bisa memberikan contoh kepada anak terkait dengan mencuci tangan secara rutin. Setiap kali mencuci tangan, ajak anak untuk melakukannya bersama sekaligus memberi contoh bagaimana caranya.

3. Memberitahu Anak Kapan dan Mengapa Harus Mencuci Tangan



Tidak hanya memberi contoh saja, anda juga harus memberi pengertian mengapa mencuci tangan itu wajib untuk dilakukan secara rutin. Anda bisa memberitahu anak untuk mencuci tangan sebelum makan, setelah keluar rumah, sehabis bermain, dan berbagai kegiatan yang dilakukan di luar.

Tidak hanya memberitahu kapan saja harus mencuci tangan, anda perlu memberi pengertian mengapa harus selalu mencuci tangan secara rutin. Jelaskan manfaat yang bisa didapatkan jika mencuci tangan secara rutin. Anda bisa memulai dengan menyebutkan bahwa mencuci tangan dapat membantu membunuh kuman dan bakteri berbahaya yang dapat membawa penyakit.

4. Menjelaskan Teknik Mencuci Tangan yang Tepat



Agar anak semakin tertarik untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, anda bisa menjelaskan teknik mencuci tangan yang tepat, unik dan menarik. Anda bisa membawa anak ke wastafel atau tempat mencuci tangan dulu lalu menunjukkan bagaimana teknik mencuci tangan yang benar.

Beritahu seberapa banyak sabun yang perlu digunakan untuk mencuci tangan agar seluruh kuman atau bakteri yang menempel mati. Umumnya, waktu yang ideal untuk mencuci tangan adalah 20 detik sembari membasahi, menyabuni dan menggosok. Setelah itu, bilas dan keringkan tangan menggunakan lap atau tisu. Agar semakin menyenangkan, anda bisa mengajak anak mencuci tangan sambil bernyanyi lagu yang disukainya.

5. Beritahu Anak Bagaimana Cara Menggosok Tangan Saat Dicuci



Menggosok bagian-bagian tangan saat mencucinya adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Anda bisa mengajarkan anak bagaimana cara menggosok tangan yang benar. Pertama, basahi dan cuci seluruh tangan mulai dari punggung, ujung, hingga sela jari. Gosok perlahan dan beri sabun agar bakteri dan kuman menghilang seluruhnya. Jangan hanya menggosok di bagian telapak tangannya saja.

6. Buat Tempat Cuci Tangan yang Menarik dan Mudah Dijangkau



Sebaiknya, buat tempat cuci tangan yang terlihat menarik dan unik. Kendati ditujukan untuk anak-anak, buat tempat cuci tangan atau wastafel yang mudah untuk dijangkau. Sesuaikan tinggi anak dengan tinggi wastafel agar mudah dijangkau.

Demikianlah cara mencuci tangan yang bisa diajarkan ke anak sejak dini. Mengajarkan kebiasaan baik seperti mencuci tangan sejak dini dapat memberi dampak baik untuk sang anak. Jadi, jangan lupa untuk selalu menanamkan cara mencuci tangan dan kebiasan mencuci tangan sejak dini ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.